Thursday, 18 Jul 2024

Alat Potong Kuku Kucing

6 minutes reading
Monday, 25 Sep 2023 00:11 0 152 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa itu alat potong kuku kucing? Seperti apa bentuk dan jenis alat potong kuku khusus untuk kucing serta apa sih manfaatnya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait berbagai alat potong kuku untuk kucing.

Seperti yang kamu ketahui kalau kucing memiliki kuku seperti cakar yang cukup tajam dan runcing. Kuku bagi kucing sangat berperan penting untuk kelangsungan hidupnya, karena tanpa kukunya mereka tidak akan bisa berburu, menangkap mangsa, dan sebagai pertahan diri.

Makanya penting sekali untuk merawat kuku kucing agar tetap sehat, kuat, dan tidak kotor. Dalam perawatan kuku, khususnya untuk kucing rumahan yang memang panjang kukunya dijaga agar tidak terlalu tajam dan melukai kamu, makanya perlu dipotong dengan alat khusus.

Lalu kalau begitu apa sih alat potong kuku kucing itu? Seperti apa alatnya dan apa saja jenis alatnya? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan seputar alat grooming untuk kucing, yaitu alat potong kuku. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Alat Potong Kuku Kucing

Alat Potong Kuku Kucing

Penting untuk menjaga kebersihkan tubuh si kucing agar terhindar dari kutu, jamur, dan berbagai bakteri jahat lainnya. Biasanya kan kucing akan sangat aktif bermain di luar ruangan maupun di dalam ruangan, membuat debu dan kotoran mudah nempel di bulu dan kukunya.

Walaupun kucing bisa grooming atau perawatan sendiri dengan cara menjilat-jilati tubuhnya untuk membersihkan dirinya, tetap saja kucing juga perlu bantuan lebih dari kamu dalam membersihkan tubuh mereka secara keseluruhan dengan menggunakan alat bantu grooming.

Maka dari itu kamu perlu sekali menyediakan berbagai peralatan grooming untuk kucing, tidak hanya shampo untuk mandinya saja tapi banyak juga alat lainnya seperti alat potong kuku untuk kucing. Seperti halnya manusia yang senang pedicure manicure untuk kebersihan kuku.

Kucing pun sama seperti itu apalagi kuku kucing ini lebih tajam dan runcing, tentunya pemberian perawatan kuku pada kucing akan sangat berbeda dan menggunakan alat yang berbeda juga. Buat kamu yang masih pemula dan gak tau alat pemotong kuku kucing, berikut ada beberapa penjelasannya secara menyeluruh, yaitu:

Penjelasan Mengenai Alat Potong Kuku Kucing

Alat potong kuku kucing merupakan suatu alat grooming khusus untuk kucing, seperti halnya gunting kuku pada manusia hanya saja ini diperuntukkan kucing dan tentunya desain kedua alat tersebut berbeda. Wajar saja karena kuku manusia dan kucing tentunya sangat berbeda.

Kuku kucing cenderung lebih tebal dan keras, makanya desain gunting kuku untuk kucing berbeda. Alat tersebut dirancang berbeda supaya saat memotong kuku kucing tidak akan terluka, agar lebih mudah terpotong, serta potongan kukunya akan lebih rapi untuk kucing.

Bentuk dan Jenis Alat Potong Kuku Kucing

Alat potong atau gunting kuku kucing ternyata memiliki banyak jenis dan bentuknya, lho! Masing-masing dirancang sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk ras kucing yang memiliki cakar cukup keras, besar, panjang, dan sulit dipotong kalau pakai jenis alat potong biasa.

Adapun dirancang khusus untuk anak kucing yang kukunya tidak sekeras atau sepanjang kucing dewasa. Nah, berikut ada beberapa jenis dan bentuk alat potong kuku untuk kucing sesuai kebutuhan, diantaranya adalah:

