Saturday, 22 Jun 2024

10 Produk Eksfoliasi Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

7 minutes reading
Saturday, 1 Jul 2023 10:49 0 272 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Hayo, pasti dari kamu ada yang sering kali melupakan eksfoliasi pada wajah kamu kan? Hal itu tidak boleh dilewatkan lho. Sel-sel kulit mati di wajah kita bisa menumpuk kalau begitu dan dapat menyebabkan masalah kulit di wajah, pakailah produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat.

Wajah yang berminyak terjadi ketika kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) di kulit wajah menghasilkan terlalu banyak minyak alami yang disebut sebum. Kelenjar sebaceous ini terletak di bawah permukaan kulit dan berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit. Produksi sebum yang berlebihan dapat disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau pengaruh lingkungan.

Wajah yang berjerawat terjadi ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit) dan sel kulit mati. Jika jerawat parah atau tidak merespon terhadap perawatan rumah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan tambahan seperti obat topikal atau oral untuk mengobati jerawat yang lebih serius dan terperinci.

Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan wajah kita ya! Agar terhindar dari munculnya jerawat akibat sebum yang terdapat di wajah kita. Sel kulit mati juga salah satu penyebabnya, makanya melakukan eksfoliasi pada kulit wajah itu perlu agar mengatasi hal itu. Nah, berikut adalah rekomendasi produk eksfoliasi untuk wajah yang berminyak dan berjerawat.

Produk Eksfoliasi Yang Bagus Untuk Wajah Yang Berminyak dan Berjerawat

Berikut ada beberapa merek produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, serta kandungan utama dalam setiap produknya yang dapat membantu kamu dalam pemilihan produk yang sesuai kebutuhan kulit. Simaklah dengan baik dan terperinci agar kamu tidak salah memilih produk eksfoliasi guna merawat kulit kamu!

COSRX BHA Blackhead Power Liquid

10 Produk Eksfoliasi Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

COSRX BHA Blackhead Power Liquid adalah solusi eksfoliasi yang bersifat cair, mengandung asam salisilat (betaine salicylate) dengan konsentrasi 4%. Produk ini dirancang khusus untuk mengatasi komedo hitam, mengurangi pori-pori yang tampak besar, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

Kandungan asam salisilat dalam COSRX BHA Blackhead Power Liquid membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati, sehingga membantu menghilangkan komedo hitam (blackhead) yang sering terlihat pada area hidung, dagu, dan sekitar hidung. Dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko terbentuknya jerawat baru.

Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid

10 Produk Eksfoliasi Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid adalah salah satu produk eksfoliasi yang populer dari merek Paula’s Choice. Kandungan utama pada produk ini mengandung 2% asam salisilat (BHA), juga dikenal sebagai asam beta-hidroksi. BHA merupakan bahan aktif yang efektif dalam membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan menghilangkan sel kulit mati.

Mengurangi tanda-tanda Penuaan dan mengontrol produksi minyak berlebih, eksfoliasi secara teratur dengan asam salisilat dapat membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, serta meratakan tekstur kulit dan membantu menjaga kulit tetap segar dan tidak berminyak.

The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

10 Produk Eksfoliasi Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Produk ini pernah terkenal akan manfaatnya yang mengandung asam glikolat (AHA) sebanyak 30% membantu mengelupas lapisan atas kulit dan meningkatkan pergantian sel kulit baru. Asam salisilat (BHA) sebanyak 2% memiliki sifat penetrasinya yang baik untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, kotoran, dan sel kulit mati

Kombinasi kedua asam ini memberikan efek eksfoliasi yang kuat untuk menghilangkan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan meratakan tekstur kulit. Produk ini diaplikasikan pada wajah yang sudah bersih dan kering. Sebelum penggunaan, disarankan untuk melakukan patch test pada area kecil kulit untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.

Neutrogena Oil-Free Acne Wash Pink Grapefruit Facial Cleanser

10 Produk Eksfoliasi Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Neutrogena Oil-Free Acne Wash Pink Grapefruit Facial Cleanser adalah pembersih wajah yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat. Produk ini mengandung ekstrak grapefruit dan Salicylic Acid (asam salisilat) sebagai bahan aktif utama untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi jerawat. Pembersih ini dirancang untuk digunakan sehari-hari dan bebas minyak.

Formula ini diciptakan khusus untuk membantu mengurangi jerawat pada kulit berminyak dan berjerawat. Salicylic Acid memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri yang terkait dengan jerawat. Produk ini juga dirumuskan secara khusus untuk kulit berminyak sehingga tidak akan meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah.

