Monday, 15 Apr 2024

7 Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

5 minutes reading
Thursday, 14 Dec 2023 10:30 0 64 Muti Karya

Nesiaverse.com- Kamu dapat mengkonsumsi beberapa jenis sayur yang bisa membantu untuk melancarkan buang air besar dan berguna untuk membersihkan usus. 

Tidak hanya dengan mengkonsumsi jenis obat-obatan saja, namun mengkonsumsi makanan seperti sayuran yang bisa melancarkan buang air besar merupakan salah satu hal untuk mengatasi sembelit. 

Adapun jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang tinggi akan serat, seperti sayuran. Yang mana mampu membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan buang air besar.

Hal ini dikarenakan jenis makanan yang kamu konsumsi berperan penting dalam sistem pencernaan juga. Sehingga kamu memang dianjurkan untuk memperhatikan jenis asupan makanan setiap harinya. 

Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

7 Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

Sembelit atau konstipasi terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kurang minum, pola makan yang buruk hingga kondisi tubuh yang kurang aktif atau bergerak. Selain itu salah satu faktor yang berperan cukup besar dalam faktor makanan yang mempengaruhi sembelit. 

Sehingga jika kamu salah mengkonsumsi jenis makanan dan dibiarkan berlarut-larut maka hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang dapat mengganggu kesehatan kamu. 

Maka, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mencegah terjadinya sembelit dengan mengendalikan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat juga, dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar atau BAB. 

Nah, salah satu makanan yang menjadi pelancar buang air besar seperti sayuran, karena kandungan serat yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan lebih baik lagi. 

Brokoli

Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu untuk melancarkan buang air besar. Sayuran satu ini memiliki kandungan 5,1 gram serta dari 1 cup brokoli yang setara dengan 70-90 gram brokoli yang sudah direbus. 

Kandungan serat tersebut termasuk orang yang tinggi karena dapat memenuhi 1/5 kebutuhan serat harian bagi orang dewasa.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan serta brokoli 2 kali lebih tinggi jika diolah dengan metode pemasakan bukan dikonsumsi secara mentah. 

Untuk itu, sajikanlah brokoli rebus, kukus atau panggang untuk mengatasi permasalahan sembelit yang kamu alami. 

Kubis

Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

Sayuran selanjutnya yang dapat kamu konsumsi untuk membantu melancarkan buang air besar adalah kubis. Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi karena kandungan cairan dan serta yang baik di dalamnya. 

Sehingga mengkonsumsi kubis dapat membantu mengatasi sembelit atau buang air besar yang sulit. Dalam 1 porsi kubis atau setara dengan 5-6 sendok makan kubis yang direbus, terdapat kandungan 3,9 gram serat di dalamnya. 

Nah, kamu bisa memilih jenis kubis merah guna menambahkan 0.3 gram serat dalam porsi yang sama juga. Sehingga mengkonsumsi kubis dapat membantu kamu untuk melancarkan buang air besar. 

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan magnesium, mineral yang mampu membantu untuk melancarkan buang air besar. 

Kandungan magnesium seringkali ditemukan dalam obat pencahar, hal ini dikarenakan kandungannya yang dapat membantu melancarkan BAB. 

Dalam 1 cangkir bayam mentah di dalamnya terdiri dari 7 kalori, 0 gram lemak atau 0 gram lemak jenuh. 1 gram karbohidrat, dan 1 gram protein juga 24 mg natrium. 

Kamu bisa mendapatkan kandungan tersebut dengan mengonsumsi bayam saja, kemudian permasalahan buang air besar kamu akan segera hilang, dan lancar kembali.

Wortel

Wortel termasuk jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar. Dilansir dari Healthline, wortel merupakan salah satu jenis sayuran umbi-umbian yang memiliki rasa lezat dan renyah. 

Selain tinggi akan kandungan gizi, wortel juga memiliki akd naungan serta yang tinggi disertai vitamin K, vitamin B6, magnesium, beta karoten hingga antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. 

Sera di dalam wortel ini sangat baik untuk membantu dan menjaga pencernaan agar semakin lancar lagi. Sehingga bagi kamu yang memiliki permasalahan dalam sistem pencernaan kami menganjurkan untuk mengkonsumsi wortel. 

Bahkan kamu bisa melakukan kombinasi antara wortel dengan sayur bayam untuk dikonsumsi dan kemudian kamu bisa mendapatkan nilai manfaat darinya.

Kacang-kacangan, kacang lentil, kacang polong

Selanjutnya, kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan sebagai salah satu kelompok makanan yang paling murah namun kaya akan kandungan serat di dalamnya. Sehingga kamu bisa memasukan kacang-kacangan ke dalam menu makanan pelancar buang air besar. 

Kacang-kacangan memiliki kandungan campuran serat tidak larut dan serat larut di dalamnya. Artinya, dengan mengonsumsi kacang-kacangan mereka dapat membantu untuk meringankan permasalahan buang air besar seperti sembelit. 

Dimana akan menambahkan massa dan berat pada tinja, serta mampu melembutkan untuk memudahkan pengeluarannya. Maka, dengan begitu kamu akan terhindar dari berbagai penyakit lainnya pada sistem pencernaan.

Ubi Jalar

Selanjutnya, kamu dapat mengkonsumsi ubi jalar, yang mana ubi jalar memiliki manfaat untuk membantu melancarkan buang air besar yang terganggu. 

Ubi jalar ini dibuktikan dalam sebuah riset, dimana para penderita leukimia yang mengakali pengobatan kemoterapi dapat membuang air besar lebih lancar setelah mereka mengkonsumsi ubi jalar. 

Hal ini dikarenakan ubi jalar sendiri memiliki banyak kandungan serta di dalamnya. Sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, bahkan bagi yang sebelumnya mengalami permasalahan pencernaan seperti susah BAB atau sembelit. 

Ubi jalar sendiri memiliki kandungan serat sebanyak 4 gram hari 114 gramnya. Nah, dengan kandungan serat tersebut maka kamu dapat memenuhi kebutuhan serat harian dan melancarkan sistem pencernaan atau buang air besar. 

Rhubarb

Terakhir adalah pohon keladi atau dikenal dengan talas juga, rhubarb sendiri memiliki rasa yang cukup asam dan biasanya diolah menjadi sayuaran untuk menemai makan. Sayuran satu ini memang cukup populer konsumsinya. 

Popularitas rhubarb memang tidak lepas dari khasiatnya yang layaknya pencahar alami. Hal ini dikarenakan rhurab memiliki kanduangansennsoside A yang mampu menjaga kadar cairan di dalam tinja, sehingga tinja lebih lunak. 

Dengan kondisi tinja yang lebih lunak tersebut, tentunya akan mempermudah proses buang air besar. Kamu juga akan terhindar dari kondisi sembelit yang dapat memicu berbagai penyakit serius lainnya.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis sayuran yang bisa membantu untuk melancarkan buang air besar. Dengan begitu kamu akan terhindar dari permasalahan pada sistem pencernaan seperti sembelit dan radang usus. 

Dengan membiasakan konsumsi jenis makanan yang sehat, yang memiliki kandungan serat yang tinggi maka kamu akan terhindar dari permasalahan pencernaan seperti sembelit.