Monday, 17 Jun 2024

Bahaya Kucing Dijemur Terlalu Lama

4 minutes reading
Sunday, 13 Aug 2023 03:34 0 288 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja bahaya kucing dijemur terlalu lama? Apa dampak negatifnya untuk si kucing, jika terlalu lama dijemur? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait bahayanya jika si kucing dijemur terlalu lama.

Memang dengan menjemur kucing di bawah sinar matahari ini sangat bagus dan banyak manfaatnya, tapi tidak dengan menjemurnya terlalu lama. Hanya akan memperburuk kondisi si kucing, jika kamu tidak mengetahui waktu atau jam-jam yang tepat untuk menjemurnya.

Cahaya matahari bisa menjadi berbahaya dan harus dihindari jika sudah memasuki waktu tertentu, karena akan memancarkan sinar UV dan UVB yang jahat dan dapat merusak jaringan kulit menjadi berflek atau bahkan terbakar, begitupun bahayanya sama halnya dengan kucing.

Lalu kalau begitu apa saja memangnya bahaya untuk si kucing jika dijemur terlalu lama? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi mengenai bahaya menjemur si kucing terlalu lama di bawah sinar matahari. Jadi, simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Bahaya Kucing Dijemur Terlalu Lama

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai pentingnya untuk rutin menjemur kucing kamu setiap pagi sehabis kamu memandikannya. Perlu sekali untuk kamu kenali manfaatnya juga, sebelum melihat ke dampak atau bahayanya.

Cahaya matahari pagi sangat berperan penting untuk kesehatan kucing kamu agar tidak terkena flu sehabis mandi, selain itu bagus juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kucing agar tidak mudah sakit dan terserang berbagai virus berbahaya penyebab flu.

Vitamin D yang baik untuk kesehatan bulu, kulit, dan tulang si kucing yang diperoleh dari sinar matahari pagi setiap kali kamu menjemurnya di jam-jam tertentu sekitar pukul 7-8 pagi selama 3-5 menit atau 10-15 menit setiap harinya sesudah memandikan si kucing di pagi hari.

Banyak sekali manfaat untuk kesehatannya jika kamu melakukannya dengan baik di waktu yang tepat serta menjemurnya juga sesuai dengan durasi yang tepat tidak berlebihan dan tidak terlalu lama. Karena semua juga sudah ada aturannya dan pertimbangan yang baik, buruknya.

Nah, jika kamu menjemurnya terlalu lama apalagi di waktu yang tidak dianjurkan seperti pada siang hari. Dimana cuaca pada siang hari cukup terik panasnya dan sangat berbahaya jika dijemur pada siang hari sekitar pukul 10-2 siang. Tentu saja itu akan membahayakan si kucing.

Akibatnya kucing kamu akan mengalami Hipertermia atau kondisi dimana suhu tubuh si kucing ini meningkat secara berlebihan atau diluar batas normal sebab terpapar suhu panas yang ekstrim, sehingga membuatnya menjadi demam bahkan resiko terburuknya kematian.

Selain itu juga kucing kamu akan terkena Heatstroke yang merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas yang ekstrim dan jika kamu menjemurnya pada waktu itu terlalu lama, kucing tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya serta dapat meningkat suhunya.

Suhu normal kucing biasanya 37,5-39 derajat celcius dan jika terkena heatstroke ini suhunya akan melebihi batas normal, sehingga gejala awalnya kucing akan merasa kelelahan atau heat exhaustion akibat panas serta dalam kondisi ini tubuh kucing tidak dapat berkeringat lagi.

Terpapar terlalu lama di bawah sinar matahari juga bisa membuat kucing merasa dehidrasi karena kekurangan cairan pada tubuhnya akibat panas. Membuatnya akan terlihat lebih lemas bahkan bisa terbakar dan bulunya menjadi kering serta kulitnya menjadi iritasi.

Maka dari itu jangan sesekali mencoba untuk menjemur si kucing terlalu lama dan menjemurnya di waktu siang hari, jika kamu tidak ingin membuat si kucing bisa mati kepanasan. Ketahuilah batasannya dalam menjemur dan waktu yang tepat untuk menjemur.

Itulah beberapa informasi tentang bahaya kucing dijemur terlalu lama yang mungkin perlu untuk kamu ketahui agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama ketika saat ingin menjemurnya dengan niat supaya si kucing sehat dengan menjemurnya terlalu lama.

Perlu untuk kamu ketahui mana jam yang tepat dan baik untuk menjemur si kucing dan mana jam yang buruk serta harus dihindari untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang buruk. Good Luck semoga membantu.