Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Agar Kucing Mau Digendong

6 minutes reading
Tuesday, 15 Aug 2023 00:15 0 193 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara agar kucing mau digendong? Sering banget si kucing selalu kabur dan ketakutan ketika didekati. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara agar si kucing mau digendong gak kabur lagi.

Sudah biasa terjadi ketika si kucing baru saja mendapatkan majikan atau pemilik untuk pertama kalinya dan itu akan membuat mereka masih merasa asing kepada kamu. Hal itulah yang menjadi alasan kebanyakan si kucing tidak mau digendong sama kamu karena gak nyaman.

Namun, memang masih banyak lagi penyebab-penyebab yang belum kamu ketahui tentang si kucing yang tidak mau digendong. Entah apa yang membuatnya enggan sekali untuk kamu dapat menggendongnya, walaupun sudah cukup dekat dan akrab dengan kamu selama ini.

Lalu kalau sudah begini, gimana dong caranya biar si kucing mau digendong? Nah, disini akan memberikan beberapa cara atau tips agar si kucing mau digendong sama kamu tanpa harus kamu paksa lagi. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Agar Kucing Mau Digendong

Cara Agar Kucing Mau Digendong

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang apa penyebab kucing kamu merasa tidak mau digendong oleh kamu. Perlu untuk kamu kenali dulu apa yang membuatnya tidak mau digendong, supaya kamu bisa mengatasi hal itu dengan mudah.

Kucing biasanya akan merasa tidak nyaman ketika digendong karena memiliki suatu alasan yang membuatnya seperti itu, contohnya ketika kamu ingin menggendongnya tapi cara kamu salah dan posisinya membuat kucing kamu menjadi tidak nyaman bahkan sampai kesakitan.

Bisa juga kucing tidak mau digendong karena memiliki suatu trauma yang membuatnya takut terhadap manusia, sehingga membuat mereka enggan untuk bersentuhan atau melakukan kontak fisik dengan manusia. Kebanyakan kucing yang trauma akan lari menghindari kamu.

Adapun karena faktor lingkungan atau kucing kamu baru pertama kali menemui kamu dan belum begitu akrab sehingga harus beradaptasi terlebih dahulu agar si kucing bisa terbiasa dengan lingkungannya yang baru serta kamu sebagai pemiliknya yang baru.

Nah, buat kamu yang ingin mulai menggendongnya tapi kucing sering menolak atau tidak mau digendong, bisa ikuti cara-cara di bawah ini, siapa tau dapat membantu kamu dan cara ini berhasil untuk menggendong si kucing. Berikut adalah cara-caranya:

Buat si Kucing Akrab Terlebih Dahulu Dengan Kamu

Langkah yang pertama dan paling mendasar adalah dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu agar kamu bisa mulai akrab dengan si kucing. Hal ini dilakukan jika kamu baru pertama kali mengadopsi kucing dan si kucing masih belum mulai bisa beradaptasi dengan kamu.

Dengan begitu kamu cukup memberikan waktu sendiri terlebih dahulu untuk si kucing, agar tidak membuatnya terlalu kaget kalau kamu langsung mendekatinya apalagi menggendongnya. Soalnya kucing ini tipe hewan yang tidak mudah mau untuk melakukan kontak fisik.

Jadi kamu harus melakukannya secara perlahan, biarkan mereka beradaptasi dulu dengan lingkungannya dan kehadiran kamu dengan cara mengajaknya ngobrol supaya suara kamu terbiasa terdengar oleh si kucing sebagai awal mula perkenalan dengannya.

Jika si kucing kamu sudah cukup terbiasa dengan mendengar suara kamu, mulailah dengan mengelus-ngelusnya secara lembut dan perlahan kamu coba untuk menggendongnya. Kalau si kucing pasrah saat digendong, berarti si kucing sudah mengizinkan kamu menyentuhnya.

Sering-Sering Memanjakan Kucing

Langkah yang kedua agar membuat kucing kamu nurut dan tidak memberontak saat kamu ingin menggendongnya, kamu lakukan cara dengan sering memanjakan mereka dengan berbagai cemilan dan makanan enak atau sering-sering mengajaknya bermain.

Dengan sering memberikan mereka cemilan enak, kucing akan mulai luluh dan menurut kepada kamu. Mengajaknya bermain bersama juga bisa mempererat hubungan atau kedekatan kamu sama si kucing. Sehingga kucing pun akan senang dengan kehadiran kamu.

