Thursday, 18 Jul 2024

10 Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Mati

6 minutes reading
Tuesday, 15 Aug 2023 00:17 0 135 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Seperti apa sih ciri-ciri dan tanda kucing mau mati? Supaya kamu bisa tau disaat kondisi si kucing sedang dalam bahaya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait ciri-ciri dan tanda saat si kucing mau mati.

Sebagai pemilik dari kucing peliharaan kesayangan, pastinya akan sedih jika ditinggal mati oleh kucing tanpa sepengetahuan kamu yang tiba-tiba mati begitu saja. Bahkan kamu belum sempat mengajaknya main bareng, sampai tidak tahu juga kalau ternyata si kucing sedang sakit parah.

Walaupun memang ketika si kucing sedang sakit, tidak akan begitu terlalu terlihat jelas gimana kondisinya bahkan terlihat sehat-sehat saja seperti biasanya. Maka dari itu perlu sekali untuk selalu rutin mengecek si kucing atau konsultasi ke dokter hewan mengenai kesehatannya.

Hal itu dilakukan agar kamu tahu kondisinya dan mencegah kucing kamu sakit parah atau kondisinya makin memburuk, bahkan bisa saja sampai mati. Nah, kamu juga perlu mengenali ciri atau tanda kucing kamu saat mau mati atau sekarat. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini!

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Mati

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Mati

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu seputar kucing yang sedang mengalami sakit, entah itu sakit berat atau ringan. Karena perlu sekali untuk kamu kenali dulu kondisi kesehatan kucing kamu dengan baik dan penyebab kucing bisa sekarat.

Kucing biasanya akan merasa kesakitan kalau memang mereka mengalami hal yang membuatnya terluka baik dari dalam maupun dari luar. Contohnya seperti mereka memiliki cedera yang cukup serius pada bagian tubuhnya sehingga membuatnya sulit bergerak.

Kucing juga bisa mengalami sakit akibat terserang berbagai penyakit seperti flu, jamuran, demam, terkena infeksi FIP, bahkan keracunan yang membuat mereka harus merasakan sakit yang dapat mengancam nyawa mereka sampai akhirnya mati begitu saja.

Bahkan banyak yang mengatakan, jika kucing merasa sebentar lagi ajalnya akan menjemput mereka. Pasti si kucing akan menunjukan perubahan sikap atau perilaku mereka yang tidak seperti biasanya. Hal itu karena mungkin sudah naluri mereka untuk menjauh dari pemiliknya.

Nah, perlu untuk kamu ketahui jika tidak begitu paham atau tahu tentang tanda atau ciri-ciri kucing mau mati. Takutnya ketika mereka sakit, tapi kamu tidak begitu paham dengan perubahan yang ada dan itu menunjukan bahwa sebentar lagi mereka akan mati, berikut adalah ciri-ciri atau tandanya saat kucing mau mati:

Kucing Terlihat Semakin Lemas

Sudah umum terjadi kalau kucing terlihat sangat lemas tidak berdaya bahkan tidak bertenaga, artinya ada masalah dengan kondisi kesehatannya. Bisa jadi mereka sedang sakit dan merasa sangat lesu, lemas dan hanya bisa berdiam diri di tempat tidurnya.

Jika hal itu terjadi terus menerus, harus kamu waspadai! Apalagi kalau kucing kamu sampai tidak cukup kuat untuk bersuara dan terlihat lemas terus menerus. Hal itu bisa menjadi sebuah tanda kalau mereka sedang mengalami sekarat atau sebentar lagi akan mati.

Suhu Tubuhnya Tidak Stabil

Suhu tubuh normal kucing itu biasanya 38-39,2 derajat celcius, nah kalau melebihi itu bisa dikatakan tidak normal dan itu bisa menyebabkan kucing kamu merasa demam. Tapi bagaimana kalau sebaliknya? Suhu tubuh kucing tidak stabil bahkan sampai tubuhnya dingin.

Jika suhu tubuh si kucing menurun secara drastis yang membuat tubuhnya dingin, kaku, atau bahkan sampai hipotermia. Waspadai kalau itu bisa menjadi ciri bahwa kucing kamu akan mati dalam waktu yang tidak lama, jika tidak ditangani langsung serta tidak diberi kehangatan.

Tidak Mau Makan dan Minum

Menurunnya nafsu makan dan tidak mau minum sama sekali, bisa menjadi tanda atau ciri bahwa keadaan kucing kamu sedang tidak baik-baik saja. Kebanyakan kucing saat akan menjelang kematiannya membuat mereka tidak bernafsu untuk makan dan minum.