La Roche-Posay Effaclar Medicated Gel Cleanser

Produk ini mengandung 2% asam salisilat (BHA), bahan aktif yang membantu membersihkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih, dan mengatasi jerawat. Pembersih ini memiliki tekstur gel ringan yang tidak menyebabkan iritasi atau kering pada kulit dan secara langsung berguna untuk melakukan eksfoliasi dalam bentuk gel.

Formula ini membantu membersihkan pori-pori secara efektif, menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Asam salisilat dalam produk ini membantu mengontrol produksi sebum, mengurangi kilau berlebih, dan memberikan efek matte pada kulit serta mencegah munculnya jerawat.

Drunk Elephant T.L.C. Sukari Babyfacial

Drunk Elephant T.L.C. Sukari Babyfacial adalah masker peeling wajah yang dirancang untuk memberikan hasil seperti dari keperawatan profesional di rumah. Produk ini menggabungkan berbagai bahan aktif yang bekerja untuk menyamarkan noda bekas jerawat, meningkatkan tekstur kulit, dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Banyak kandungan yang bagus dalam produk inti, diantaranya ada asam laktat, asam salisilat, ekstrak melati dan anggur, serta niacinamide yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, mengurangi peradangan, mengobati jerawat dan meningkatkan kecerahan kulit agar tampak cerah bercahaya serta awet muda.

Mario Badescu Glycolic Acid Toner

Mario Badescu Glycolic Acid Toner adalah toner yang mengandung asam glikolat (glycolic acid) sebagai bahan utamanya. Asam glikolat merupakan jenis asam alfa hidroksi (AHA) yang memiliki sifat eksfoliasi, yaitu mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membantu menyamarkan noda, meratakan tekstur kulit, dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru.

Dengan penggunaan rutin, toner ini dapat membantu mengurangi penampilan noda bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan meratakan warna kulit secara keseluruhan. Merangsang regenerasi sel kulit memproduksi kolagen dan elastin, yang membantu meremajakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.

Murad AHA/BHA Exfoliating Cleanser

Murad AHA/BHA Exfoliating Cleanser adalah pembersih wajah yang diformulasikan untuk membersihkan kulit secara mendalam sambil mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran serta minyak berlebih. Produk ini mengandung asam glikolat (AHA) dan asam salisilat (BHA) yang membantu meluncurkan regenerasi sel kulit baru, meningkatkan tekstur kulit, dan memperbaiki penampilan pori-pori.

Produk ini juga memiliki kandungan ekstrak buah delima yang mengandung antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kecerahan kulit. Ekstrak kulit jeruk mandarin juga terdapat pada salah satu kandungan produk ini yang merupakan sumber vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Caudalie Vinopure Natural Salicylic Acid Pore Minimizing Toner

Caudalie Vino Pure Natural Salicylic Acid Pore Minimizing Toner adalah salah satu produk perawatan kulit yang populer dan diklaim dapat membantu mengurangi minyak berlebih, menyempitkan pori-pori, dan membersihkan kulit berjerawat.

Mengandung polifenol, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan kecerahan kulit, dan mengurangi peradangan serta ekstrak peppermint yang Memiliki efek menenangkan pada kulit.

Peter Thomas Roth Max Complexion Correction Pads

Kandungan utama dalam produk ini dirancang untuk membantu mengatasi kulit berjerawat, berminyak, dan berpori-pori besar. Asam Glikolat (AHA) 10%, asam salisilat (BHA) 2%, ekstrak chamomile, dan ekstrak green tea dapat meningkatkan tekstur kulit, menghilangkan noda bekas jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Kombinasi asam salisilat dan asam glikolat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit berminyak dan memperkecil pori-pori. Perawatan secara teratur dengan Max Complexion Correction Pads dapat membantu memperkecil tampilan pori-pori yang besar.

Penting untuk diingat bahwa hasil dan kandungan dari beberapa produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat yang disebutkan, dapat berbeda tergantung pada formulasi produk yang diperbarui. Selalu periksa kemasan produk untuk informasi terkini tentang kandungan dan manfaatnya, serta konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan produk eksfoliasi baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kulit sensitif atau sedang menggunakan produk perawatan lainnya.

Hindari juga pemakaian yang terlalu sering, dan menggosoknya secara kasar karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Gunakan seminggu 2-3x saja agar mendapatkan hasil yang maksimal dan aman untuk kulit kita menggunakan produk eksfoliasi yang tidak mengandung scrub kasar. Pakailah yang berbentuk cair dan gel agar lebih aman di kulit apalagi jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif sebisa mungkin hindari pemakaian produk eksfoliasi yang teksturnya kasar seperti scrub.