Wednesday, 17 Jul 2024

1 Hektar Berapa Pohon Durian?

3 minutes reading
Thursday, 17 Aug 2023 18:55 0 1123 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Durian yang memiliki peminat yang banyak dari semua kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencoba untuk menanam atau budidaya pohon Durian dan terdapat juga pertanyaan 1 hektar berapa pohon Durian? Untuk mengetahui hal tersebut bisa simak ulasannya dibawah ini.

Memang dengan bisnis Durian yang merupakan salah satu peluang bisnis yang paling menggiurkan saat ini karena buah Durian yang menjadi salah satu buah yang paling disukai oleh banyak orang di Indonesia, tetapi sayangnya belum banyak yang membudidaya Durian di Indonesia.

Kebanyakan pohon Durian yang ada di Indonesia masih tumbuh liar di pekarangan rumah atau di hutan dan Indonesia ini yang masih harus mengimpor beberapa jenis atau varietas buah Durian yang sudah dibudidayakan secara komersial dari Malaysia.

Tetapi Indonesia yang jadi produsen Durian tertinggi kedua di dunia di bawah Thailand yang sudah memproduksi berkisar 500 hingga 700 ribu ton dalam per tahunnya, tidak hanya itu berdasarkan dengan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada tahun 2002 hingga 2013 yang dimana konsumsi buah Durian di Indonesia yaitu sekitar 1,8 kilogram per kapita per tahunnya.

Sehingga dibutuhkan sekitar 50.000 hektar kebun baru yang ada di Indonesia untuk dapat mencukupi permintaan pasar dengan memiliki rancangan tingkat konsumsi 5 kg per kapita pada kemudiannya, negara yang sudah lebih dulu melakukan budidaya buah Durian di bandingkan Indonesia yaitu ada Thailand dan juga Malaysia.

Sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia yang ingin mencoba budidaya tanaman Durian untuk mendapatkan peluang bisnis yang besar, untuk mengetahui jawaban dari 1 hektar berapa pohon Durian bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

1 Hektar Berapa Pohon Durian?

1 Hektar Berapa Pohon Durian?

Durian merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Durio yaitu salah satu jenis tumbuhan buah tropis berasal dari wilayah Asia Tenggara dengan memiliki nama diambil dari ciri khas kulit buah yang keras dan berlekuk-lekuk tajam menyerupai duri, dimana buah Durian ini yang memiliki sebutan populernya dengan raja dari segala buah (king of fruit).

Buah Durian yaitu buah kontroversial walaupun banyak orang yang menyukai buah ini tetapi ada juga sebagian orang kurang suka dengan aroma buah tersebut, buah Durian yang memiliki banyak jenis atau varietasnya yang bisa dimakan dan bisa ditemukan di pasar buah dan salah satu jenis buah Durian yang memiliki harga jual yang terkenal mahal yaitu Durian Musang King dari Malaysia yang sedang merajai pasar Durian.

Dimana buah Durian Musang King ini yang dapat mencapai sekitar Rp 400.000 per kilogramnya tetapi walaupun harganya yang cukup mahal tetapi banyak orang yang menyukai dan membeli buah Durian tersebut, karena rasa buah Durian Musang King yang enak dan lezat, banyak juga yang mulai menanam buah Durian mulai dari Durian Musang King, Montong dan yang lainnya.

Dalam proses budidaya Durian sendiri yang membutuhkan waktu pemeliharaan yang cukup lama dalam pertumbuhan pohon Durian yang mulai dari bibit diperlukan waktu minimal sekitar 5 tahun untuk dapat menghasilkan buah, sehingga dengan begitu untuk menanam atau budidaya tanaman pohon Durian ini yang dari awal membutuhkan waktu pengembangan sekitar 15 hingga 20 tahun untuk dapat menghasilkan buah yang cukup banyak.

Sehingga dalam perkebunan Durian yang membutuhkan lahan yang luas dan dalam area  1 hektar yang bisa menanam pohon Durian sekitar 100 hingga 150 pohon tergantung dengan jenis buah Durian yang akan ditanam, untuk satu pohon Durian tersebut yang akan menghasilkan buah minimal sekitar 200 kilogram buah pada berumur 10 tahun.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa 1 hektar berapa pohon Durian yang bisa diketahui agar dapat mendapatkan hasil panen buah yang bagus dan berkualitas dan pastikan juga untuk selalu memperhatikan perawatan yang tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.