Saturday, 22 Jun 2024

5 Penyebab Mata Minus Cepat Bertambah

5 minutes reading
Wednesday, 31 May 2023 00:46 0 189 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Di dunia ini memang tidak sedikit orang yang mempunyai keluhan pada mata minus dan mungkin kamu salah satunya, jika memang kamu mengalaminya maka sebaiknya untuk lebih berhati-hati dalam bertindak karena memang ada beberapa kebiasaan yang dilakukan bisa membuat mata minus akan cepat bertambah untuk ibu kamu perlu mengetahui dengan penyebab mata minus cepat bertambah.

Masalah mata minus atau rabun jauh ini yang merupakan salah satu gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan mata sulit dalam melihat benda dengan jarak yang jauh, hal ini dikarenakan lensa mata dan juga kornea yang tidak mampu untuk memfokuskan biasan cahaya untuk dapat jatuh tepat di retina namun melainkan di depannya.

Dimana untuk penyebab mata minus ini yang masih belum diketahui secara pastinya sampai saat ini, tetapi ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang memiliki peran dalam meningkatkan risiko terjadinya mata minus atau mungkin pertambahan minus yang telah terjadi.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan beberapa penyebab mata minus cepat bertambah maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini dengan baik.

Penyebab Mata Minus Cepat Bertambah

Penyebab Mata Minus Cepat Bertambah

Mata minus menjadi salah satu kelainan refraksi mata yang dimana pada bagian struktur bola mata yang memanjang atau kornea yang menjadi lebih cekung dari kondisi mata yang seharusnya, dengan perubahan struktur mata ini yang dapat menyebabkan cahaya yang masuk menjadi tidak terfokus dengan baik.

Terdapat beberapa faktor dan juga kondisi yang dapat memicu mata minus yang dimulai dari lingkungan, faktor genetik, dan bahkan dari kebiasaan membaca yang kurang tepat, bahkan masalah ini yang kemungkinan dapat bertambah dengan seiringnya waktu walaupun sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Berikut terdapat beberapa penyebab mata minus cepat bertambah parah yaitu sebagai berikut:

Tidak Memperbaiki Kebiasaan Buruk

Dengan memiliki mata minus yang menggunakan kacamata yang akan membantu penglihatan menjadi lebih jelas dan jernih tetapi kondisi mata yang bisa saja memburuk dengan menggunakan kacamata yang tidak dibarengi dengan melakukan kebiasaan yang sehat dan baik, dimana salah satu penyebab mata minus cepat bertambah yaitu tidak memperbaiki kebiasaan buruk seperti membaca atau menggunakan gadget kurang tepat.

Seperti contoh jika kamu sudah memakai kacamata namun tetap masih melakukan berbagai kebiasaan yang tidak sehat dengan membaca atau menulis di tempat yang redup dan berjarak yang terlalu dekat walaupun kamu sudah menggunakan kacamata, maka dengan begitu mata minus kamu yang dapat berisiko meningkat.

Menggunakan Lensa Kacamata yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab mata minus cepat bertambah yaitu dengan menggunakan kacamata yang kurang sesuai atau kurang tepat, dimana kondisi salah resep kacamata yang merupakan kekeliruan yang umum terjadi dan ditemukan selama pemeriksaan.

Namun jika hal ini yang terus dibiarkan begitu saja maka akan memberikan efek pada mata kamu yang sudah minus harus bekerja menjadi lebih kerang untuk dapat menyesuaikan penglihatan dengan kacamata minus yang tidak sesuai, selain itu juga dengan melihat layar gadget seperti HP, laptop atau komputer dalam waktu yang lama dan terlalu cepat yang akan berpotensi menambah minus pada mata dan ini yang dapat menyebabkan mata minus kamu yang akan cepat bertambah atau semakin parah.

Faktor Usia

Dimana untuk penyebab mata minus cepat bertambah yang terakhir yaitu bertambahnya usia atau faktor usia, dimana memang bertambahnya mata minus ini yang merupakan kondisi yang cukup umum terjadi terutama untuk anak-anak karena jika mengalami mata minus sejak kecil yang akan membuat struktur mata mengalami perkembangan sampai usia 20 tahun sehingga dengan begitu minus mata tersebut yang dapat bertambah.

Namun disisi lain dalam kondisi kesulitan untuk memfokuskan penglihatan tulisan atau gambar yang merupakan tanda penuaan sulit dielak, kondisi ini yang biasanya disebut dengan presbiopi dan ini dapat menyerang pada semua orang sehingga sebagian besar diharuskan menggunakan kacamata, banyak sekali kondisi mata uang memburuk dengan sendirinya dari waktu ke waktunya dan hal ini tidak dapat kamu lakukan terhadap proses penuaan alami.

Namun jangan khawatir masih ada beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan di rumah agar mata minus tidak bertambah parah, karena memang jika sudah terkena mata minus maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga kesehatan mata dan juga mencegah terjadinya mata minus yang bertambah parah.

Walaupun memang dengan bertambahnya ciri-ciri mata minus ini yang tidak dapat dicegah sepenuhnya tetapi kamu masih dapat melakukan beberapa cara untuk membantu memperlambat mata minus pada mata yang dapat semakin parah, adapun untuk beberapa cara yaitu sebagai berikut:

Tetap Memakai Kacamata

Dimana banyak yang beranggapan bahwa dengan memakai kacamata secara terus menerus  yang menjadi penyebab mata minus bertambah, namun hal ini salah karena dengan menggunakan kacamata ini yang justru akan membantu untuk melihat dengan lebih jelas dan pada saat melepas kacamata dan penglihatan yang memburuk ini hanyalah kau kembali dalam mode penglihatan yang asli.

Hal ini memang dikarenakan kamu yang sudah terbiasa dengan penglihatan kamu yang lebih tajam berkat bantuan dari menggunakan lensa kacamata, namun beda lagi jika kamu menggunakan kacamata resep salah dan lensa tidak sesuai yang akan berpotensi minus mata yang akan bertambah apalagi jika dalam jangka waktu yang panjang.

Menggunakan Obat Tetes Atropine

Untuk cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan obat tetes atropine dalam pemberian obat tetes ini dengan dosis harian tertentu yang bisa mengurangi risiko perkembangan mata minus yaitu sebanyak 50%, namun untuk obat ini yang masih ada efek sampingnya yang cukup kuat.

Sehingga dengan begitu penggunaan dalam jangka panjang yang masih menjadi perdebatan, dalam penggunaan obat tetes atropine ini yang tidak disarankan digunakan tanpa ada aturan atau resep dari dokter.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai penyebab mata minus cepat bertambah yang dapat kita sampaikan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.