Thursday, 18 Jul 2024

Apakah Bisa Tes Kehamilan Dengan Jari?

4 minutes reading
Tuesday, 24 Oct 2023 00:54 0 100 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah bisa tes kehamilan dilakukan dengan jari? mengingat kehamilan sendiri merupakan salah satu kondisi yang digunakan untuk menggambarkan periode dari janin yang berkembang di dalam rahim. Kemudian pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan ketika kamu mengalami kehamilan. Pemeriksaannya sendiri guna memastikan kondisi ibu dan janin dalam kondisi atau keadaan yangs ehat. 

Selain itu memastikan kehamilan pada sang ibu dan janin, pemeriksaan ini juga dilakukan guna memastikan gaya hidup dan pola makan yang perlu dijalankan sang ibu hamil, guna menjaga kesehatan selama menjalani masa kehamilan tersebut. Selain itu kamu disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah dan USG. Namun, apakah benar bisa melakukan tes kehamilan dengan jari? 

Apakah Bisa Tes Kehamilan Dengan Jari?

Belakangan terdapat anggapan, bahwa tes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan jari. Hal ini dapat dilakukan guna untuk mendeteksi kehamilan, selain itu leher rahim akan mengalami perubahan. Wanita yang tengah menjalani program hamil tentunya akan menantikan munculnya tanda-tanda kehamilan. Bila kamu mengalaminya, dan ingin segar tahu sedang dalam kondisi hamil atau tidak, kamu dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

Namun, bisakah melakukan tes kehamilan menggunakan jari? mengingat di awal kehamilan, letak serviks atau leher rahim akan jauh lebih tinggi. Yang mana nantinya leher rahim ini bisa mengetahui dengan cara memasukan jari ke dalam vagina. Meskipun hal ini dianggap praktis namun apakah bekerja secara efektif? 

Di awal masa kehamilan, letak serviks atau leher rahim akan jauh lebih tinggi. Yang mana artinya serviks akan menjadi lebih sulit untuk dicapai oleh jari. Selain itu teksturnya pun akan menjadi lebih lembut dan tidak kaku. Hal ini karena adanya perubahan kadar hormon di masa kehamilan. 

Serviks sendiri memiliki letak yang tinggi dan terasa lembut yang memang bisa diketahui dengan memasukan jari ke dalam vagina. Namun, cara satu ini tentunya akan sulit dilakukan oleh banyak wanita, apalagi posisi serviks pada setiap wanita tentunya berbeda-beda. 

Sehingga pertanyaan mengenai apakah bisa tes kehamilan dengan jari? Tidak bisa digunakan, kehamilan dengan jari tidak seakurat pemeriksaan kehamilan dengan memasukkan jari ke dalam vagina. Selain sulit dilakukan, hasilnya yang tidak akurat ini dapat berdampak pada mental pelakunya. Dimana hasilnya yang tidak jelas, karena tidak seakurat penggunaan test pack atau tes darah. 

Penggunaan test pack atau tes darah sendiri memiliki kakurata hingga 90%, meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bahwa dapat memberikan hasil yang salah satu tidak akurat. Apalagi tes kehamilan dengan jari, yang bahkan persentasenya tidak diketahui. 

Tes kehamilan menggunakan jari, tidak dapat digunakan. Jika kamu merasakan gejala atau tanda kehamilan, seperti telatnya waktu menstruasi, seringnya buang air kecil, gejala muntah-muntah. Maka, ada baiknya kamu memilih metode lain yang jauh lebih praktis seperti menggunakan test pack atau memeriksakan diri ke dokter. 

Tes Urine

Alih-alih menggunakan tes kehamilan dengan jari, ada baiknya melakukan tes urine yang bekerja jauh lebih efektif dalam mendeteksi kehamilan. Tes satu ini dapat dilakukan di rumah maupun di rumah sakit. Bila kamu ingin melakukannya di rumah, maka kamu dapat membeli alat tes kehamilan test pack yang bisa ditemukan di apotek. 

Pemeriksaan urine ini digunakan untuk kehamilan dan paling efektif dilakukan 1 hingga 2 minggu setelah periode menstruasi lewat. Hal ini karena tes yang dilakukan terlalu dini,sehingga bisa menunjukan hasil yang kurang akurat akibat tubuh belum juga menghasilkan hormon hCG. 

Tes Darah

Tes darah tidak berbeda jauh dengan tes urine, tes darah dapat digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Dengan melakukan tes darah, maka hormon hCG dapat terdeteksi meskipun jumlahnya masih sedikit. Karena pengambilan sampel di dalam darah, maka darah akan diperiksa di laboratorium. 

Nanti, hasilnya akan keluar dalam hitungan jam. Meskipun tes ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya, tes darah juga memang jarang digunakan namun hasilnya sangatlah akurat. 

Nah, demikian jawaban dan ulasan mengenai pertanyaan apakah bisa tes kehamilan dilakukan dengan jari? maka, jawabnya seperti yang kami ulasan diatas bahwa tidak bisa. Selain susah dilakukan, hal ini bukan standar dalam pemeriksaan yang baik dan benar, bahkan hasilnya sendiri tidak teruji kebenarannya,dan dapat memberikan dampak negatif bagi pelakunya.