Saturday, 22 Jun 2024

10 Tahapan Skincare Untuk Menghaluskan Wajah

11 minutes reading
Thursday, 29 Jun 2023 21:11 0 86 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bingung mencari skincare untuk menghaluskan wajah? Dan apa saja sih skincare yang diperlukan untuk menghaluskan kulit wajah. Tidak hanya ingin mencerahkan wajah biar terlihat glowing, tapi mempunyai struktur kulit yang halus dan lembut juga perlu. percuma kan, kalau memiliki wajah yang glowing tapi pas di sentuh wajah terasa kasar? Nah, di kesempatan kali ini akan memberitahumu, skincare apa saja yang diperlukan untuk menghaluskan wajah.

Skincare merujuk pada rangkaian perawatan dan penggunaan produk-produk untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit. Dalam penggunaan skincare juga ada langkah-langkah rutin yang dirancang untuk membersihkan, melindungi, dan memberikan nutrisi pada kulit. Tujuan utama dari perawatan skincare adalah menjaga kesehatan kulit, memperbaiki masalah kulit, dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan.

Skincare mempunyai berbagai produk, seperti pembersih wajah, toner, serum, pelembab, sunscreen, masker, dan banyak lagi. Setiap produk skincare memiliki fungsinya sendiri dan dapat mengandung berbagai bahan aktif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kulit tertentu. Semua itu memiliki peran pentingnya masing-masing, berikut adalah serangkaian skincare untuk menghaluskan wajah!

Skincare Untuk Menghaluskan Wajah

10 Skincare Untuk Menghaluskan Wajah

Banyak produk skincare yang dapat membantu kita merawat kesehatan kulit wajah bahkan untuk tubuh kita pun ada. Salah satunya adalah untuk menghaluskan kulit wajah yang membuat tekstur kulit terasa halus dan lembut. Berikut ini adalah rangkaian skincare yang harus kamu pakai, guna untuk menghaluskan wajah:

Micellar Rose Water

Langkah dasar ini sangat perlu untuk membersihkan wajah kita dari debu dan kotoran dari luar ruangan maupun di dalam ruangan. Salah satunya yaitu menggunakan Micellar rose water, produk perawatan kulit ini yang dapat menggabungkan manfaat air mawar dengan teknologi micellar. Produk micellar water seperti dari ponds rose water ini biasanya berupa cairan yang digunakan sebagai pembersih wajah yang lembut dan efektif.

Micellar rose water dirancang untuk membersihkan kulit dengan lembut tanpa mengeringkannya. Micellar water menggunakan michelle, yaitu molekul pembersih yang menarik kotoran, minyak, dan sisa makeup dari kulit. Air mawar dalam produk ini memberikan efek menenangkan dan memberikan kelembutan pada kulit.

Kandungan air mawar dalam micellar rose water dapat memberikan efek hidrasi dan menyejukkan pada kulit. Ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan memberikan sensasi segar setelah pembersihan. Antioksidan Air mawar mengandung antioksidan alami yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tetap sehat dan muda.

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit sensitif atau kulit yang rentan terhadap reaksi iritasi. Pakailah produk yang bebas alkohol dan pewarna buatan, banyak micellar rose water di pasaran yang bebas alkohol dan pewarna buatan. Ini membuatnya cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Beberapa micellar rose water juga mengandung bahan-bahan tambahan seperti ekstrak botani lainnya, vitamin, atau bahan-bahan pelembab.

Facial Wash

Setelah menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup dan kotoran, selanjutnya kita juga dapat menggunakan Facial wash atau face wash. Facial wash adalah produk pembersih wajah yang digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup dari kulit. Produk ini sering digunakan sebagai langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit atau bisa juga digunakan sesudah membersihkan wajah memakai micellar water.

Facial wash mengandung surfaktan yang membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit, membersihkannya secara menyeluruh. Menjaga kelembaban wajah yang mengandung bahan-bahan guna untuk membantu menjaga kelembaban kulit, seperti gliserin atau aloe vera, sehingga kulit tidak terasa kering setelah pembersihan. Seperti dari produk face wash garnier, wardah, dan lain sebagainya.

