Thursday, 18 Jul 2024

Apakah Boleh Memelihara Burung Hantu?

4 minutes reading
Friday, 20 Oct 2023 03:59 0 127 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah boleh memelihara burung hantu? Memang burung hantu ini yang masih terbilang baru-baru ini banyak orang yang memeliharanya sehingga muncullah pertanyaan seperti itu, nah untuk mengetahui penjelasannya yuk simak ulasannya dibawah ini.

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung hantu yang satu ini dan burung jenis yang satu ini sering dianggap sebagai burung yang menyeramkan dan berkaitan dengan hal-hal mistis, burung hantu sendiri adalah kelompok burung yang termasuk ke dalam anggota ordo Strigiformes.

Burung hantu tersebut termasuk dalam golongan jenis burung buas (karnivora atau pemakan daging), dan burung hantu yang satu ini juga merupakan salah satu jenis hewan malam (Nokturnal), dengan memiliki lebih dari 200 spesies.

Ordo strigiformes yang terdiri dari dua suku atau famili, yang diantaranya yaitu ada suku burung serak atau burung hantu gudang (Tytonidae) dan juga suku burung hantu sejati (Strigidae), untuk burung hantu ini yang telah tersebar di seluruh dunia kecuali di benua Antartika.

Dikarenakan burung ini yang aktif di malam hari sehingga tidak heran jika burung hantu tersebut akan lebih banyak menghabiskan tidurnya di siang hari, karena pada malam harinya biasanya burung hantu ini yang akan mencari makan dengan memiliki penglihatan yang tajam untuk memangsa mangsanya.

Burung hantu memiliki ciri khas yang lainnya hampir ada pada semua jenis burung hantu yaitu keunikan mata dan juga kepalanya dengan mata yang menghadap ke depan layaknya seperti mata manusia, bola mata yang besar selalu melotot.

Tidak hanya itu kepala burung hantu ini yang dapat berputar 180 derajat dan ada juga untuk beberapa spesies yang bisa berputar hingga 230 derajat, walaupun demikian banyak yang ingin memelihara burung hantu yang satu ini di rumahnya.

Namun ada juga yang bertanya apakah boleh memelihara burung hantu? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya disini.

Apakah Boleh Memelihara Burung Hantu?

Apakah Boleh Memelihara Burung Hantu?

Burung hantu adalah burung pemangsa yang berukuran sedang hingga besar dengan memiliki bulu berwarna coklat kombinasi dengan putih, burung ini yang termasuk ke dalam spesies satwa buas dan karnivora atau pemakan daging dan biasnaya akan mencari makan di malam hari.

Burung hantu yang tergolong hewan dilindungi dan tidak boleh untuk dipelihara sehingga untuk pertanyaan mengenai apakah boleh memelihara burung hantu? Jawabannya sebenarnya tidak boleh untuk dipelihara.

Tetapi tidak sedikit orang yang tetap untuk memelihara burung hantu ini di rumahnya, kebanyakan pemeliharaan burung hantu yang tidak memperhatikan kesejahteraan hewan, terdapat alasan ilmiah kenapa burung hantu tidak boleh dipelihara di rumah yaitu sebagai berikut:

Memerlukan Izin Khusus

Untuk beberapa wilayah yang ingin memelihara burung hantu yang tidak bisa sembarangan karena burung hantu ini tergolong sebagai hewan liar di Amerika Serikat, yang berdasarkan aturan dari US Fish and Wildlife Service jika calon pemilik melanggar aturan atau gagal maka burung hantu akan diambil disimpan di penangkaran.

Perlu kamu ketahui bahwa izin memelihara burung hantu di Amerika Serikat yang sangat ketat dan hanya akan diberikan pada orang yang memiliki tujuan untuk menangkarkan burung hantu, sehingga jika ingin memelihara burung hantu memerlukan izin khusus pada beberapa wilayah salah satunya Amerika Serikat.

Hewan Nokturnal

Burung hantu yang tidak boleh dipelihara karena burung hantu ini termasuk hewan nokturnal atau aktif di malam hari, burung ini yang akan mengeluarkan suara nyaring di malam hari dan hal ini bisa mengganggu waktu istirahat pemilik.

Tidak hanya itu saja burung hantu juga yang mempunyai naluri membunuh alami, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika burung hantu tersebut yang dapat mencakar atau mematuk pemiliknya, sehingga sebaiknya jangan memelihara burung hantu jika belum siap mental.

Hewan Independen

Dimana burung hantu yang merupakan hewan soliter dan independen di alam liar bahkan mereka yang biasa tinggi dan juga berburu sendiri, burung hantu yang memiliki sifatnya seperti ini sehingga bisa membuat burung hantu sering menyerang orang lain selain pemiliknya karena dianggap ancaman perlu diketahui bahwa burung hantu yang terikat secara emosional dengan pemiliknya jika dirawat dengan baik.

Pemakan Daging

Burung hantu yang berbeda dengan jenis burung yang lainnya dimana burung hantu ini yang biasanya akan memakan daging bisa hidup atau mati, mereka biasanya akan memakan  kelinci kecil, tikus, mamut hingga ayam kecil.

Ternyata untuk memberikan makanan berupa daging hidup dan mati pada burung hantu yang ternyata bukan pilihan, hal ini karena burung hantu yang akan lebih suka memakan hewan dalam kondisi yang masih utuh.

Bulu yang Sering Rontok

Burung hantu yang memiliki bulu yang sering rontok sehingga dengan begitu untuk memelihara burung ini kamu harus rajin untuk membersihkannya, mereka yang juga sering memuntahkan pelet yaitu makanan yang tidak tercerna seperti tulang, gigi dan juga bulu cakar, oleh karena itu bulu dan pelet harus segera dibuang dan dibersihkan karena tidak baik untuk kesehatan burung hantu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan apakah boleh memelihara burung hantu jawabannya yaitu tidak disarankan dan tidak boleh karena burung hantu termasuk hewan dilindungi, tidak hanya itu terdapat beberapa alasan ilmiah kenapa burung hantu tidak boleh dipelihara semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.