Monday, 17 Jun 2024

Waktu Jam Tidur Siang Yang Baik

6 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:34 0 101 Muti Karya

Nesiaverse.com – Tidur siang merupakan salah satu aktivitas pemulihan tubuh, kamu harus mengetahui waktu jam tidur siang yang baik dan tepat. Sehingga proses pemulihan energi dalam tubuh kamu akan bekerja dengan baik dan secara maksimal. Setiap orang membutuhkan waktu tidur siang, baik anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang tepat ini untuk memulihkan kembali energi yang telah digunakan. 

Selain untuk memulihkan energi dalam tubuh, tidur siang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan suasana hati sehingga mengurangi stres yang sedang dialami. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat secara optimal, maka harus mengetahui waktu jam tidur yang baik dan tepat untuk kamu lakukan. 

Waktu Jam Tidur Siang Yang Baik 

Waktu Jam Tidur Siang Yang Baik

Dalam data kesehatan yang dipublikasikan oleh Sleep Foundation, dekatkan jika tidur siang bermanfaat untuk mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan konsentrasi sehingga meningkatkan kinerja tubuh. Mengenai waktu jam tidur siang yang baik adalah jam tidur siang antara pukul 14:00 hingga jam 15:00. 

Hal ini merupakan salah satu alasan yang tepat, khususnya karena kamu sudah makan siang nantinya kadar gula dan energi secara alami akan mulai mengalami penurunan. Sehingga bisa dikatakan semua orang memiliki jam tidur terbaiknya sendiri. Kemudian salah satu cara terbaik yang dapat kamu pilih adalah waktu tidur siang yang optimal, dan berdasarkan pada jam bagun pagi kamu.

Adapun manfaat dari tidur siang yang bisa kamu dapatkan, diantaranya sebagai berikut. 

  • Digunakan sebagai sarana relaksasi dari kegiatan harian. 
  • Mampu mengurangi kelelahan
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Meningkatkan konsentrasi, fokus, respon hingga daya ingat
  • Memperbaiki suasana hati atau mood.

Maksudnya, jika kamu bangun jam 7 pagi, maka ada waktu tidur siang yang baik dan ideal untuk kamu adalah jam 14:00 siang. Jika kamu terbiasa bangun pada jam 6 pagi, maka waktu ideal dan yang baik untuk tidur siang adalah sekitar jam 13:30 siang. Sementara bagi kamu yang terbiasa bangun jam 7:30 maka jam tidur siang yang direkomendasikan adalah jam 14:30. 

Setelah mengetahui jam tidur siang yang baik , kamu juga harus melakukannya secara rutin untuk hasil yang sempurna. Tidur siang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, karena dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stress secara sekaligus. Selain melakukan aktivitas tidur siang , kamu harus memperhatikan durasinya. Dimana tidur siang hanya direkomendasikan selama 20 hingga 30 menit saja. 

Seorang psikiatri dari University of California, San Fransisco yaitu Yue Leng dan Kristine Yaffe menerbitkan sebuah makalah di BMJ’s Heart yang aman membahas mengenai fakta mengenai jam atau waktu tidur siang. 

Dalams tudo tersebut, terdapat para peneliti dari University Hospital of Lausanne di Swiss yang menggunakan dari 3.462 orang tanpa adanya riwayat penyakit kardiovaskular, yang berbasis populasi di Swiss. Mereka melakukan serangkaian pemeriksaan, dan berapa lama peserta tidur siang setiap minggunya dan bagaimana kondisi jantungnya.

Kemudian selama 5 tahun kedepan, para peneliti mencatat 155 kejadian medis yang berkaitan dengan jantung yang fatal dan tidak fatal diantara para peserta tersebut. Dalam penelitiannya, menunjukan jika risiko jauh lebih rendah terkait dengan penyakit jantung ini ditemukan pada orang-orang yang melakukan aktivitas tidur pada siang hari sebanyak sekali hingga dua kali dalam seminggu.

Selain itu tidak ada hubungan juga mengetahui durasi atau waktu berapa lama seseorang tidur siang. Sementara bagi mereka yang tidak melakukan aktivitas tidur siang sama sekali mereka memiliki keterkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular. 

