Monday, 17 Jun 2024

6 Tanaman yang Menjanjikan Masa Depan

6 minutes reading
Friday, 4 Aug 2023 16:59 0 110 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana dengan sebuah tanaman yang bisa menjanjikan di masa depan? Artikel ini lah jawabannya dan kamu bisa menyimaknya untuk mengetahui dengan beberapa jenis tanaman yang dapat dimulai ditanam sekarang untuk bisa mendapatkan hasil yang menjanjikan di masa depan.

Untuk kata menjanjikan disini yang memiliki banyak makna karena manfaatnya yang tinggi, pengolahan yang beraneka ragam, atau potensi penjualan di masa depan yang besar, terlebih lagi sekarang ini untuk menanam tanaman yang tidak hanya terpaku pada tanah dan juga lahan luas saja.

Sekarang ini teknologi yang sudah berkembang pesat dengan menawarkan kemudahan dalam berbagai aktivitas salah satunya untuk budidaya tanaman dan bahkan bisa dilakukan untuk kamu yang memiliki lahan yang terbatas atau sempit, dimana akibat pertumbuhan penduduk sehingga banyak lahan yang mengalami geser fungsinya sebagai lahan untuk perumahan dan juga kebutuhan manusia lainnya.

Sehingga dengan begitu bisa mengikis lahan  yang dapat dimanfaatkan untuk perkebunan dan pertanian dan sebagai alternatif yang bisa dilakukan banyak metode menanam tanaman tanpa menggunakan tanah yang luas, hanya cukup dengan membuat rak-rak kecil di rumah atau dengan menggunakan polybag bahkan memahami dengan teknik hidroponik kamu sudah bisa bercocok tanam hingga memanennya dirumah dengan mudah.

Dalam proses pengembangan penanaman dengan menggunakan metode hidroponik yang masih banyak dilakukan, ternyata kegiatan bercocok tanaman di rumah menjadi salah satu kegiatan yang menjanjikan di masa yang akan mendatang karena semakin sempitnya lahan pertanian dan juga perkebunan, tertarik untuk bercocok tanam?

Sebelum ke proses bercocok tanam alangkah lebih baiknya lagi mengetahui dengan beberapa jenis tanaman yang menjanjikan masa depan dan untuk mengetahui hal tersebut bisa simak ulasannya dibawah ini.

Tanaman yang Menjanjikan Masa Depan

6 Tanaman yang Menjanjikan Masa Depan

Melakukan aktivitas bercocok tanam selain dapat menyalurkan hobi namun ternyata tanaman tersebut yang dapat menghasilkan uang jika memang dirawat dengan baik dan benar, apalagi terdapat beberapa jenis tanaman yang tidak memerlukan modal besar untuk bisa melakukan budidaya tanaman tersebut dalam hal ini kamu hanya perlu menekuninya maka akan memberikan banyak manfaat untuk keuntungan diri sendiri dan uang akan terus mengalir di masa depan.

Tanaman yang umumnya sering dijadikan ide dekorasi interior maupun eksterior sebuah rumah, walaupun itu hanya sekedar hobi saja namun terdapat berbagai jenis tanaman dapat dimanfaatkan untuk keuntungan diri sendiri baik itu untuk kesehatan atau bisa juga menjadi bisnis rumahan dan hal ini masih banyak orang yang belum menyadarinya.

Padahal aktivitas yang satu ini memiliki potensi keuntungan yang didapatkan sangat menggiurkan jika kamu tertarik untuk mencoba dan memulai menanam tanaman yang menjanjikan masa depan, berikut di bawah ini beberapa jenis tanaman yang menjanjikan masa depan yang dapat ditanam yaitu sebagai berikut:

Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang menjanjikan masa depan walaupun tanaman tersebut yang tidak memiliki manfaat langsung pada tubuh tetapi tanaman hias ini yang memiliki fungsi untuk memperindah taman, rumah hingga kantor, kebutuhan akan keindahan yang semakin hari akan semakin tinggi sehingga kamu bisa dengan mencoba untuk memulai membudidayakan tanaman hias mulai dari sekarang.

Bahkan selain itu juga terdapat beberapa jenis tanaman hias yang ternyata memiliki harga yang  fantastis yaitu seperti bonsai mencapai jutaan dan bahkan milyaran hanya dengan satu pohon saja, sehingga tanaman hias ini selain membantu memperindah halaman rumah atau taman saja tetapi juga bisa menghasilkan uang dengan harga yang tidak menye-menye juga sangat potensial bukan untuk menjadi bisnis.

