Monday, 17 Jun 2024

3 Jarak Tanam Durian Musang King

4 minutes reading
Tuesday, 15 Aug 2023 00:27 0 732 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Apakah kamu pecinta buah Durian Musang King? Sekarang ini untuk bisa mendapatkan durian yang satu ini hanya dengan menanamnya sendiri dan untuk kamu yang ingin mencoba budidaya buah Durian Musang perlu mengetahui cara menanam yang tepat dan juga jarak tanam Durian Musang King yang akan mempengaruhi proses pembuahan tanaman tersebut.

Durian adalah salah satu jenis buah sangat populer di Indonesia dengan memiliki cita rasa yang begitu khas dan juga aromanya yang sangat unik, tidak hanya rasanya yang enak saja buah Durian Musang King juga yang memiliki kandungan didalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin, protein dan juga kalori lemak.

Durian Musang King memiliki nama lain yaitu mao shan wang berarti raja kucing berasal dari Malaysia dan durian ini yang sangat dikenal di Malaysia, Thailand, Indonesia bahkan Singapura, Durian Musang King merupakan varietas durian yang bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran dengan memiliki ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan laut (dpl).

Sehingga dengan begitu tanaman Durian Musang King ini bisa tumbuh di Indonesia namun agar bisa berbuah dengan lebat kamu perlu menerapkan cara menanam Durian Musang King dengan tepat, untuk cara penanaman buah Durian ini yang sebenarnya relatif mudah dan bahkan bisa diterapkan oleh pemula sekalipun namun perlu mengetahui juga dengan jarak tanam Durian Musang King.

Artikel kali ini kita akan membahas dengan jarak tanam Durian Musang King yang sesuai agar bisa membuat pohon Durian tersebut cepat berbuah banyak yang berkualitas, untuk mengetahui hal tersebut bisa simak ulasannya dibawah ini.

Jarak Tanam Durian Musang King

Jarak Tanam Durian Musang King

Untuk kamu yang ingin mencoba untuk budidaya tanaman Durian Musang King tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya salah satunya yaitu jarak tanam dan faktor ini yang harus diketahui sejak tahap perancangan, karena jarak tanam yang akan berpengaruh terhadap perhitungan kebutuhan bibit di dalam suatu area serta prediksi hasil produksi buah nantinya.

Terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih mengenai jarak tanam dengan beberapa strategi agar dapat memaksimalkan fungsi lahan, adapun untuk beberapa jarak tanam Durian Musang King yaitu sebagai berikut:

Jarak Tanam Ideal Pohon Durian

Jarak tanam ideal Durian yaitu agar pertumbuhan tanaman Durian Musang King tetap bagus namun fungsi lahan yang akan lebih efektif sehingga tingkat produksi buah yang akan menjadi lebih maksimal, untuk jarak ideal Durian sendiri yaitu sekitar 10 meter x 10 meter dan kemungkinan pada awal penanaman hingga tanaman berusia 4 tahun menggunakan jarak tanaman ini yang akan terlihat masih banyak lahan yang tidak berfungsi dengan baik.

Sehingga solusinya bisa dengan mencoba menanam tanaman selingan atau sistem tumpang sari dan tanaman selingan yang bisa dipilih yaitu jenis tanaman dengan memiliki usia produktif tidak terlalu lama seperti kacang-kacangan atau sejenisnya mungkin memerlukan biaya produksi lebih banyak karena memerlukan biaya perawatan dan pengolahan lahan walaupun hasil yang bisa didapatkan nantinya akan jauh lebih besar.

Untuk kamu yang ingin memilih jenis tanaman buah yang bertujuan untuk mengurangi biaya produksi maka bisa memilih jenis tanaman jeruk, jambu biji, lemon atau sirsak, tetapi untuk pohon pisang yang tidak dianjurkan karena beberapa pengalaman yang menyatakan dengan menanam pohon pisang membuat tanaman durian rusak sehingga pertumbuhan pohon Durian yang terhambat dan bahkan bisa mati.

Jarak Tanam Maksimal Pohon Durian

Jarak tanam Durian Musang King selanjutnya bisa memilih jarak tanam maksimal yaitu sekitar 25 meter x 25 meter dan untuk jarak tanam yang satu ini bertujuan agar dari awal penanaman hingga pohon Durian tuas dan bahkan sampai pohonnya mati karena terlalu tua yang tidak ada proses penebangan atau penjarangan pohon, dengan lahan yang sangat lebar saat ukuran tanaman masih kecil tentu saja akan sangat efektif dengan menggunakan sistem tumpang sari seperti dengan jarak tanam ideal yang telah disebutkan di atas.

Jarak Tanam Dwi Fungsi

Namun untuk kamu yang kurang cocok dengan jarak tanam maksimal pohon Durian diatas maka bisa dengan mencoba menggunakan jarak tanam ideal atau bisa juga strategi jarak tanam dwi fungsi, dimana jarak tanam dwi fungsi merupakan pembuatan perkebunan Durian dengan fungsi dua hal yaitu fungsi utama mampu menjual produksi buah Durian dan fungsi yang kedua untuk mengoptimalkan lahan yaitu menjual pohon atau bibit Durian.

Keunggulan dari menggunakan sistem ini yaitu fungsi lahan yang akan lebih optimal, keuntungan yang berlipat karena bisa mendapatkan hasil dari penjualan tanaman Durian yang sudah besar, tidak perlu menebang pohon Durian yang telah ditanam, perkiraan harga tanaman durian 1 tahun Rp 150.000-250.000, untuk usia 2 tahun 500.000 – 1 juta, untuk usia 3 tahun 1.500.000-3.500.000 tergantung durian.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan jarak tanam Durian Musang King bisa kamu ketahui yaitu sekitar 10 meter x 10 meter, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.