Wednesday, 17 Jul 2024

5 Manfaat Kunyit Untuk Kucing

6 minutes reading
Monday, 14 Aug 2023 23:40 0 956 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja manfaat kunyit untuk kucing? Bumbu dapur yang satu ini cukup bermanfaat bagus untuk si kucing. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait apa saja manfaat kunyit untuk diberikan pada si kucing.

Biasanya kunyit ini sering kali dijadikan bahan bumbu masak yang biasa kamu pakai untuk membuat nasi kuning, gulai ikan, ayam bumbu pesmol dan masakan lainnya yang memakai bumbu utama kunyit. Tapi siapa sangka? Ternyata kunyit ini bermanfaat juga untuk si kucing.

Memang kunyit ini juga sangat bagus sebagai obat tradisional bukan hanya untuk manusia saja, tapi untuk hewan seperti kucing pun sama-sama memiliki manfaatnya bagi kesehatan. Mempunyai segudang manfaat bagi semua makhluk hidup, baik manusia maupun hewan ternak.

Lalu kalau begitu apa saja manfaatnya untuk kucing? Apa kunyit ini bermanfaat untuk si kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang apa saja manfaatnya untuk kucing. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Manfaat Kunyit Untuk Kucing

Manfaat Kunyit Untuk Kucing

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang kunyit, dan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya guna untuk si kucing. Perlu untuk kenali dulu mengenai perkunyitan ini, agar mudah untuk kamu ketahui apa saja manfaatnya untuk kucing.

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan sekaligus merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan masakan agar menciptakan rasa yang lezat serta memberikan warna kuning pada makanan secara alami, dan sebagai obat tradisional untuk kesehatan.

Memiliki kandungan kurkumin atau zat yang berwarna kuning sebanyak 9,61% dan minyak atsiri sebanyak 3,18%. Selain itu memiliki kandungan vitamin C, kalsium, protein, karbohidrat, serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan dan kebutuhan si kucing.

Membantu permasalahan kesehatan tertentu yang dapat diatasi dengan menggunakan kunyit untuk diberikan pada si kucing. Banyak sekali manfaatnya dan berikut ada beberapa manfaat kunyit untuk kucing, diantaranya adalah:

Sebagai Antibakteri

Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit, mampu membunuh berbagai macam bakteri serta virus-virus yang masuk ke tubuh si kucing dengan baik. Bahkan ketika si kucing sedang mengalami muntah-muntah dan diare bisa kamu atasi dengan memberikannya kunyit.

Hal ini terjadi karena kunyit berperan sebagai antibakteri yang dapat mengobati dan membasmi bakteri penyebab diare yang mengganggu sistem pencernaan si kucing. Sebagai obat herbal alami untuk mengurangi rasa mual serta menyembuhkan diare pada kucing.

Caranya cukup mudah untuk kamu berikan pada si kucing yang mengalami diare, yaitu dengan merebus beberapa kunyit. Setelah itu ambil ekstrak air kunyitnya lalu campurkan dengan madu dan berikan pada si kucing sebanyak 1-2 sendok saja, sampai benar-benar berhenti diare.

Mengobati Jamuran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kunyit ini memiliki sifat antibakteri yang berarti bisa membunuh bakteri penyebab penyakit salah satunya adalah bakteri penyebab jamur. Dengan kunyit kamu bisa jadikan obat herbal untuk si kucing yang jamuran supaya sembuh.

Caranya kamu bisa dengan menghaluskan beberapa butir kunyit terlebih dahulu, lalu bisa campurkan sedikit air hingga membentuk seperti pasta atau salep. Kalau sudah begitu langsung oleskan saja pada area kulit si kucing yang terkena jamur secara menyeluruh sampai meresap.

Lakukan dengan rutin setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal sampai jamur di kulitnya benar-benar hilang dengan perlahan-lahan. Kunyit bisa membunuh bakteri dan kuman yang terdapat pada jamur, jadi cara tradisional seperti ini akan cukup efektif menyembuhkannya.

