Monday, 17 Jun 2024

Kenalan Dengan Sphynx, Kucing Tanpa Bulu Yang Unik dan Menggemaskan

6 minutes reading
Friday, 15 Sep 2023 17:20 0 177 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Mari ketahui untuk kenalan dengan sphynx, kucing tanpa bulu yang unik dan menggemaskan. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait kenalan dengan kucing sphynx tanpa bulu yang unik dan menggemaskan.

Kucing sphynx memang kerap sekali menjadi sorotan para cat lovers karena keunikannya itu membuat banyak orang tertarik untuk ingin kenal dengan sphynx. Tidak sedikit orang yang banyak meneliti kucing sphynx hanya ingin mengetahui asal usul dan semua tentang sphynx.

Bagaimana tidak? Ras kucing satu ini memang cukup berbeda dari ras kucing lainnya yang kebanyakan memiliki bulu lebat. Tapi tidak dengan kucing sphynx yang cenderung terlihat seperti tidak memiliki bulu sama sekali dan hanya tersisa kulit saja seperti telanjang, lho! Hihi..

Lalu apa saja sih fakta-fakta terkait kucing tersebut untuk kenalan dengan sphynx, kucing tanpa bulu yang unik dan menggemaskan. Nah, disini akan mengupas tuntas mengenai beberapa hal tentang kucing sphynx. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenalan Dengan Sphynx, Kucing Tanpa Bulu Yang Unik dan Menggemaskan

Kenalan Dengan Sphynx, Kucing Tanpa Bulu Yang Unik dan Menggemaskan

Kucing merupakan hewan yang sering kali disukai dan digemari oleh banyak orang, bahkan dari mereka tertarik untuk mengadopsi atau memelihara kucing. Karena kucing adalah hewan karnivora yang cukup ramah kepada manusia serta cukup menarik perhatian banyak orang.

Kucing diketahui memiliki banyak jenis atau rasnya kurang lebih ada sebanyak 30 ras dan itu belum termasuk semua ras lainnya dari hasil perkawinan silang yang menghasilkan ras baru. Mungkin diperkirakan kurang lebih ada 142 jenis ras kucing yang ada di seluruh dunia ini.

Salah satu ras kucing yang akan dibahas kali ini adalah kucing sphynx. Kucing yang sempat menarik banyak perhatian orang-orang karena keunikannya terhadap buku mereka yang dianggap botak atau tidak memiliki bulu, membuat orang-orang bertanya-tanya akan hal itu.

Nah, mari berkenalan dengan ras atau jenis kucing satu ini, yaitu kucing sphynx tanpa bulu yang unik dan menggemaskan. Kupas tuntas semua hal tentang kucing sphynx ini lebih dalam lagi untuk berkenalan dengannya. Berikut ada beberapa informasi mengenai kucing sphynx:

Asal Muasal Kucing Sphynx

Kucing sphynx yang selalu menjadi legenda dalam cerita Mesir Kuno dan menjadi lambang dewa-dewi Mesir Kuno yang digambarkan atau dipahat dengan kepala berwujud kucing seperti Mafder, Bastet, and Sekhmet, sehingga menyerupai makhluk mitologi pada zaman Mesir Kuno.

Kucing sphynx ternyata pertama kali ditemukan di Toronto, Canada dan pada waktu itu nama kucing ini disebut dengan Canadian hairless lalu diganti menjadi sphynx yang diambil dari nama patung Sphinx besar yang berada di Giza, Mesir membuat kucing ini ikonik di mesir.

Ada penjelasan mengapa kucing sphynx ini berbeda dengan kucing lainnya yang notabenenya mempunyai bulu lebat, sedangkan sphynx tidak seperti itu. Ternyata hal ini merupakan hasil rekayasa genetik atau adanya mutasi genetik yang membuat sphynx terlihat tidak punya bulu.

Mereka memiliki karakter yang sangat ramah kepada manusia, baik anak kecil ataupun orang dewasa. Walaupun wajah kucing sphynx ini terlihat cukup tegas, tapi ternyata kucing ini sangat penyayang sekali. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengadopsi kucing sphynx ini.

Berbagai Jenis Ras Kucing Tanpa Bulu

Nyatanya kucing sphynx ini hasil dari perkawinan silang dan menghasilkan ras kucing tanpa bulu atau dikenal dengan kucing sphynx. Setelah itu banyak juga para peneliti kucing yang melakukan perkawinan silang lainnya serta menciptakan ras kucing tanpa bulu selain sphynx.

