Monday, 17 Jun 2024

Waktu yang Tepat Makan Pisang

4 minutes reading
Thursday, 12 Jan 2023 22:20 0 278 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Pisang yang menjadi salah satu buah kesukaan banyak orang selain enak namun buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun ternyata dalam mengkonsumsi buah Pisang ini yang terdapat waktu yang tepat makan pisang untuk merasakan manfaatnya.

Pisang merupakan tanaman buah yang berupa herba berasal dari Asia Tenggara yang termasuk juga Indonesia, dimana tanaman ini yang kemudian menyebar ke berbagai negara seperti Amerika Selatan dan Tengah serta Afrika (Madagaskar).

Di Jawa Barat buah Pisang ini yang biasanya disebut dengan nama Cau sedangkan untuk di Jawa Timur dan Jawa Tengah bernama Gedang, buah ini yang kaya akan kalium, mineral yang penting dalam memelihara fungsi jantung dan juga sirkulasi darah.

Pisang mempunyai rasa yang manis dan bisa mengenyangkan dengan begitu banyak orang yang yang memilih buah Pisang sebagai mengganjal perut sebelum memasuki waktu makan, selain itu juga buah ini yang memang mudah untuk dikonsumsi dimana saja dan kapan saja.

Dengan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan sehingga membuat buah yang satu ini menjadi buah yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang, lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah Pisang dengan maksimal apakah ada waktu yang tepat makan Pisang? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Waktu yang Tepat Makan Pisang

Waktu yang Tepat Makan Pisang

Buah Pisang yang merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat dalam membantu melancarkan sistem pencernaan, buah ini juga yang merupakan sumber vitamin B6, vitamin C, kalium dan juga magnesium semua kandungan tersebut yang sangat baik untuk tubuh.

Pada saat akan mengkonsumsi buah Pisang yang sebaiknya untuk mengkombinasikan dengan buah yang lainnya hal ini bertujuan mengkonsumsi buah yang lebih bervariasi dan membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi harian kamu.

Sebenarnya mengenai waktu yang tepat makan Pisang yang tidak ada ketentuannya mengenai hal ini, namun walaupun demikian untuk mengkonsumsi buah Pisang ini yang sebaiknya dikonsumsi sebelum waktu makan utama.

Dengan memakan buah Pisang yang akan membantu tubuh menjadi lebih cepat merasa kenyang, dengan begitu akan membuat kamu dapat mengontrol asupan makan pada saat waktu makan dan ini bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan.

Selain dengan mengkonsumsi buah Pisang sebelum makan, ternyata ada waktu makan buah Pisang yang baik yaitu pada siang hari hal ini yang memiliki tujuan untuk membantu dalam mengembalikan energi tubuh, hal ini dikarenakan kandungan gula alami dan serat yang cukup tinggi di dalam buah Pisang yang akan membuat energi pada tubuh menjadi cepat terisi.

Dimana sebuah penelitian yang telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi dua buah Pisang yang akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas yang berat selama 90 menit.

Mengkonsumsi buah Pisang sebelum jam tidur malam yang akan meningkatkan kualitas tidur dan ini cocok  untuk kamu yang sering mengalami gangguan tidur, hal ini dikarenakan buah Pisang yang mengandung nutrisi didalamnya seperti magnesium, potasium, vitamin B6, triptofan dan juga karbohidrat yang akan meningkatkan kualitas tidur.

Jika makan buah Pisang setengah jam sebelum tidur yang bermanfaat untuk mencegah sembelit, hal ini karena serat dalam buah Pisang yang akan membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan untuk kandungan nutrisi yang akan merasa lebih kenyang sehingga tidak ngemil di malam hari.

Bahkan mengkonsumsi buah Pisang berkorelasi dalam peningkatan melatonin yaitu hormon yang mengendalikan siklus bangun dan tidur, dengan mengkonsumsi ekstrak jus pisang atau dua Pisang yang akan meningkatkan sebesar 0,14 miligram kadar melatonin serum.

Kamu bisa mengkonsumsi buah Pisang ini cukup 1 atau 2 buah per harinya dan pastikan untuk memilih buah Pisang yang sudah matang, namun jika kamu ingin memakan buah Pisang dari 1 atau 2 buah boleh saja asalkan hal ini tidak menyebabkan asupan kalori berlebih.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai waktu yang tepat makan pisang yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.