Selain itu hal ini juga bisa membuat kucing kamu makin lengket sama kamu, bahkan sering mengikuti kamu kemana saja. Kalau sudah begini tentu saja kucing juga akan memperbolehkan kamu untuk menggendongnya dengan senang hati, kapanpun dan dimanapun.

Jangan Memperlakukan Kucing Dengan Kasar

Langkah ketiga agar si kucing mau digendong adalah dengan tidak memperlakukan kucing dengan kasar atau tidak layak. Kucing merupakan hewan yang manja dan ingin merasa dihormati sebagai makhluk hidup dan hewan peliharaan yang kamu rawat.

Makanya kamu tidak boleh memperlakukan mereka dengan semena-mena dan memaksa mereka untuk mau digendong sama kamu. Apalagi kalau si kucing ini memiliki trauma terhadap kekerasan yang pernah mereka alami dan dapatkan dari para manusia yang jahat.

Sehingga mereka enggan untuk mendekati kamu karena rasa takut yang pernah mereka alami dan memiliki kenangan yang buruk dengan manusia. Maka dari itu perlakukan mereka dengan lembut, merawatnya dengan baik, serta memanjakannya dengan penuh kasih sayang.

Dengan begitu mereka pun akan mulai luluh dan mencoba untuk menerima perlakuan baik kamu selama ini kepada si kucing. Jangankan menggendongnya mereka juga pasti membolehkan kamu menyentuhnya kapanpun yang kamu mau dengan senang hati.

Pastikan Kucing Kamu Sedang Ingin Digendong

Langkah keempat adalah memastikan terlebih dahulu apakah si kucing sedang ingin digendong atau tidak. Buat kamu yang punya kucing super aktif dan pastinya lebih banyak beraktivitas secara bebas, seperti bermain, lari-lari, menggantung, meloncat-loncat dan lain sebagainya.

Tentu saja kucing kamu tidak cukup betah untuk kamu gendong berlama-lama, mereka tidak begitu nyaman untuk digendong terlalu lama dan memilih untuk mengajak kamu main bersamanya. Makanya pastikan dulu kalau kucing kamu memang sedang merasa cukup lelah.

Kalau mereka sudah merasa lelah, capek bermain seharian, baru deh kamu coba menggendongnya, memanjakannya, mengelusnya dengan lembut agar mereka tertidur dan istirahat dengan baik. Jika memang sedang tidak mau digendong, jangan memikirkannya.

Gendong Kucing Kamu Dengan Benar

Langkah yang kelima adalah dengan menggendong kucing kamu dengan benar. Hal ini akan menentukan apakah kucing akan nyaman digendong sama kamu atau sebaliknya. Jika kamu menggendongnya dengan cara yang salah, tentu kucing tidak mau lagi digendong sama kamu.

Begitupun sebaliknya, kalau kamu menggendongnya dengan benar dan posisinya nyaman kucing pun akan merasa nyaman dan tidak masalah saat kamu ingin ingin menggendongnya. Pastikan kamu tidak mengangkat kucing dengan menarik bagian punduk atau punggungnya.

Turunkan si Kucing Dengan Perlahan

Langkah yang terakhir adalah dengan menurunkan si kucing dari pangkuan kamu dengan perlahan. Hal ini dilakukan agar si kucing bisa mendarat dengan baik ketika kamu menggendongnya. Karena jika kamu langsung menurunkannya dengan kasar akan membuatnya kesakitan.

Dengan begitu kucing tidak mau lagi digendong sama kamu, kalau kamu saja kasar saat menurunkan si kucing. Pastikan kamu menurunkannya sampai benar-benar menyentuh lantai, maksudnya dengan jarak yang benar-benar dekat dengan lantai, jadi tidak sampai kebanting.

Itulah beberapa cara agar kucing mau digendong yang perlu kamu ketahui supaya tidak salah dalam tata cara menggendongnya dengan benar. Karena kemungkinan kucing kamu tidak mau digendong dengan alasan posisinya salah dan membuatnya tidak merasa nyaman digendong.

Pastikan untuk tidak memaksanya jika kucing kamu tidak mau digendong, apalagi untuk tipe kucing yang sangat aktif pastinya akan lebih sering bermain dan tidak nyaman digendong berlama-lama. Hal ini akan membuatnya menjadi agresif jika dipaksa. Good Luck semoga membantu.