Monday, 17 Jun 2024

Sayuran Untuk Menurunkan Birahi Lovebird

5 minutes reading
Tuesday, 26 Sep 2023 01:27 0 199 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin kamu pernah melihat burung lovebird ini memiliki tingkat birahi yang tinggi, pada saat burung lovebird over birahi tentu saja kamu harus tahu cara mengatasi dan salah satunya memberikan sayuran, lalu sayuran apa yang cocok untuk menurunkan birahi lovebird?

Burung lovebird yang menjadi salah satu burung peliharaan oleh kebanyakan orang dan mungkin kamu salah satunya, burung lovebird ini yang memiliki suara yang merdu dan juga warna bulunya yang cantik sehingga tidak heran jika banyak orang menyukai burung yang satu ini dan bahkan dijadikan sebagai burung peliharaan.

Mungkin kamu pernah melihat atau bahkan mempunyai burung lovebird yang dengan tingkat birahi yang tinggi atau over birahi, dimana kondisi ini burung lovebird ini yang memiliki birahi yang tidak stabil dan dengan memiliki birahi yang stabil adalah hal yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kualitas suara burung itu sendiri.

Sedangkan dengan memiliki tingkat birahi yang tinggi dan juga lemah birahi yang akan menjadi hal yang sebaiknya perlu kamu sebagai perawat harus perhatikan, para pecinta burung lovebird ini yang harus memperhatikan kondisi seperti itu selain perawatan harian serta memberi makanan saja.

Dimana dengan memiliki birahi yang naik turun untuk burung lovebird ini merupakan hal yang sangat ilmiah dan juga hal ini yang tentunya terdapat beberapa penyebabnya sehingga membuat burung tersebut seperti ini, untuk faktor penyebabnya baik itu pengaruh dari perawatan, makanan yang dikonsumsi hingga pengaruh lingkungan.

Pada saat burung sedang over birahi tentu saja harus segera kamu atasi dan sebelum ke cara mengatasi burung lovebird dengan memanfaatkan sayuran untuk menurunkan birahi lovebird, ada sebaiknya kamu perlu mengetahui tentang penyebab dan juga ciri-ciri burung lovebird over birahi.

Ciri-Ciri dan Kekurangan Over Birahi

Sayuran Untuk Menurunkan Birahi Lovebird

Burung lovebird yang sedang over birahi yang tentu saja menjadi salah satu hal yang tidak baik untuk burung lovebird tersebut dan juga untuk kesehatan burungnya, karena hal ini yang tidak stabil sehingga terdapat beberapa hal kekurangan pada saat burung lovebird over birahi.

  • Burung lovebird yang sering menggesekkan kelaminnya ke tangkringan
  • Burung lovebird menjadi terlalu agresif.
  • Pada saat disatukan di dalam kandang burung lovebird yang over birahi ini akan cenderung menyerang burung lovebird lainnya.
  • Burung lovebird yang kurang mendukung untuk dijadikan dalam lomba kicau.

Selain itu juga dalam satu sisi yang memang burung lovebird yang memiliki birahi tinggi memiliki manfaat bahwa burung lovebird tersebut yang sudah siap untuk dikawinkan, hal ini dengan catatan bahwa kedua burung lovebird ini berjodoh dan sudah siap untuk kawin.

Akan tetapi sebelum itu sebaiknya burung lovebird yang memiliki birahi yang tinggi sebaiknya untuk distabilkan terlebih dahulu birahinya, hal ini bertujuan agar burung tersebut tidak terlalu agresif dan hal ini yang justru bisa mengundang perkelahian.

Ciri-Ciri Burung Lovebird Kurang Birahi

Sedangkan untuk yang satu ini adalah kebalikannya dari over birahi atau birahi yang tinggi burung lovebird, tentunya hal ini yang tidak baik untuk kesehatan burung lovebird, sehingga dengan begitu sebaiknya kamu mengetahuinya dan ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Burung Lovebird yang terlihat malas dan juga lemas.
  • Tidak mendukung untuk lomba atau kompetisi kicau.
  • Burung lovebird yang lebih cenderung banyak diam.
  • Tidak siap untuk dikawinkan.
  • Burung lovebird jarang berkicau atau bahkan tidak sama sekali.

Jika burung lovebird kamu yang sudah terlihat tanda-tanda seperti diatas maka sebaiknya kamu segera memperhatikan asupan makanan seperti pemberian pakan dari jagung manis, memandikannya, hingga penjemuran agar burung lovebird tetap stabil.

Sayuran Untuk Menurunkan Birahi Lovebird

Burung lovebird yang mengalami over birahi yang akan berdampak buruk pada badan burung tersebut terutama pada bulu sayap maupun bulu yang ada pada bagian lehernya, untuk tanda-tanda paling terlihat yaitu burung memiliki kebiasaan mencabuti bulunya sendiri dan tentunya ini sangat berbahaya dan bahkan rentan terkena penyakit.

Salah satu cara untuk menurunkan birahi lovebird yaitu dengan memberikan sayuran, dimana masih banyak orang yang belum tahu dengan manfaat sayuran yang ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan birahi burung lovebird terutama untuk mereka yang memiliki birahi tingkat tinggi atau over birahi.

Untuk jenis sayuran untuk menurunkan birahi lovebird yaitu adalah daun kemangi yang bisa kamu manfaat dan mencobanya untuk membantu dalam menurunkan birahi burung, dimana akibat dari kelebihan birahi pada burung yang akan membuat burung lovebird yang akan macet bunyi.

Sebenarnya memang dalam menstabilkan burung lovebird yang birahinya tinggi sangat susah sekali tetapi dengan pemberian pakan yang berupa daun kemangi mampu menstabilkan birahinya, maka dari itu berikut cara menurunkan over birahi pada burung lovebird dengan menggunakan sayuran berupa daun kemangi yang bisa dilakukan dengan benar yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan daun kemangi yang masih segar dan juga bersih yang bisa kamu siapkan daun kemangi tersebut di dalam sangkar burung.
  • Daun kemangi ini yang akan dimakan oleh burung dan untuk caranya dengan membuat burung lovebird menjadi kelaparan.
  • Kemudian taruh daun kemangi di sangkarnya, disitulah burung lovebird yang lapar akan memakan daun kemangi tersebut.
  • Untuk cara yang mudah agar burung lovebird ini memakan daun kemangi yaitu dengan menyiapkan daun kemangi.
  • Lalu tumbuk daun kemangi hingga halus, dan airnya diperas dan berikan ke burung lovebird yang sedang over birahi.
  • Memberikan air daun kemangi ini yang dilakukan dengan menempatkan wadah air yang sudah dicampur dengan air kemangi.
  • Kemudian tempatkan di dalam sangkar, terkadang bau yang dihasilkan dari daun kemangi ini yang menyengat sehingga usahakan pemberian air ini diberikan pada saat burung lovebird sedang haus.

Untuk sayuran untuk menurunkan birahi lovebird tidak hanya daun kemangi saja tetapi masih ada makanan alami lainnya yang bisa membantu untuk menurunkan birahi burung lovebird yang sedang over birahi yaitu ada jagung muda, dan dari beberapa jenis sayuran yang bagus untuk menurunkan burung lovebird over birahi yaitu daun kemangi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan jenis sayuran untuk menurunkan birahi lovebird yaitu daun kemangi yang sangat ampuh dan recomended untuk kamu manfaatkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.