Thursday, 18 Jul 2024

Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil?

4 minutes reading
Saturday, 2 Sep 2023 20:03 0 194 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Sampai umur berapa kucing bisa hamil? Apakah kucing bisa hamil sampai kapan saja tanpa adanya batasan umur atau usia? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait sampai umur berapa kucing bisa hamil.

Seperti yang telah kamu ketahui, bahwasannya kucing merupakan hewan mamalia yang melahirkan anaknya langsung dan menyusui. Setiap kali kucing hamil mereka akan mengandung terlebih dahulu selama kurang lebih 65 hari sampai akhirnya melahirkan.

Kucing biasanya akan melalui banyak proses selama kehamilannya sampai mereka melahirkan. Tapi, apakah kamu tau sampai umur berapa kucing bisa hamil? Sering kali kamu melupakan hal itu, biasanya yang kamu lihat kucing hamil itu sudah pasti kucing dewasa dan cukup usia.

Lalu kalau begitu sampai umur berapa kucing bisa hamil? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi mengenai hal itu secara menyeluruh agar dapat kamu pahami tentang batasan umur kucing untuk hamil. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil?

Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil?

Sebelum itu ternyata kucing memiliki siklus birahinya tersendiri, lho! Tidak seperti yang kamu bayangkan dan menyangka kucing itu tinggal langsung satu set, tapi ada tahap flirtingnya juga atau tarik ulur untuk menarik perhatian satu sama lain. Sampai pada akhirnya mereka kawin.

Berikut ada beberapa fase siklus kucing birahi, diantaranya adalah:

  1. Proestrus merupakan fase yang dimana mereka belum ada ketertarikan satu sama lain. Biasanya dalam fase ini kucing jantan akan mendekati si betina terlebih dahulu dan lebih banyak tingkah, namun kucing betina dalam fase ini akan cuek-cuek saja pada pejantan.
  2. Estrus atau birahi merupakan fase dimana si kucing akan memuncak birahinya dan berlangsung selama 7 hari atau bahkan lebih.
  3. Interestrus merupakan fase yang terjadi dimana si kucing belum berovulasi dan berlangsung selama 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi atau kucing betina belum dikawin-kawinkan. Jika kucing betina belum dikawinkan maka fase ini akan berlangsung selama 2-3 minggu dan kucing jantan akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  4. Diestrus merupakan fase dimana kucing betina dan jantan sudah mulai berovulasi atau dikawinkan serta berlangsung selama 30-40 hari. Selain itu fase ini juga merupakan fase akhir dari siklus birahi kucing.

Menurut VCA Hospitals untuk kucing betina mereka akan membutuhkan 3-4 kali kawin dalam waktu 24 jam agar ovulasi terjadi. Selain itu juga semua tergantung kelangsung birahi si kucing bisa sampai berapa lama, biasanya jika birahinya sudah menurun mereka tidak akan kawin lagi begitupun sebaliknya. Bahkan kalo lagi memuncak biasanya sampai 6 kali kawin dalam sehari.

Sebenarnya kucing betina sendiri bisa mengandung atau hamil sekalipun mereka sudah tua dengan memasuki umur 10-15 tahun lamanya. Bahkan selama hidupnya kucing betina mampu melahirkan anak kucing hingga 180 banyaknya dan biasanya setiap melahirkan ada 10 anak.

Normalnya sih, kucing melahirkan 2-5 anak saja dan kalaupun lebih mungkin akan beda lagi lama masa kehamilannya. Namun, walaupun kucing bisa hamil sampai usia tuanya, tetap saja kebanyakan dari mereka yang sudah tua tidak mampu atau cukup kuat untuk melahirkan lagi.

Biasanya ketika kucing sudah menginjak usia 10 tahun akan mulai berhenti untuk memiliki anak karena faktor kesehatan mereka yang tidak seaktif, sekuat, dan berenergi seperti saat usia mereka masih cukup muda. Makanya ketika sudah cukup tua mereka akan jarang lagi hamil.

Peringatan!

Pastikan untuk tidak mengawinkan kucing yang masih terlalu muda ataupun kucing yang sudah cukup tua. Karena kucing yang masih muda belum cukup siap untuk menghadapi masa-masa hamilnya dan belum memiliki naluri keibuannya, sehingga beresiko tidak dapat merawat anaknya sendiri. Begitupun dengan kucing yang sudah tua, walaupun mereka masih bisa berproduksi sekalipun jangan memaksa untuk mengawinkan mereka.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai sampai umur berapa kucing bisa hamil yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, sebagai majikan yang bijak tentunya harus dapat mengetahui banyak hal tentang kucing. Karena akan sangat penting dalam merawatnya nanti.

Jika usia kucing sudah mencapai usia lansia, pastikan merawatnya dengan lebih baik lagi karena kucing kamu bisa sakit kapan saja serta pastinya lebih banyak butuh asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi agar tetap kuat, sehat berenergi. Good Luck semoga membantu.