Thursday, 18 Jul 2024

5 Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Minum

6 minutes reading
Tuesday, 15 Aug 2023 00:24 0 219 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa penyebab dan cara mengobati kucing tidak mau minum? Supaya si kucing tidak dehidrasi. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait penyebab dan cara mengobati kucing yang tidak mau minum.

Sering kali melihat si kucing enggan untuk minum, padahal minum itu penting bagi kesehatan tubuhnya agar tidak dehidrasi. Entah karena alasan apa si kucing tidak ingin minum dan kenapa membuatnya tidak mau minum sama sekali, akibatnya jadi merasa lemas kehausan.

Memang sangat perlu sekali untuk memperhatikan kucing peliharaan kamu di rumah, jika menunjukan tingkah atau bertingkah tidak seperti biasanya. Contohnya tiba-tiba kucing tidak mau makan, minum, terlihat lesu, lemas, tidak bersemangat bahkan menjadi pendiam.

Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang penyebab si kucing tidak mau minum dan bagaimana cara mengatasinya atau mengobatinya agar bisa minum kembali seperti biasanya. Jadi, simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Minum

Minum air mineral sangat penting sekali untuk kesehatan si kucing, terutama untuk asupan mineral setiap harinya agar tidak dehidrasi. Selain itu air mineral juga bisa mengeluarkan zat-zat beracun yang ada pada tubuh si kucing degan cara mendetoxnya dari dalam.

Air yang bersih atau air mineral sangat berperan penting untuk semua makhluk hidup, baik manusia maupun hewan. Jadi jangan sampai hewan peliharaan kamu tidak diberi minum yang cukup, bisa-bisa mereka mati kehausan dan kekurangan cairan di tubuhnya.

Akibat dari kucing yang tidak mau minum atau tidak diberikan minum yang cukup akan terasa lemas, kulit dan bulunya kering, mata cekung, gusi lengket dan kering, bahkan sulit untuk bernafas dengan benar. Karena seperti itulah pentingnya air untuk kehidupan makhluk hidup.

Namun ada beberapa kasus dimana kucing ini sangat sulit dan tidak mau minum, sehingga membuat kamu khawatir akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Nah, berikut ada beberapa penyebabnya dan cara mengatasi atau mengobati si kucing yang tidak mau minum:

Faktor Kebersihan Air

Ketika si kucing tidak mau minum, padahal sebelumnya mereka bisa minum dan mau saja untuk minum, berarti masalahnya ada pada air tersebut. Pastikan air yang kamu berikan itu tidak kotor atau bersih, yang membuat si kucing tidak mau lagi untuk minum air karena kotor.

Cara mengatasinya, berikan air mineral yang biasa kamu minum kepada si kucing agar mau lagi untuk minum dengan baik seperti biasanya. Selain itu memberikan air yang bersih akan membuat pencernaannya lancar dan sehat dari segala zat beracun yang ada di tubuhnya.

Jangan gunakan air keran, karena kita tidak tahu apa yang terkandung di dalamnya jika air itu berasal dari keran yang belum diproses pemasakan. Air mentah bisa membuat si kucing sakit perut serta diare, karena ada bakteri atau kuman penyebab diare yang masuk ke pencernaannya.

Sedang Merasa Stres

Kucing yang memiliki gangguan mentalnya atau sedang merasa stres berat, akan membuat mereka kehilangan nafsu makannya dan juga enggan untuk minum. Hal ini terjadi bisa karena kucing kamu merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang berisik dan kotor sehingga membuatnya stres.

Cara untuk mengobati atau mengatasinya adalah dengan cara pastikan untuk menyediakan tempat yang nyaman, bersih dan tenang untuk si kucing. Lalu jika sudah mulai tenang dan stabil kembali mentalnya, berikan vitamin penambah nafsu makan untuknya dan berikan air mineral untuknya.

Kucing Sedang Sakit

Kucing yang sedang sakit, pasti akan membuat mereka tidak nafsu untuk makan dan enggan untuk minum. Hal ini terjadi karena kucing merasa kesulitan untuk makan atau bahkan minum dengan baik ketika mereka sedang sakit. Bahkan ada beberapa juga penyakit yang membuat mereka tidak mau minum.

