7 Tanda-Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi

4 minutes reading
Wednesday, 8 Nov 2023 15:56 0 22 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Masih banyak yang bertanya-tanya mengenai dengan tanda-tanda burung anis merah mau bunyi, mungkin untuk para pecinta burung anis merah sudah mengetahui hal tersebut tetapi berbeda untuk mereka yang masih pemula dan untuk itu yuk simak.

Burung anis atau anis sulawesi (Cataponera turdoides) merupakan salah satu spesies burung yang termasuk ke dalam famili Turdidae, dimana burung jenis ini endemik di Indonesia dan hanya ditemukan pada hutan dataran tinggi pulau Sulawesi yang berada di atas ketinggian sekitar 1100 meter dari permukaan laut.

Dimana burung jenis anis merah ini yang memiliki banyak penggemarnya dan banyak dicari oleh para pecinta burung kicau hias, karena memang burung anis merah tersebut yang memiliki banyak subspesies dan dibagi ke dalam beberapa jenis-jenis yang lain.

Untuk burung anis merah memiliki nama ilmiah yaitu Geokichla Citrina dengan memiliki karakteristik morfologi memiliki tubuh berukuran sedang, panjang tubuh sekitar kurang lebih 20 hingga 23 cm serta beratnya sekitar 47 hingga 67 gram, umumnya burung anis merah memiliki bulu berwarna oranye cerah mulai dari bagian kepala, dada sampai duburnya.

Burung anis merah jantan mempunyai bulu sayap berwarna hitam pekat mengkilap, orange atau jingga pada bagian kepalanya, sedangkan untuk burung anis merah betina dengan bulu sayapnya yang berwarna biru sedikit kusam.

Selain memiliki warna bulu burung anis merah ini yang terlihat sangat eksotis, namun burung ini juga yang memiliki kualitas suara kicau yang bagus dan berkualitas, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara burung anis merah yang satu ini.

Namun apakah kamu tahu dengan tanda-tanda burung anis merah mau bunyi? Nah agar lebih maksimal dalam memelihara burung anis merah ini maka perlu mengetahui dengan tanda-tanda tersebut dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Tanda-Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi

Tanda-Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi

Sebenarnya terdapat berbagai macam tanda-tanda anis merah mau bunyi yang wajib diketahui oleh setiap pemilik burung yang satu ini, salah satu tandanya yaitu burung anis merah yang akan terlihat memiliki perubahan sikap seperti menjadi lebih banyak gerak atau aktif.

Namun tidak hanya itu saja masih terdapat beberapa tanda-tanda anis merah mau bunyi yang lainnya bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Adanya Perubahan Sikap

Salah satu tanda-tanda anis merah mau bunyi yaitu adanya perubahan sikap terlihat lebih jelas, dimana biasanya mereka yang akan terlihat lebih aktif dan banyak gerak seperti melompat-lompat karena terlalu bersemangat dan hal ini yang menunjukan bahwa burung anis merah sudah siap untuk berkicau.

Menampilkan Postur yang Bagus

Pada saat burung anis merah yang sudah siap untuk berbunyi atau berkicau dimana mereka yang akan menampilkan postur tubuh yang tegap dan juga bagus, hal ini yang menjadi salah satu tanda-tanda anis merah mau bunyi atau sudah mempersiapkan diri untuk berkicau.

Biasanya Selalu Mengeluarkan Bunyi atau Suara

Jika burung anis merah yang punya kamu sering atau selalu mengeluarkan bunyinya padahal belum memasuki waktunya berkicau, maka hal ini yang menandakan bahwa burung anis merah sedang berada dalam suasana hati yang baik serta sudah siap untuk berkicau.

Dengan Meninggikan Suara

Dimana burung anis merah yang sudah siap untuk mengeluarkan suara atau bunyi juga biasanya akan lebih senang meninggikan suaranya secara bertahap, yaitu mulai dari suara paling rendah hingga menjadi lebih keras namun suaranya yang tetap terdengar merdu.

Dengan Merayap di Batang Kayu

Selanjutnya untuk tanda-tanda anis merah mau bunyi yaitu burung anis merah yang merayap di batang kayu dengan gerakan yang lincah dan gesit, dalam artian burung air merah tersebut yang sudah siap untuk berkicau dan hal ini bisa menjadi tanda bahwa mereka yang sedang merasa bahagia.

Menjadi Agresif

Untuk burung anis merah yang sudah siap berbunyi biasanya akan memiliki sikap yang lebih agresif dan juga berani terhadap burung yang lainnya, bahkan burung anis merah juga yang tidak akan sungkan untuk mengejar burung lainnya yang ada di sangkarnya atau di kandangnya.

Dengan Membuka Paruh Lebar

Jika burung anis merah yang membuka paruhnya dengan lebar-lebar bisa jadi menjadi salah satu tanda-tanda anis merah mau bunyi lainnya, karena hal ini yang bisa menjadi tanda bahwa burung anis merah sedang mempersiapkan diri untuk bisa berkicau dan juga mengeluarkan suara kicauan yang merdu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa tanda-tanda anis merah mau bunyi yang bisa kamu ketahui sebagai pemilik burung, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.