Hal itu hanya akan memperburuk kondisinya sehingga bisa mati kapan saja karena kelaparan dan dehidrasi. Namun, mau bagaimana lagi kalau si kucing bersikeras tidak mau makan dan minum walau kamu sudah melakukan berbagai cara, karena memang sudah mendekati ajalnya.

Berat Badan Turun Drastis

Jika kucing kamu mengalami penurunan berat badan secara ekstrem, itu bisa menjadi tanda atau ciri bahwa kucing kamu sedang berada dalam kondisi yang buruk. Hal ini terjadi pada saat kucing mau mati, pastinya dengan alasan tidak mendapatkan makan sehingga membuatnya kurus.

Biasanya banyak terjadi kepada kucing-kucing jalanan yang pastinya sulit untuk bertahan hidup di alam luar, sehingga mendapatkan makan pun akan sulit untuknya. Jadi tidak heran kalau kucing jalanan banyak sekali yang memiliki tubuh kurus tidak terawat.

Menjadi Lebih Penyendiri

kucing yang akan segera mati atau mendekati ajalnya, pasti kucing akan lebih penyendiri atau bahkan sering bersembunyi di keheningan dan ruangan yang tertutup, jauh dari jangkauan manusia. Hal ini memang sudah menjadi naluriah mereka untuk menjauhkan dirinya saat akan mati.

Biasanya kucing akan kabur keluar dari rumah atau mencari tempat persembunyian yang sepi dan menyendiri dengan mengurung dirinya sendiri. Sangat ironis bukan? Mungkin di satu sisi kucing juga merasa nyaman atau memilih menjauh dari kamu saat mau mati, supaya kamu tidak sedih.

Banyak Tertidur

Kucing yang normal biasanya mereka akan lebih banyak beraktifitas, bermain di luar, makan sesuai jam aturan dengan tepat waktu dan istirahat pun ada waktunya. Namun jika kucing kamu terlihat banyak tidur atau tertidur terus tidak seperti biasanya, itu menjadi sebuah tanda.

Tanda atau ciri bahwa kucing kamu sedang berada dalam kondisi yang tidak baik. Sehingga membuatnya tertidur seharian dan sering kali kucing yang mau meninggal ini ditandai dengan sering banyak tidur dan tidak ada gairah sama sekali atau tidak bersemangat.

Tubuhnya Semakin Bau

Tubuh kucing yang sebentar lagi akan mati, pastinya ditandai dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya yang kian membau karena adanya proses pembusukan. Setelah itu tubuh si kucing akan mulai kaku, suhu tubuhnya menurun sampai tidak terasa hangat sedikit pun.

Jika kamu menemukan kucing dengan bau tubuh yang tidak sedap, waspadai kalau kucing itu tidak akan lama lagi akan mati. Segeralah untuk menempatkannya di kardus dan menggali kuburan untuknya ketika sudah benar-benar mati.

Kejang-Kejang

Jika kucing kamu mengalami kejang-kejang, waspadai kalau ini menjadi sebuah ciri atau tanda si kucing akan mati. Biasanya kucing kejang-kejang karena keracunan sesuatu mau dari makanan ataupun minuman yang tidak sengaja termakan atau terminum.

Kucing akan mulai kejang-kejang sampai tubuhnya terasa kaku sebelum kematiannya tiba dengan waktu yang tidak lama lagi. Kalau kamu melihat kucing kejang-kejang segeralah memberikan mereka minum air bersih, siapa tahu masih bisa terselamatkan.

Muntah dan Mengeluarkan Kotoran

Selain kejang-kejang, kucing yang akan mati juga ditandai dengan seringnya muntah-muntah bahkan tergeletak dengan mengeluarkan kotoran di tubuhnya. Hal ini memang sering terjadi ketika si kucing sedang merasakan kesakitan selama masa sekaratnya.

Sehingga dengan menahan rasa sakit itu, si kucing sampai muntah-muntah dan mengeluarkan kotoran. Tubuhnya juga akan mengaku, bau, bahkan sampai tidak bisa bergerak menjelang kematiannya.

Itulah beberapa ciri-ciri dan tanda kucing mau mati yang perlu kamu ketahui agar dapat mengetahui seperti apa saja perubahan-perubahan yang terjadi jika si kucing sedang merasa bahwa sebentar lagi kematiannya akan segera menjemput mereka atau sedang sekarat.

Penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan si kucing dan merawatnya dengan baik dikala sedang sakit agar tidak memperburuk kondisinya. Jika terjadi masalah yang lebih serius segera bawa kucing kamu ke dokter hewan untuk ditangani langsung. Good Luck semoga membantu.