Thursday, 18 Jul 2024

Kenapa Kucing Takut Air?

4 minutes reading
Monday, 25 Sep 2023 00:12 0 179 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kenapa kucing takut air? Apa penyebab atau alasan yang membuat kucing jadi takut terhadap air? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait beberapa alasan atau penyebab yang membuat kucing takut pada air.

Kucing banyak sekali digemari atau disukai banyak orang dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Karena kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu, cukup membuat kamu terhibur dengan segala tingkah lakunya yang random banget.

Fakta mengejutkan kucing ternyata kebanyakan takut terhadap air bahkan tidak mau mandi, suka kabur-kaburan lah atau sering memberontak saat memandikan si kucing. Lucunya kucing juga selalu menghindar apapun yang terdapat air, mereka juga kadang terkejut saat terkena air.

Lalu kalau begitu sebenarnya kenapa kucing takut air? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang penyebab atau alasan mengapa kucing takut terhadap air secara singkat dan jelas agar dapat mudah kamu pahami. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Kucing Takut Air?

Kenapa Kucing Takut Air?

Faktanya kucing memiliki emosi seperti merasa senang, sedih, jengkel, bahkan takut terhadap hal-hal tertentu. Walaupun tidak menunjukkannya secara ekspresif tapi kamu bisa melihatnya melalui tindakan atau perilaku mereka ketika berhadapan dengan hal yang membuatnya takut.

Biasanya kucing takut dengan benda-benda yang berbentuk pipih, keras, panjang ataupun benda yang mengeluarkan suara keras. Karena merasa tidak nyaman, atau merasa terganggu sehingga membuatnya enggan mendekatinya, karena takut terhadap suatu benda-benda asing.

Kucing memang memiliki ketakutan terhadap benda-benda yang menurutnya terasa asing ketika melihatnya. Mereka juga memiliki pendengaran yang sensitif dan tidak begitu menyukai benda yang mengeluarkan suara. Nah, berikut ada beberapa benda yang ditakuti kucing, yaitu:

  • Sapu lidi menjadi benda yang ditakuti oleh kucing, karena menurutnya sapu lidi itu mengeluarkan suara yang tidak mengenakkan ketika kamu menggerakkan sapu lidi. Bisa jadi kucing juga memiliki trauma akibat dari kekerasan dengan menggunakan sapu lidi.
  • Cermin menjadi benda yang ditakuti oleh kucing karena cermin memantulkan atau menampakkan wujud dirinya ketika kucing bercermin. Mereka beranggapan bahwa dirinya yang ada di cermin merupakan keberadaan musuh atau wujud kucing lain.
  • Timun menjadi salah satu jenis buah yang ditakuti oleh kucing, karena bentuk dan corak warna pada permukaan kulit timun menyerupai ular atau hewan reptil lainnya.
  • Mesin menjadi benda yang ditakuti oleh kucing karena mengeluarkan suara yang kencang dan mengganggu pendengarannya, sehingga membuat kucing merasa terkejut, takut, atau bahkan bisa menyebabkan kucing stress jika terus-menerus mendengar suara mesin.

Selain itu ada juga benda yang ditakuti kucing selain benda-benda yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, yaitu air. Seperti yang kamu ketahui kalau air merupakan benda cair yang mengalir dan sering terdapat di kawasan perairan seperti laut, danau, sungai, ataupun kolam.

Pada dasarnya kucing memang bukan tipe hewan yang menyukai air dan hidup di daratan. Kucing berevolusi atau tumbuh di daratan yang memang bukan di air seperti danau, laut, maupun sungai. Jadi mereka tidak terbiasa akan air, bahkan kucing tidak perlu banyak minum.

Menurut Dr. Philosoph yang merupakan seorang dokter hewan juga pernah mengatakan bahwa “Kucing tidak tertarik ke perairan terbuka mencari sumber air, kecuali mereka mengalami dehidrasi” ujarnya. Namun, walau begitu ada beberapa kucing yang pandai berenang di air.

Bahkan tidak sedikit juga kucing yang menikmati air dengan nyaman dan suka berenang di perairan, seperti kucing Maine coon, Abyssinian, Turkish van, Norwegian forest, kucing bengal dan American shorthair. Ras kucing yang memang punya perbedaan bulu yang tahan pada air.

Walaupun begitu untuk kucing-kucing lainnya yang cenderung takut terhadap air sebenarnya ada alasan atau penyebab lain di balik hal itu. Nah, berikut ada beberapa penyebab kenapa kebanyakan kucing takut sama air. Diantaranya adalah:

  • Kucing memiliki trauma terhadap air, bisa dari pengalaman buruk mereka terhadap air.
  • Kucing merasa tidak nyaman ketika terkena air, contohnya seperti takut kedinginan, membuat bulunya terasa berat, tidak bisa menyesuaikan suhu tubuhnya saat terkena air.
  • Kucing memiliki insting atau naluri alamiah yang membuat dirinya agar bisa menjaga bulu tetap kering, karena pada dasarnya habitat kucing memang di daratan kering.
  • Kucing memiliki pendengaran yang cukup sensitif terhadap suara seperti suara gemericik air saat hujan, suara air mengalir, dan itu membuat kucing merasa terusik dengan suara.
  • Kucing tidak terbiasa dengan air karena jarang terpapar air secara langsung, sehingga tidak ada pengalaman positif dengan air dan membuat kucing merasa asing terhadap air.

Itulah beberapa alasan kenapa kucing takut air yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar dapat kamu pahami dan mengatasi permasalahan tentang air pada kucing. Siapa tau kucing kamu juga termasuk kucing yang takut sama air, membuat kucing susah untuk diajak mandi.

Usahakan untuk memberikan pengalaman baik pada kucing terhadap air, supaya kucing tidak merasa takut lagi sama air. Hindari menakut-nakuti kucing dengan menggunakan air atau di siram, karena bisa memicu kucing menjadi trauma pada air. Good Luck semoga membantu.