  1. Guillotine adalah alat potong kuku untuk kucing yang sensitif terhadap suara saat memotong kukunya, jadi akan sangat cocok untuk kucing kamu yang memang takut mendengar suara yang dikeluarkan saat memotong kukunya. Bentuknya seperti tang dengan adanya lubang kecil yang terdapat mata pisau, hanya saja tidak cocok untuk kuku kucing yang cenderung tumbuh ke bagian dalam jadi akan susah masuk ke lubangnya.
  2. Scissor adalah alat potong kuku khusus untuk anak kucing dengan kuku yang lunak dan tidak terlalu keras. Bentuknya mirip seperti gunting biasa, bedanya ada pada bagian besi pemotong. Hanya saja perlu hati-hati saat menggunakan gunting kuku ini, gunakan dengan distribusi kekuatan yang seimbang saat memotongnya agar kuku tidak patah.
  3. Peacock adalah alat potong kuku untuk kucing dengan pertumbuhan kuku ke dalam, alat jenis peacock juga tidak mengeluarkan suara saat memotong kuku jadi aman untuk kucing yang sensitif suara. Bentuknya hampir sama dengan guillotine, bedanya di pisau.
  4. Elektrik adalah mesin kecil potong kuku kucing modern dengan memotong secara otomatis, jadi tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memotongnya. Bentuknya seperti mesin kecil yang panjang dengan mata pisau otomatis di dalam. Hanya saja alat ini kurang cocok untuk kucing yang memang takut atau sensitif akan suara mesin.

Kegunaan atau Manfaatnya

Manfaat dari alat pemotong tentunya akan mempermudah kamu saat ingin memotong kuku si kucing. Dengan begitu hasil potongannya akan lebih rapi dan tidak melukai kuku si kucing, serta adanya alat pemotong kuku khusus kucing akan lebih praktis dengan berbagai jenisnya.

Membuat kuku kucing jadi bersih, terhindar dari patah kuku saat kukunya sudah mulai panjang. Apalagi kucing akan sulit berjalan di lantai kalau kukunya terlalu panjang, membuatnya menjadi tidak nyaman dan seringkali terpeleset saat berjalan terhalang kukunya.

Selain itu kucing juga akan tidak mudah terluka saat sedang menggaruk-garuk tubuhnya, atau sedang berinteraksi dengan kucing lainnya saat saling mencakar-cakar dan juga saat bermain sama kamu tidak akan terlalu sakit saat kucing terkadang mencakar atau saat menyentuh kulit.

Cara Penggunaan

Sebenarnya dari cara penggunaan tergantung dengan jenis alatnya, apalagi untuk tipe elektrik yang lebih praktis dan otomatis. Namun, untuk kamu yang memang menggunakan alat manual yang harus memotong sendiri, seperti jenis scissor atau guillotine dan peacock berikut ada cara penggunaanya yaitu:

  1. Pangku kucing dengan nyaman agar lebih mudah untuk memotong kukunya, usahakan posisi memangkunya benar agar si kucing bisa tenang dan nyaman. Patikan lengan kamu ada di bagian leher si kucing dengan perlahan, jangan terlalu menekan lehernya.
  2. Angkat salah satu tangan atau kaki kucing yang akan di potong kukunya terlebih dahulu.
  3. Gunakan gunting kuku khusus untuk kucing, usahakan tidak dengan gunting kuku biasa.
  4. Pencet atau tekan perlahan bagian bantalan kaki atau tangan si kucing, supaya kukunya bisa keluar dengan jelas dan lebih mudah memotongnya. Kalau menggunakan tipe guillotine dan peacock, cukup masukan kuku ke lubang kecil lalu potong.
  5. Mulai potong kukunya dengan runtut atau teratur satu persatu dari atas ke bawah dengan perlahan saja, agar si kucing tidak terlalu kaget dan kukunya tidak terluka.
  6. Hindari memotong kuku kucing dari samping karena dapat menyebabkan kukunya patah jika kamu menggunakan gunting kuku type scissor yang seperti gunting pada umumnya.
  7. Lakukan secara berulang sampai semua bagian kuku di kaki atau tangannya terpotong.
  8. Sesudah memotong semua kukunya, kamu bisa dirapihkan lagi atau diperhalus supaya kuku yang terpotong teksturnya rata dan pertubuhan kukunya nanti jadi lebih rapi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai alat potong kuku kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau masih bingung dan asing dengan alat potong kuku kucing supaya tidak salah dalam memilih alatnya buat kamu yang memang ingin membeli alat grooming untuk kukunya.

Usahakan untuk tidak terlalu dalam memotong kuku kucing, karena bisa melukai kukunya dan berdarah. Cukup sampai setengahnya dari panjang kuku yang akan di potong, serta pastikan juga potong kuku kucing tidak dilakukan terlalu sering, Goodluck semoga membantu.