Tanaman Bahan Dasar Masak

Ternyata beberapa elemen penting di dapur yang sangat potensial untuk dikembangkan sehingga jenis tanaman bahan dasar masak ini termasuk ke dalam jenis tanaman yang menjanjikan masa depan dan kamu bisa mencoba menanamnya di lahan sempit atau di pekarangan rumah dengan mudah seperti tanaman cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, sawi hingga tauge.

Untuk beberapa jenis sayuran tersebut yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang ada di Indonesia untuk memasak masakan yang enak di rumah, tanaman tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan rumah sendiri karena sayuran lebih segar dan bisa menghemat uang belanja harian, bahkan selain itu juga bisa kamu jadikan ladang berbisnis karena naik turunnya harga kebutuhan dapur yang tidak menentu akan memudahkan kamu dengan menanamnya.

Tanaman Hidroponik

Untuk jenis tanaman yang menjanjikan masa depan lainnya yaitu ada tanaman hidroponik dengan kepopuleran tanaman hidroponik ini di Indonesia dalam beberapa tahun kebelakang yang begitu cukup melesat tinggi, hal ini yang tidak terlepas dari cara memelihara tanaman yang relatif lebih mudah dan juga bisa menghasilkan tanaman yang baik dan bagus.

Bahkan kamu juga yang tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk bisa mencoba menanam tanaman hidroponik, karena memang dalam menanam tanaman hidroponik ini yang bisa dilakukan hanya dalam lahan yang terbatas atau sempit sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa tanaman hidroponik digandrungi oleh banyak orang.

Tanaman Rempah-Rempah

Dimana sejak zaman penjajahan Belanda memang Indonesia yang terkenal dengan rempah-rempahnya yang kaya akan manfaatnya dan bahkan tanpa alasan Belanda menjajah Indonesia ini yang dikarenakan Indonesia memiliki beragam jenis rempah-rempah, karena memang rempah-rempah yang memiliki andil besar karena memiliki berbagai macam manfaat yang berguna untuk pengobatan berbagai penyakit, beberapa bisa menghangatkan badan, hingga bisa memperkaya cita rasa pada masakan khas Indonesia menjadi lebih enak dan lezat.

Dimana Badan Pusat Statistik (BPS) yang sudah mencatat total ekspor rempah-rempah, tanaman obat dan tanaman aromatic mancanegara yang sudah mencapai sekitar 275,3 ribu ton dan nilai ekspor yang tidak main-main yaitu sekitar 618 juta dollar amerika, sehingga dengan begitu kamu bisa mencoba untuk menanam tanaman rempah-rempah dari sekarang dengan memenuhi kebutuhan rumah tangga terlebih dahulu, dengan berjalannya waktu kamu dapat belajar bagaimana untuk mengembangkan tanaman rempah-rempah dalam jumlah besar sehingga menjadi tanaman potensial.

Tanaman Herbal

Untuk jenis tanaman yang menjanjikan masa depan lainnya yaitu ada tanaman herbal yang selain bisa ditanam dengan mudah namun tanaman herbal alami juga sudah teruji bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa menjaga kesehatan yang sekarang ini tanaman herbal tersebut yang banyak diburu oleh masyarakat, dimana tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung dan pengolahan konvensional namun tanaman ini juga yang mengandung nutrisi yang sudah banyak diproduksi dengan menggunakan teknik modern.

Dimana penelitian juga yang terus menerus mengembangkan berbagai tanaman yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit yang tertentu, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mencoba untuk menanam tanaman herbal mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya yang bisa didapatkan dari menanam tanaman herbal tersebut di masa depan nanti.

Tanaman Memiliki Nilai Ekspor Tinggi

Terakhir untuk jenis tanaman yang menjanjikan masa depan yaitu tanaman yang memiliki nilai ekspor yang tinggi seperti dengan budidaya tanaman porang, walaupun untuk bisa membudidaya tanaman yang satu ini harus memiliki tanah yang lumayan besar tetapi tidak menutup kemungkinan tanaman ini yang dapat kamu tanam di rumah saja.

Tanaman porang sendiri merupakan bahan dasar dalam pembuatan tepung, produksi kecantikan sampai produk lem, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mencoba untuk menanam tanaman yang satu ini untuk kebutuhan sehari-hari atau bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis tanaman yang menjanjikan masa depan yang bisa kamu ketahui dan bisa coba untuk menanamnya dirumah atau di perkebunan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba budidaya tanaman yang bermanfaat.