Biasanya kucing yang sedang sakit merasa lidahnya tidak berselera untuk makan apapun itu baik makanan maupun minuman. berikut ada beberapa penyakit yang membuatnya sulit atau tidak mau untuk minum, diantaranya:

  1. flu dan demam yang disebabkan oleh virus feline herpesvirus dan feline calicivirus yang menyerang saluran pernafasan si kucing, pastinya akan sulit sekali membuat si kucing untuk makan dan minum. Maka dari itu cara mengobati dan mengatasinya adalah dengan memberikan air hangat dan berikan obat flu serta rutin menjemur si kucing di bawah sinar matahari pagi pada pukul 7-8 pagi selama 10-15 menit.
  2. penyakit hati dan ginjal yang menyerang si kucing, membuat mereka enggan untuk minum karena adanya penyumbatan ginjal dan saluran kemih sehingga sulit untuk mengeluarkan urin yang menumpuk, kalau kucing minum terus akan membuat urinny semakin menumpuk. Makanan kucing yang terkena penyakit seperti ini tidak mau minum. Untuk mengobatinya kamu bisa dengan membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa dan ditangani langsung oleh ahlinya.
  3. kanker merupakan penyakit yang cukup serius yang bisa menyerang bagian tubuh si kucing terutama pada ususnya yang terinfeksi oleh sel kanker. Membuat si kucing pastinya tidak hanya kesulitan untuk minum, namun makan pun akan sangat sulit. Untuk mengobatinya kamu bisa dengan membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa dan ditangani langsung oleh ahlinya.
  4. periodontal merupakan penyakit yang menginfeksi gusi yang dapat merusak gusi si kucing bahkan bisa menghancurkan tulang rahang. Hal ini menjadi penyebab kucing tidak mau minum karena pastinya akan perih sekali ketika airnya terkena area gusi yang terinfeksi. Untuk mencegah, mengatasi dan mengobatinya kamu harus selalu merawat kebersihan gigi si kucing atau mulut si kucing agar tidak terinfeksi oleh bakteri-bakteri jahat. Kamu juga bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan langsung yang lebih aman untuk si kucing.
  5. rabies merupakan salah satu penyakit infeksi yang ditularkan oleh hewan liar seperti kelelawar atau anjing yang terinfeksi rabies dan menularkannya pada kucing melalui gigitan atau bahkan hanya dari air liurnya. Rabies ini akan membuat siapapun yang terinfeksi membuatnya takut terhadap air secara berlebihan. Cara untuk mengobatinya sampai saat ini belum ada, dan hanya bisa dicegah dengan memberikan vaksin kepada si kucing sebelum terkena virus rabies ini.

Wadah Airnya Cukup Tinggi

Penyebab kucing tidak mau minum, ternyata tidak hanya alasan atau masalah yang serius. Hanya saja bisa terjadi karena wadah minumnya yang dirasa cukup sulit untuk dijangkau atau tidak nyaman saat ingin meminumnya dengan baik dan benar.

Jadi pastikan kamu untuk menyediakan minum dalam wadah yang mudah untuk si kucing jangkau dan tidak terlalu tinggi. Agar mempermudah si kucing untuk minum dengan baik, tanpa adanya hambatan.

Memiliki Trauma Terhadap Air

Kucing yang memiliki trauma terhadap air atau hydrophobia akan membuatnya takut terhadap air secara berlebihan. Biasanya kucing lebih takut dengan air dalam jumlah yang cukup banyak. Karena mereka mungkin memiliki kenangan buruk terhadap air yang membuatnya takut.

Dengan begitu cara mengatasinya, pastikan kamu memberikan air kepada si kucing dengan jumlah yang sedikit tidak terlalu banyak atau kamu juga bisa membantunya untuk menyuapi si kucing dengan sendok agar airnya bisa masuk ke mulutnya sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing tidak mau minum yang perlu kamu ketahui agar bisa segera mengatasinya untuk bisa mau minum kembali. Pastikan untuk selalu mengecek dulu kondisinya, siapa tau sedang mengalami kondisi yang cukup serius.

Hindari memberinya air keran atau air yang belum di proses untuk bisa diminum. Berikan air mineral seperti yang biasa kamu minum agar lebih higienis dan terjaga kebersihannya. Penting sekali memberikannya air mineral karena lebih aman dan sehat. Good Luck semoga membantu.