Dalam melakukan aktivitas tidur siang yang baik, tidak hanya waktu dan jam tidur yang harus diperhatikan. Namun terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal ini guna membuat fungsi dari aktivitas tidur siang bekerja secara optimal. 

Memahami Tujuan Tidur Siang

Terdapat beberapa alasan seseorang tidur siang, yaitu mengantuk dan merasa lelah. Namun juga tidur siang ini digunakan bagi mereka yang tengah menerapkan metode tidur bifasik. Bifasik merupakan salah satu metode tidur yang dibagi menjadi dua waktu, yaitu tidur pada malam hari dan tidur pada siang hari. 

Sehingga dengan mengetahui tujuan tidur siang yang kamu lakukan akan membuat aktivitas tidur siang lebih berarti lagi, dan segan untuk ditinggalkan. Khususnya, bagi kamu yang menerapkan metode bifasik dalam jam atau waktu tidur setiap harinya. Karena harus memenuhi kebutuhan tidur yang sudah dibagi porsinya menjadi tidur jam malam dan tidur jam siang. 

Tidak Tidur Terlalu Lama

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah tidak tidur terlalu lama ketika melakukan aktivitas tidur di siang hari. Dikutip dari Sleep Foundation dikatakan, salah satu faktor yang berkontribusi besar sebagai dampak buruk tidur siang adalah durasi waktu tidurnya. Para peneliti baru saja menemukan, bahwa tidur pada tengah hari selama 15 menit merupakan durasi yang terlalu pendek untuk dapat menghasilkan manfaat.

Namun, tidur siang melebihi 30 menit atau lebih dari batasan tersebut akan berdampak pada tubuh untuk membuat kepala kamu terasa pusing atau pusing ketika bangun. Kondisi tersebut merupakan Sleep Inertia. Sehingga pertimbangan mengenai durasi waktu tidur juga menjadi suatu hal yang harus dilakukan secara tepat. Karena jika berlebihan justru dapat menimbulkan gejala sleep inertia.

Maka, lakukan aktivitas tidur siang selama 10 hingga 20 menit saja, sebagai salah satu durasi waktu tidur yang ideal atau disebut juga sebagai power naps. Karena fungsinya adalah memulihkan kembali energi tanpa menyebabkan rasa kantuk setelah aktivitasnya berakhir.

Tidur Siang Di Waktu Yang Tepat

Waktu ideal untuk tidur siang, jamnya sudah kami jelaskan diatas yaitu sekitar jam 2 siang hingga jam 3 siang. Selain itu untuk mengupdate waktu yang paling tepat untuk tidur siang dapat kamu lihat dari waktu kamu bangun tidur di pagi hari juga. Namun, kamu harus memastikan juga untuk tidak tidur setelah kamu makan siang, berilah jeda dari jam makan siang ke aktivitas tidur siangs elama 2 hingga 3 jam. 

Bagi kamu yang mengalami kesulitan saat tidur siang, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Sehingga kebiasan tidur siang ini dapat kamu lakukan dengan baik. Cara ini dilansir dari Sleep Foundation dan bisa kamu terapkan kemudian. 

  • Waktu tidur siang yang baik ini adalah sekitar jam makan siang, yaitu antara jam 1 hingga jam 2 siang. Kamu harus menghindari tidur jam 4 sore, karena hal ini justru memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan. 
  • Mencari tempat yang nyaman untuk tidur siang, kamu dapat memilih tempat yang tidak silau, suhu udara yang nyaman dan tidak bising. 
  • Gunakanlah fungsi dari penutup mata satu penyumbat telinga agar aktivis tidur siang kamu tidak terganggu. 
  • Berikan jeda ketika kamu bangun dari tidur siang, kemudian basuh muka dan konsumsi minuman berkafein tanpa gula untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan. 

Demikian pembahasan mengenai waktu dan jam tidur siang yang dapat kamu terapkan dalam kehiduansehari-hari. Dengan memperhatikan porsinya maka akan mudah bagi kamu menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur dan mendukung aktivitas harian secara optimal.