Apakah Kacamata Minus Harus Dipakai Terus?

3 minutes reading
Wednesday, 31 May 2023 22:07 0 111 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Banyak yang kerap melepaskan kacamatanya walaupun memiliki masalah mata minus dan sulit dalam melihat objek dalam jarak jauh, bahkan ada yang bertanya-tanya apakah kacamata minus harus dipakai terus?

Mata yang dapat sulit melihat jarak yang jauh atau minus ini yang terjadi diakibatkan oleh bola mata yang terlalu panjang atau korneanya yang melengkung terlalu curam, sehingga dengan kondisi seperti ini yang akan membuat cahaya yang harusnya jatuh tepat pada retina namun malah berada pada depan retina mata.

Dimana cahaya diterima nantinya akan merangsang saraf mata untuk mengolah menjadi sinyal listrik akan dikirimkan ke otak agar kamu dapat melihat gambar yang dilihatnya, tetapi dikarenakan cahaya jatuh di depan retina sehingga sel saraf mata yang tidak dapat memprosesnya dengan baik.

Dengan begitu penglihatan dengan objek yang jauh tidak akan terlihat dengan jelas atau kabur, sehingga untuk mengatasi tersebut yang bisa dengan menggunakan kacamata minus namun ada pertanyaan apakah kacamata minus harus dipakai terus?

Dimana pertanyaan tersebut yang mungkin muncul dikarenakan mereka yang menggunakan kacamata minus tersebut yang merasa kurang sreg dengan desain, tidak percaya diri, sekedar lebih nyaman beraktivitas tanpa harus menggunakan kacamata atau mungkin kurang enak dipandang mata.

Selain itu juga mungkin banyak yang masih percaya dengan sering melepas kacamata minus ini yang dipercaya bisa membuat mata minus yang menjadi sembuh, hal ini yang dipicu dengan seseorang yang menggunakan kacamata minus sudah lama tetapi minusnya yang malah terus bertambah.

Sehingga dengan begitu timbullah pertanyaan apakah kacamata minus harus dipakai terus? Untuk mengetahui jawabannya maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Apakah Kacamata Minus Harus Dipakai Terus?

Apakah Kacamata Minus Harus Dipakai Terus?

Dengan menggunakan kacamata yang akan membantu untuk memberikan penglihatan dengan sangat jelas, namun banyak orang yang malah sering melepas kacamata dikarenakan dengan membiasakan tidak menggunakan kacamata yang dapat menyembuhkan mata minus.

Dimana Dr. Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid  Pelayanan Medis di RS Mata CiCendo Bandung yang menyatakan bahwa dengan sering melepas kacamata yang tidak akan bisa menyembuhkan mata minus, dimana mata minus ini yang tidak akan terpengaruh dengan seberapa seringnya melepas dan juga memakai kacamata.

Untuk pertanyaan apakah kacamata minus harus dipakai terus? Jawabannya yang sebaiknya untuk terus memakai kacamata hal ini yang akan membantu kamu untuk mempermudah dalam melakukan berbagai hal atau aktivitas sehari-hari, namun jika kamu masih bisa melihat melihat objek dengan jelas maka bisa melepas kacamata tersebut namun untuk kamu yang sudah mata minus parah sebaiknya menggunakannya.

Hingga saat ini yang memang  masih belum ada pengobatan yang benar-benar ampuh untuk bisa menyembuhkan mata minus tetapi kamu dapat menjalankan operasi LASIK untuk mengoreksi bentuk kornea, sehingga dengan begitu cahaya yang masuk nantinya bisa fokus tepat di retina dan setelah melakukan cara itu maka kamu tidak perlu lagi menggunakan kacamata dan ini cocok untuk kamu yang tidak suka menggunakan kacamata.

Hal yang terpenting jika kamu memiliki mata minus yaitu untuk selalu mengecek kesehatan mata dan juga kondisi kacamata kamu secara rutin, dengan kacamata yang resep lensa tidak sesuai yang dapat memperparah mata minus kamu, selain itu juga hindari melakukan berbagai kebiasaan buruk yang bisa memperparah kondisi mata minus kamu seperti membaca dalam keadaan redup, menggunakan gadget dengan waktu yang lama dan lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah kacamata minus harus dipakai terus? Jawabannya harus menggunakannya untuk menjadi keselamatan apalagi pada saat menggunakan motor, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x