Jadi ras kucing sphynx ini memiliki banyak jenisnya hasil dari perkawinan silang antara dua ras yang berbeda. Nah, berikut ada beberapa jenis atau ras kucing tanpa bulu, diantaranya:

  1. Kucing Bambino hasil perkawinan silang antar sphynx dan munchkin
  2. Kucing Donskoy hasil perkawinan silang antar sphynx, don hairless, dan Russian hairless
  3. Kucing Dwelf hasil perkawinan silang antar sphynx, American curl, dan Munchkin
  4. Kucing Elf hasil perkawinan silang antara sphinx dan American curl
  5. Kucing Lykoi dikenal sebagai kucing manusia serigala
  6. Kucing Minskin hasil perkawinan silang antar sphynx dan munchkin
  7. Kucing Peterbald hasil perkawinan silang antar donskoy dan oriental shorthair
  8. Kucing Ukrainian Levkoy hasil perkawinan silang antar donskoy dan scottish fold

Cara Perawatan Kucing Sphynx

Seperti yang telah kamu ketahui bahwasannya kucing sphynx ini sangat minim bulunya sehingga kulitnya terpapar dengan jelas, membuat kucing satu ini sangat rentan terhadap sinar matahari serta berbagai radikal bebas yang bisa menyerang kulitnya menjadi rusak.

Makanya untuk merawat kucing sphynx ini cukup sulit dan harus hati-hati, mulai dari makanannya, segala perlengkapan groomingnya, dan masih banyak lagi. Nah, buat kamu yang ingin tahu perawatan apa saja untuk kucing sphynx, berikut adalah perawatannya:

  • Memberikan makanan khusus yang diformulasikan untuk ras kucing sphynx
  • Memberikan susu formula untuk anak kucing sphynx khusus teruntuk ras sphynx
  • Menyediakan kandang atau ruangan khusus untuk kucing bermain supaya tidak stress
  • Lakukan vaksinasi untuk kucing sphynx agar terhindar dari berbagai virus penyebab penyakit
  • Memberikan vitamin untuk kesehatan kulitnya karena sangat rentan terkena radikal bebas serta berikan vitamin untuk kesehatan tubuhnya
  • Rutin memandikan kucing sphynx dengan shampo khusus dan usahakan tidak menggosoknya secara kasar karena dapat melukai kulitnya
  • Jangan lupa juga untuk rutin menjemur kucing di pagi hari untuk kesehatan tubuhnya serta menghindari kucing dari berbagai virus flu
  • Sering-sering konsultasi kesehatan kucing sphynx ke dokter hewan karena kucing sphynx sering kali mempunyai masalah kesehatan kulitnya seperti urticaria pigmentosa dan kucing sphynx dewasa sering kali mengalami penyakit hypertrophic cardiomyopathy

Fakta Unik Kucing Sphynx

Selain keunikannya yang tanpa memiliki bulu, sebenarnya kucing sphynx juga terdapat banyak fakta unik lainnya yang jarang kamu ketahui dan tidak kamu sangka-sangka, lho! Apa saja itu? Nah, berikut ada beberapa fakta unik tentang kucing sphynx, diantaranya adalah:

  1. Kucing sphynx bukan berasal dari Mesir
  2. Kucing sphynx sebenarnya memiliki bulu hanya saja tipis dan terlalu sedikit jadi seperti tidak mempunyai bulu
  3. Walaupun terlihat tanpa bulu sebenarnya kucing sphynx memiliki banyak warna
  4. Kucing sphynx tidak suka sendirian atau kesepian dan cenderung tidak mau ditinggal sendirian
  5. Perawatan kulit yang sangat ekstra
  6. Kucing sphynx adalah kucing yang cerdas dan kepo atau memiliki rasa keingintahuan yang besar

Itulah beberapa hal mengenai kucing sphynx untuk kenalan dengan sphynx, kucing tanpa bulu yang unik dan menggemaskan. Mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kamu kebetulan memelihara jenis kucing ini agar bisa mengetahui semua hal tentang kucing sphynx tersebut.

Perlu diperhatikan dalam perawatan mereka, karena bulu kucing sphynx sangat tipis sekali jadi rentan terkena berbagai radikal bebas yang bisa membuat kulitnya rusak atau kotor. Memang dalam perawatannya tidaklah murah dan cukup sulit. Good Luck semoga membantu.