Berapa Lama Durian Musang King Berbuah?

3 minutes reading
Monday, 14 Aug 2023 23:37 0 123 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi mendengar buah Durian Musang King tetapi masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai berapa lama Durian musang king berbuah? Untuk mengetahui hal tersebut bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Durian merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia dengan memiliki cita rasa yang begitu khas dan juga aromanya yang sangat unik, dimana mayoritas masyarakat Indonesia yang menyukai buah Durian dikarenakan memiliki kandungan didalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin, protein dan juga kalori lemak.

Oleh karena itu membuat permintaan konsumsi buah Durian yang setiap tahunnya mengalami peningkatan dan produktivitas buah Durian di Indonesia yang mengalami fluktuasi serta berkecenderungan yang meningkat, tentu saja Durian yang memiliki kualitas buah yang baik bisa dilihat dari bentuk fisik, rasa daging yang manis serta aroma buah.

Umur panen buah Durian sendiri yang memiliki tingkat kemasakan serta panen yang berbeda-beda pada beberapa jenis buah Durian, dimana pada waktu bunga mekar (blooming) hingga dengan umur panen pada beberapa jenis Durian yang mempunyai umur yang berbeda, sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan berapa lama Durian Musang King berbuah maka untuk mengetahuinya bisa simak penjelasannya disini.

Berapa Lama Durian Musang King Berbuah?

Berapa Lama Durian Musang King Berbuah?

Durian Musang King merupakan salah satu jenis durian sangat populer di Asia Tenggara dan bahkan dianggap sebagai salah satu jenis buah Durian yang terbaik di dunia karena memiliki daging buah yang sangat tebal, rasanya manis dan juga aromanya yang begitu khas, dimana Durian Musang King ini yang biasanya tumbuh di Malaysia terutama pada daerah Pahang dan bisa juga ditemukan pada beberapa daerah di Indonesia, Singapura dan juga Thailand.

Dimana buah Durian Musang King ini yang kerap dijadikan sebagai bahan baku untuk produksi makanan dan juga minuman seperti kue, es krim dan juga jus tetapi perlu kamu ketahui bahwa Durian Musang  King ini yang memiliki aroma sangat kuat dan tidak semua orang menyukai Durian jenis ini.

Masa Panen Durian Musang King

Dimana untuk masa panen buah Durian Musang King yang bisa bervariasi tergantung dengan kondisi pertumbuhan dan juga lingkungan tempat tanaman Durian tersebut ditanam, pada umumnya tanaman Durian Musang King ini yang mulai berbuah pada usia sekitar 4 hingga 5 tahun setelah ditanam dan biasanya buah Durian Musang King yang biasanya akan mulai matang pada bulan Juli hingga Oktober.

Tanda-tanda buah Durian Musang King sudah siap panen yaitu memiliki kulit buah berwarna hijau kecoklatan dan juga mulai mengeluarkan aroma khas Durian yang sangat kuat, adapun untuk cara mengetahui  kematangan Durian yang bisa dilihat dari bau, warna dan juga keadaan kulit buahnya sehingga pada saat buah Durian sudah mulai matang terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

  • kulitnya Durian Musang King terasa sedikit lunak pada saat ditekan.
  • Terdapat retakan pada bagian kulit.
  • Aroma Durian Musang King yang semakin kuat.

Dalam hal ini kamu juga perlu untuk memeriksa dan juga memantau keadaan buah Durian Musang King tersebut secara rutin untuk bisa menentukan waktu panen yang tepat.

Setelah Durian Musang King di panen maka biasanya buah ini yang bisa bertahan sampai 3 hingga 5 hari di suhu ruangan, dan lebih lama jika Durian Musang King disimpan di lemari es atau kulkas, tetapi sebaiknya buah Durian segera di konsumsi setelah di panen untuk mendapatkan tekstur dan juga rasa yang optimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan berapa lama Durian Musang King berbuah yang bisa kamu ketahui dan pastikan untuk selalu memeriksa dan juga memantau keadaan buah Durian tersebut, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x