Mata Minus Lebih Baik Pakai Kacamata atau Tidak?

3 minutes reading
Wednesday, 31 May 2023 00:47 0 129 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan memiliki mata minus yang mungkin akan mengganggu aktivitas harian namun ada pertanyaan mata minus lebih baik pakai kacamata atau tidak? Untuk kamu yang ingin tahu dengan jawabannya maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Dengan mata minus yang akan membuat penglihatan yang tidak jelas dan kabur pada suatu objek dengan jarak yang cukup jauh, mata minus yang memiliki nama lain dalam dunia medis yaitu biasa disebut dengan miopi atau rabun jauh, dimana mata minus yang merupakan gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan mata sulit dalam melihat benda dengan jarak yang jauh biasanya masalah ini kerap dialami oleh banyak orang di seluruh dunia..

Dimana gangguan mata minus ini yang dikarenakan lensa mata dan juga kornea yang tidak mampu untuk memfokuskan biasan cahaya untuk dapat jatuh tepat di retina namun melainkan di depannya, biasanya untuk gangguan ini yang kerap dialami oleh kebanyakan orang di berbagai penjuru dunia dimulai dari usia 6 hingga 14 tahun dan bahkan hingga orang dewasa.

Jika masalah ini terjadi dan semakin parah tentu saja akan membutuhkan alat bantu seperti kacamata yang berguna untuk membantu dalam memperbaiki penglihatan agar menjadi lebih jernih dan jelas, mata minus yang biasanya terjadi karena faktor keturunan atau kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti menghabiskan waktu lama di dalam kamar, dan juga bermain gadget dalam waktu yang terlalu lama.

Untuk kamu yang penasaran dengan mata minus lebih baik pakai kacamata atau tidak? Maka dengan begitu kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Mata Minus Lebih Baik Pakai Kacamata atau Tidak?

Mata Minus Lebih Baik Pakai Kacamata atau Tidak?

Dimana mata minus atau miopi ini yang merupakan salah satu kondisi kornea pada mata yang terlalu cembung atau keadaan bol atau yang terlalu panjang, sehingga dengan begitu pada saat melihat objek dengan jarak yang jauh maka mata akan yang tidak bisa fokus dan terlihat tidak jelas atau kabur.

Untuk tingkat keparahan mata minus ini yang ditandai dengan satuan dioptri atau D dan ini yang kembali dibagi menjadi 3 tingkat yaitu miopia rendah (minus 0.5 D hingga minus 3 D), miopia sedang (minus 3 D hingga minus 6 D) dan miopia berat (minus 6 D keatas), masalah ini yang dapat diatasi dengan menggunakan kacamata, softlens atau hard lens dan juga operasi lasik.

Sehingga untuk kamu yang bertanya mata minus lebih baik pakai kacamata atau tidak? Sebaiknya untuk menggunakan kacamata karena dengan menggunakan kacamata yang akan membuat penglihatan kamu menjadi lebih jelas dan jernih dan dengan penggunaan kacamata juga yang tidak akan mengganggu pekerjaan harian kamu.

Justru dengan tidak menggunakan kacamata yang akan mengganggu untuk melakukan berbagai aktivitas harian kamu hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi tajam penglihatan sehingga kamu yang tidak bisa melihatnya dengan jelas dan tentu saja ini akan mengganggu bukan.

Dimana untuk masalah mata minus atau miopi ini yang umumnya bisa dikoreksi dengan menggunakan kacamata dan juga kontak lens, selain itu juga kamu bisa dengan memilih operasi LASIK yang bisa membantu untuk mengurangi dan bahkan bisa menghilangkan gangguan refraksi pada mata dan tergantung dengan kondisi seseorang.

Tetapi tidak semua orang yang bisa dilakukan operasi LASIK namun ada beberapa kriteria perlu di dipenuhi, sehingga dengan begitu sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter spesialis mata untuk bisa melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut dan pengobatan sesuai dengan kondisi kamu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai mata minus lebih baik pakai kacamata atau tidak? Jawabannya lebih baik menggunakan kacamata agar bisa menjalankan berbagai kegiatan harian berjalan dengan baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x