Mempercepat Pemulihan Pada Luka

Selain sebagai antimikroba dan antibakteri, kunyit juga berperan sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka pada si kucing dengan cepat dan cukup efektif. Dengan memakai kunyit sebagai obat herbal untuk luka, akan mempercepat pengeringan pada luka si kucing.

Selain itu untuk luka infeksi pada kucing juga sangat bisa, kunyit akan bekerja membunuh bakteri-bakteri yang dapat memperburuk lukanya atau menginfeksi luka nya semakin parah. Dengan begitu luka pada kucing akan mulai membaik dan mencegah peradangan pada lukanya.

Caranya kamu bisa dengan menghaluskan beberapa butir kunyit terlebih dahulu, lalu bisa campurkan sedikit air hingga membentuk seperti pasta atau salep. Kalau sudah begitu langsung oleskan saja pada area kulit si kucing yang terluka secara menyeluruh sampai meresap ke kulit.

Meningkatkan Nafsu Makan si Kucing

Disaat kucing kamu sedang mengalami penurunan nafsu makan, sehingga membuatnya sulit sekali untuk makan atau mogok makan. Dengan kunyit selain dapat meningkatkan nafsu makan pada manusia, ternyata untuk kucing juga bisa diatasi menggunakan kunyit, lho.

Hal ini terjadi karena kandungan kurkumin dan minyak atsiri dapat meningkatkan nafsu makan kucing dengan mempercepat proses pengosongan isi lambung pada kucing. Selain itu dapat meningkatkan bobot badan kucing, dan menurunkan lemak untuk kucing yang obesitas.

Caranya kamu bisa merebus beberapa kunyit sampai ekstrak kunyitnya keluar, cukup ambil ekstrak air kunyitnya lalu berikan pada kucing. Bisa juga dengan acara menghaluskan kunyit lalu menaburkannya atau mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke makanannya secara rutin.

Mengobati Cacingan

Kucing yang mengalami cacingan akibat terkena cacing yang menginfeksi ususnya, sehingga membuat si kucing tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam ususnya karena sudah dicuri atau dimakan oleh si cacing yang berkembang biak di ususnya.

Jika dibiarkan akan sangat bahaya bagi si kucing. Dengan memberikan kunyit dapat membantu membasmi cacing yang ada di usus si kucing. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan kurkumin bersifat anti radang, antioksidan, antibakteri, antivirus, antijamur serta antiseptik.

Dengan adanya kandungan itu bisa membantu untuk membersihkan dan membunuh cacing-cacing yang terdapat pada usus si kucing secara alami. Selain itu mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh cacing parasit pada usus si kucing dengan baik.

Mengobati kucing yang cacingan sekaligus mengobati infeksi pada usus yang disebabkan oleh cacing cambuk yang seringkali melukai usus si kucing dari dalam. Dengan begitu secara perlahan lukanya akan kian membaik serta pilih kembali dan bebas dari cacingan.

Caranya kamu bisa merebus beberapa kunyit sampai ekstrak kunyitnya keluar, cukup ambil ekstrak air kunyitnya lalu berikan pada kucing. Bisa juga dengan acara menghaluskan kunyit lalu menaburkannya atau mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke makanannya secara rutin.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kucing yang mungkin perlu kamu ketahui dalam mengatasi masalah kesehatan si kucing dengan menggunakan kunyit. Gunakan untuk sebagai pengobatan saja ketika si kucing sakit, jangan memberikannya sebagai makanan utama.

Hindari juga menggunakan kunyit sebagai bumbu untuk makanan kucing, karena kucing tidak boleh diberikan makanan yang mengandung penyedap rasa. Cukup gunakan kunyit dengan rutin saat si kucing mengalami jamuran dan sakit pencernaan. Good Luck semoga membantu.