Membersihkan pori-pori dengan facial wash yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat, mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dan komedo. Merawat masalah kulit tertentu beberapa facial wash dirancang khusus untuk merawat masalah kulit tertentu, seperti kulit berminyak, kulit sensitif, atau kulit berjerawat.

Mereka mungkin mengandung bahan-bahan seperti tea tree oil, ekstrak chamomile, atau asam hialuronat untuk membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Antioksidan dan nutrisi tambahan seperti vitamin C atau vitamin E yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, ada juga produk yang mengandung ekstrak tanaman atau bahan alami lainnya yang memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Toner

Setelah melakukan dua hal di atas, tentu untuk mengembalikan pH kulit di wajah kita yaitu dengan menggunakan toner. Toner merupakan salah satu produk perawatan kulit yang digunakan setelah pembersihan wajah untuk menyegarkan dan menyeimbangkan pH kulit. Toner juga dapat memberikan manfaat tambahan seperti menghaluskan kulit wajah, seperti produk toner Scientific 5% aha bha pha toner.

Setelah pembersihan wajah, pH kulit dapat menjadi tidak seimbang. Toner membantu mengembalikan pH kulit yang optimal, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Mengangkat sisa-sisa kotoran atau residu pembersih yang mungkin masih tertinggal setelah pembersihan wajah, sehingga kulit benar-benar bersih.

Beberapa toner mengandung bahan yang membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi tampilan pori-pori yang membesar. Ini dapat memberikan efek visual kulit yang lebih halus dan rata. Toner yang mengandung bahan pelembab seperti asam hialuronat, asam glikolat, asam salisilat, dan gliserin yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit terasa halus, lembut dan terhidrasi dengan baik.

Essence

Essence adalah produk perawatan kulit yang digunakan setelah pembersihan dan toner, sebelum serum dan pelembab. Essence memiliki konsistensi yang ringan dan dikembangkan untuk memberikan hidrasi, nutrisi, dan manfaat tambahan pada kulit. Ada beberapa kandungan umum yang terdapat pada essence seperti Pond’s perfect potion essence untuk menghaluskan wajah dan membuat wajah cerah.

Hidrasi Intensif pada essence terdapat kandungan seperti asam hialuronat atau sodium hyaluronate membantu melembabkan kulit secara mendalam, membuatnya terasa lebih kenyal dan lembut. Memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata atau kasar, bahan-bahan seperti peptida, vitamin C, atau asam glikolat membantu merangsang regenerasi kulit, menghaluskan permukaan kulit, dan mengurangi tampilan garis halus.

Beberapa essence mengandung bahan-bahan seperti niacinamide atau ekstrak bunga yang membantu mencerahkan kulit. Membantu mengurangi noda atau hiperpigmentasi dan memberikan kulit penampilan yang lebih cerah dan bercahaya.

Mencegah anti-penuaan, terdapat bahan-bahan anti-penuaan seperti antioksidan, peptida, atau ekstrak tumbuhan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Mereka membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan menjaga kulit tetap tampak muda.

Menenangkan dan meredakan kulit, beberapa essence mengandung bahan yang memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi, seperti ekstrak chamomile atau aloe vera. Ini membantu mengurangi kemerahan, iritasi, atau peradangan pada kulit, menjadikannya lebih halus dan nyaman. Essence juga membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit berikutnya, seperti serum atau pelembab. Ini berarti manfaat dari produk-produk tersebut dapat terserap lebih efektif oleh kulit.

Serum

Serum adalah produk perawatan kulit dengan konsentrasi tinggi bahan aktif yang dirancang untuk memberikan manfaat khusus pada kulit. Serum sering digunakan setelah pembersihan dan sebelum pelembab digunakan. Menggunakan rangkaian produk serum seperti serum dari Ponds triple grow serum dapat mencerahkan dan menghaluskan wajah kita, lho! Ada kandungan di dalamnya yang dapat membantu proses hal itu.

