5 Mitos Memelihara Burung Hantu

5 minutes reading
Friday, 20 Oct 2023 03:55 0 14 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang mulai tertarik untuk memelihara burung hantu, namun sebaiknya sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu dengan beberapa mitos memelihara burung hantu, untuk mengatasinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Burung hantu merupakan kelompok burung yang termasuk ke dalam anggota ordo Strigiformes, dimana burung ini termasuk dalam golongan jenis burung buas (pemakan daging atau karnivora), dan burung hantu juga yang merupakan hewan malam (Nokturnal).

Burung hantu ini yang memiliki ciri-ciri yang unik diantaranya memiliki mata yang besar menghadap ke depan tidak seperti umumnya jenis burung yang lainnya matanya yang menghadap ke samping, paruh burung hantu yang bengkok tajam seperti paruh burung elang dan susunan bulu di kepalanya yang membentuk lingkaran wajah.

Burung hantu yang memiliki leher lentur sehingga wajahnya yang bisa berputar 180 derajat ke belakang sehingga burung hantu ini yang terkadang mengesankan begitu menyeramkan, selain itu burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu yang terdapat bercak hitam dan juga putih.

Perilakunya yang sering mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung hantu ini yang tidak mudah kelihatan dan pada saat tidur siang hari berada di bawah lindungan daun-daun, di dunia bagian barat hewan yang satu ini dianggap simbol kebijaksanaan.

Ditempat di Indonesia mungkin untuk sebagian orang yang percaya dengan mitos mitos tentang burung hantu ini namun hal ini yang sama sekali tidak dibenarkan apalagi jika ada yang mengatakan bahwa keberadaan burung hantu yang pertanda kematian seseorang atau keberadaan burung hantu yang dianggap membawa sial.

Lalu apa saja mitos memelihara burung hantu? Untuk mengetahuinya hal tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama untuk itu yuk simak.

Mitos Memelihara Burung Hantu

Mitos Memelihara Burung Hantu

Dimana burung hantu yang merupakan salah satu jenis burung nokturnal atau aktif pada malam hari dan tergolong sebagai burung buas yang memakan daging, burung hantu in yang tidak cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan dikarenakan dapat menimbulkan bahaya untuk pemiliknya.

Faktanya burung hantu ini yang tidak mempunyai naluri untuk berinteraksi dengan manusia karena tidak biasa hidup secara berkelompok, bahkan burung hantu ini juga yang sering menganggap makhluk lain sebagai mangsanya.

Karena burung hantu tersebut yang sosoknya terlihat sangat menyeramkan sehingga muncul beberapa mitos dari zaman dahulu yang terkait dengan kehadiran burung hantu, berikut di bawah ini beberapa mitos memelihara burung hantu yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Sebuah Pertanda Kematian

Salah satu mitos memelihara burung hantu yaitu adanya atau muncul burung hantu yang menjadi sebuah pertanda kematian, banyak orang yang beranggapan bahwa kehadiran burung hantu liar di sekitar rumah yang menjadi pertanda bahwa akan ada salah satu anggota keluarganya meninggal.

Sedangkan jika burung hantu yang berbunyi dan menampakkan dirinya yang hal ini dapat menjadi pertanda bahwa akan ada tetangga yang akan meninggal, di samping itu ada mitos terkait orang yang memelihara burung hantu di rumah dianggap pemiliknya akan segera menemui ajalnya.

Sebuah Pertanda Musibah

Untuk mitos memelihara burung hantu tidak hanya sebagai pertanda kematian saja namun untuk mitos lainnya yang berkembang di tengah-tengah masyarakat yaitu menjadi sebuah pertanda musibah, tidak sedikit orang percaya bahwa burung hantu liar menampakkan dirinya adalah cara mereka menyampaikan pertanda datangnya musibah seperti kecelakaan atau lainnya.

Selain itu juga terdapat beberapa orang yang beranggapan bahwa barang siapa yang memelihara burung hantu, makan orang yang memelihara burung hantu tersebut yang akan mendapatkan musibah dalam waktu yang dekat.

Pertanda Adanya Hantu

Dimana burung hantu yang lebih identik dengan wujudnya yang dianggap sangat menyeramkan oleh orang-orang apalagi pada saat burung hantu tersebut yang sedang aktif di malam hari, untuk mitos memelihara burung hantu tidak hanya pertanda kematian dan musibah saja.

Namun untuk mitos memelihara burung hantu lainnya yang cukup santer terdengar yaitu rumah orang yang memelihara burung hantu tersebut yang akan didatangi oleh hantu dan juga berbagai jin yang berwujud yang sangat menyeramkan.

Penyembah Setan

Untuk burung hantu ini yang sering dikaitkan dengan teori konspirasi The Bohemian Grove yaitu tempat para elit untuk melakukan ritual satanis atau menyembah iblis, dimana untuk ritual tersebut yang biasanya diadakan di hutan Redwood, California dengan menggunakan simbol burung hantu pada logonya, sehingga tidak heran jika burung hantu ini lebih identik sebagai salah satu cara untuk memuja setan.

Sebagai Penganut Ilmu Hitam

Burung hantu yang tidak hanya sekedar menjadi daya tarik untuk makhluk halus saja tetapi untuk orang yang memelihara burung hantu ini yang kerap dikaitkan dengan penganut ilmu hitam, namun disamping itu masyarakat jawa yang justru menganggap burung hantu ini sebagai penangkal ilmu hitam yang sangat efektif.

Sehingga sebagaimana yang diketahui bahwa burung hantu yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan nokturnal dengan memiliki kepekaan dan juga insting yang sangat tajam, sehingga tidak heran jika burung hantu ini sering dikaitkan dengan ilmu hitam.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa mitos memelihara burung hantu selanjutnya kamu bisa dengan mengetahui dengan beberapa alasan ilmiah kenapa burung hantu sebaiknya tidak dipelihara, memang burung hantu yang boleh-boleh saja untuk dipelihara dan bahkan sudah banyak orang yang memeliharanya.

Namun perlu kamu catat bahwa memelihara burung hantu berarti kamu sudah siap dengan risiko yang dapat terjadi saat memeliharanya, berikut beberapa alasan ilmiah kenapa burung hantu sebaiknya tidak di pelihara di rumah yaitu sebagai berikut:

  • Burung hantu merupakan jenis hewan yang independen yang tidak suka berinteraksi.
  • Burung hantu yang akan memerlukan ruangan yang cukup besar dan tidak dikurung dalam sangkar atau kandang.
  • Burung hantu merupakan spesies hewan karnivora yang akan memangsa daging hewan yang hidup atau mati.
  • Pada beberapa wilayah untuk memelihara burung hantu yang memerlukan izin khusus.
  • Burung¬† hantu yang akan menuntut banyak perhatian dari pemiliknya.
  • Bulunya yang kerap rontok, sehingga pemiliknya yang harus rajin dan sering dibersihkan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa mitos memelihara burung hantu yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.