Salah satunya ada peptida, peptida adalah bahan yang sering ditemukan dalam serum untuk menghaluskan wajah. Mereka merupakan rantai asam amino yang membantu merangsang produksi kolagen dan elastin dalam kulit. Kolagen dan elastin adalah protein yang penting untuk menjaga kekencangan dan kelembutan kulit.

Asam hialuronat adalah bahan yang dapat mengikat air dan memberikan hidrasi yang intens pada kulit. Dengan meningkatkan kelembaban kulit, asam hialuronat membantu menghaluskan wajah dan mengurangi tampilan garis halus.

Terdapat asam glikolat juga yang salah satu jenis asam alpha-hidroksi (AHA) yang digunakan dalam serum. Asam glikolat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan regenerasi kulit, dan menghaluskan permukaan kulit. Ini juga membantu dalam meratakan warna kulit dan mengurangi tampilan noda atau hiperpigmentasi.

Retinol, bentuk aktif dari vitamin A, adalah bahan yang efektif dalam merangsang produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel kulit. Dengan menggunakan serum yang mengandung retinol, kulit dapat terlihat lebih halus, lebih muda, dan garis-garis halus dapat tereduksi.

Vitamin C yang ada pada serum membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Serum dengan vitamin C membantu mencerahkan kulit, mengurangi noda, dan meningkatkan tekstur kulit.

Banyak juga yang serum mengandung ekstrak botani seperti ekstrak teh hijau, ekstrak chamomile, atau ekstrak bunga lainnya. Ekstrak botani ini dapat memberikan manfaat antioksidan, menenangkan, dan meredakan kulit, serta membantu menghaluskan wajah.

Beberapa serum juga mengandung bahan pelembab seperti gliserin atau ceramide untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, ada juga bahan-bahan penyegar seperti mentol atau ekstrak mint yang memberikan sensasi segar pada kulit.

Moisturizer

Moisturizer atau pelembab adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk menjaga kelembaban kulit dan memberikan hidrasi tambahan. Dengan rutinitas penggunaan yang konsisten, moisturizer dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, halus, dan terhidrasi. Adapun beberapa kandungan yang umum ditemukan dalam moisturizer yang dapat membantu menghaluskan wajah.

Humektan adalah bahan seperti gliserin, asam hialuronat, sorbitol, dan propilen glikol yang bertindak sebagai humektan. Mereka bekerja dengan menarik kelembaban dari udara ke permukaan kulit Anda, sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi.

Lalu ada emolien seperti minyak mineral, minyak biji anggur, minyak zaitun, atau minyak almond membantu menghaluskan dan melembutkan kulit dengan membentuk lapisan pelindung di atasnya. Emolien membantu menjaga kelembaban kulit dengan mencegah kehilangan air.

Kandungan bagus lainnya ada Ceramide, ceramide adalah lipid alami yang ditemukan dalam lapisan luar kulit. Mereka membantu memperkuat dan mempertahankan penghalang kulit, menjaga kelembaban tetap terkunci di dalamnya. Penggunaan moisturizer dengan ceramide dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit yang kering serta mengurangi kekasaran, seperti produk scientific yang ada mengandung 5x ceramide.

Day Cream Dan Night Cream

Day cream adalah krim perawatan kulit yang dirancang khusus untuk digunakan pada siang hari. Fungsinya adalah untuk memberikan kelembaban, perlindungan, dan nutrisi pada kulit sepanjang hari. Beberapa kandungan yang umum ditemukan dalam day cream yang dapat membantu membuat wajah halus, seperti SPF (Sun Protection Factor) banyak day cream mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak, seperti sinar UVA dan UVB. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan hiperpigmentasi.

Night cream adalah krim perawatan kulit yang dirancang khusus untuk digunakan pada malam hari. Saat tidur, kulit cenderung lebih menerima nutrisi dan regenerasi. Beberapa kandungan yang umum ditemukan dalam night cream yang dapat membantu membuat wajah halus salah satunya adalah retinol.

Terdapat Hyaluronic acid juga yang merupakan bahan yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Ini mampu menarik dan mengunci kelembaban dalam kulit, memberikan hidrasi intensif dan meningkatkan kehalusan kulit. Contoh beberapa produk cream, seperti dari produk day and night cream Ms Glow.

Eksfoliating Gel

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit untuk menghasilkan kulit yang lebih halus, cerah, dan bercahaya. Terdapat beberapa jenis eksfoliasi yang dapat digunakan untuk menghaluskan wajah, termasuk eksfoliasi menggunakan produk yang berupa gel seperti dari produk Cleora Beauty 3 minutes eksfoliating gel.

Produk eksfoliating gel adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan eksfoliasi dan umumnya memiliki konsistensi gel yang ringan. Mereka dirancang untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit dengan lembut. Terdapat beberapa kandungan dalam produk eksfoliasi untuk menghaluskan wajah.

AHA (Alpha Hydroxy Acids) seperti asam glikolat, asam laktat, atau asam sitrat sering digunakan dalam produk eksfoliating gel. AHA bekerja dengan menghancurkan ikatan antara sel-sel kulit mati, mengelupas lapisan atas kulit, dan mendorong regenerasi sel kulit baru. Ini membantu menghaluskan permukaan kulit dan memperbaiki tampilan kulit yang kusam.

Enzim Buah, buah-buahan seperti pepaya (papain) atau nanas (bromelin) dapat ditemukan dalam produk eksfoliating gel. Enzim ini membantu melarutkan sel-sel kulit mati secara lembut dan efektif, tanpa perlu scrubbing fisik. Mereka memiliki efek eksfoliasi yang lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif.

BHA (Beta Hydroxy Acid) beberapa produk eksfoliating gel juga mengandung asam salisilat, yang merupakan jenis BHA. Asam salisilat dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi kemerahan, dan mengobati jerawat. BHA larut dalam minyak sehingga dapat menembus pori-pori untuk membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang terperangkap.

Face Mask

Face mask atau masker wajah adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk memberikan manfaat tambahan pada kulit, termasuk menghaluskan wajah. Masker wajah dapat digunakan secara teratur sebagai perawatan tambahan dalam rutinitas perawatan kulit. Produk masker wajah yang bagus untuk menghaluskan wajah, salah satunya ada masker dari Scientific Deep Pores Cleansing Clay Mask.

Beberapa masker wajah juga ada yang mengandung minyak alami seperti minyak jojoba, minyak argan, atau minyak kelapa. Minyak alami ini memberikan hidrasi dan nutrisi tambahan, serta membantu menghaluskan dan menenangkan kulit. Serta Vitamin C yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Masker wajah dengan vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi tampilan noda, dan meningkatkan tekstur kulit.

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari sinar matahari, termasuk sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Meskipun sunscreen tidak secara langsung menghaluskan wajah, penggunaan sunscreen yang rutin dan tepat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, mencegah kerusakan kulit, dan mempertahankan tekstur kulit yang halus.

Selalu menggunakan sunscreen agar tidak terkena dampak negatif dari paparan sinar matahari jahat, mau di ruangan ataupun di luar ruangan. Ada beberapa rekomendasi sunscreen yang bagus untuk menghaluskan serta melindungi kulit wah kamu, seperti produk sunscreen dari Skin Aqua Tone Up essence SPF50+PA+++.

Penting untuk diingat bahwa setiap skincare untuk menghaluskan wajah  dapat memiliki formulasi yang berbeda. Selalu periksa label produk dan baca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya untuk memahami lebih lanjut tentang kandungannya. Jika kamu memiliki masalah dalam produk, segera hentikan pemakaiannya dan apabila terdapat masalah lainnya segera periksa ke dokter kecantikan.