Thursday, 20 Jun 2024

Apakah Mata Minus Bisa Berkurang?

4 minutes reading
Tuesday, 30 May 2023 03:13 0 94 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang ternyata memiliki mata minus dan hal ini yang akan mengganggu aktivitas harian dan pada saat akan melakukan aktivitas yang harus menggunakan alat bantu seperti kacamata atau softlens agar penglihatan menjadi lebih jelas dan jernih, namun ada pertanyaan apakah mata minus bisa berkurang? Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Untuk kamu yang sudah menggunakan kacamata atau softlens bertahun-tahun agar bisa membuat penglihatan menjadi lebih jelas dan jernih mungkin kamu juga ingin sekali-kali terbebas dari penggunaan kedua benda tersebut, namun sayangnya untuk dapat menghilangkan mata minus ternyata bukan hal yang mudah dan bahkan memang banyak orang yang bertanya-tanya mengenai apakah mata minus bisa berkurang alami tanpa melakukan operasi.

Hal ini yang memang menjadi pertanyaan kebanyakan orang dikarenakan operasi yang akan  memerlukan biaya yang cukup mahal, nah untuk mengetahui hal tersebut maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Apakah Mata Minus Bisa Berkurang?

Apakah Mata Minus Bisa Berkurang?

Penjelasan dari dokter spesialis mata kata Dr. Vino Dwi Oktariana SpM, dari detikHealth yang menyatakan bahwa “Minus mata yang tidak dapat diturunkan atau disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan saja tetapi hanya bisa dihilangkan dengan melalui cara operasi atau dengan menggunakan metode laser”, Dr. Virna juga yang menambahkan mata minus yang dikatakan berat jika mata sudah diatas minus 3.

Walaupun untuk mata minus ini yang tidak bisa berkurang atau turun dengan cara lain selain dengan menggunakan laser atau operasi tetapi kamu yang masih bisa tetap untuk menjaga mata agar tidak bertambah besar, tidak hanya mengontrolnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A atau wortel saja namun kamu juga harus menghindari melakukan kebiasaan yang bisa menyebabkan mata minus bertambah.

Seperti dengan mengurangi dalam penggunaan komputer, HP atau tidak membaca dalam jarak yang terlalu dekat dan cukup lama, dengan kebiasaan seperti ini yang dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan mata bahkan selain itu juga faktor kebiasaan membuat mata minus yang ternyata faktor genetik.

Hal ini karena jika ada salah satu orang tuanya atau dalam keluarga yang menggunakan kacamata maka kemungkinan anaknya yang menggunakan kacamata juga, namun jika kamu memiliki mata minus yang tinggi tetapi pasangan kamu matanya normal maka kemungkinan gen mata minus ini yang masih dapat tertutup dengan gen mata normal.

Ada beberapa tips atau cara untuk menjaga mata agar tetap sehat dan juga minus tidak bertambah tinggi yang dapat kamu coba dan lakukan dirumah, apalagi dalam menjaga kesehatan mata agar tidak minus bertambah dan tetap sehat bukan yang mudah untuk dilakukan, tetapi jangan khawatir kamu yang masih bisa menjaga kesehatan tersebut dengan melakukan beberapa tips dibawah ini.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Terdapat beberapa jenis makanan sehat yang memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan mata dan kamu bisa mengkonsumsi makanan kebutuhan satu porsi yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga omega 3 setiap harinya, kandungan tersebut yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi wortel, telur, tomat, sayuran hijau, jeruk, buah bit, ubi jalar, kacang-kacangan, ikan salmon, daging sapi dan juga minyak hati ikan kod.

Jangan Membaca Sambil Tiduran

Dengan kebiasaan membaca sambil tiduran yang ternyata bisa membuat mata minus bertambah hal ini karena dalam posisi seperti ini yang akan membuat mata cepat capek yang diakibatkan jarak pandang yang dapat berubah-ubah, sehingga dengan begitu mata yang menjadi tidak fokus selain itu juga gunakan pencahayaan yang terap jangan membaca di dalam suasana yang redup aau remang hal ini yang dapat meningkatkan ketegangan pada mata.

Kurangi Waktu dalam Melihat Gadget

Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya untuk mengusahakan jangan terlalu lama dalam melihat perangkat digital seperti layar HP, komputer, laptop atau TV dan sebaiknya pada setiap dua jam sekali mata perlu diistirahatkan dengan cara memejamkan mata dalam waktu sekitar 10 menit.

Selain itu juga kamu bisa dengan melihat ruangan pada sekeliling rumah atau luar rumah dengan pemandangan hijau, pada saat kamu berada di depan layar HP, laptop atau komputer yang harus memberikan jarak yang cukup antara mata dan juga objek yang dilihatnya.

Istirahat yang Cukup

Silahkan beristirahat yang cukup yang menjadi cara agar minus tidak bertambah karena dengan kekurangan tidur yang akan berdampak pada kesehatan mata, tidur dalam 8 jam sehari dan tidak memaksakan menatap gadget terlalu lama yang merupakan cara yang tepat agar menjaga kesehatan mata.

Coba Latihan Senam Mata

Untuk membantu mengurangi mata minus maka bisa dengan melakukan latihan senam mata untuk caranya yang sederhana dimana kamu bisa dengan mengedipkan mata dengan cepat selama 10 kali, lalu goyangkan bola mata dari kiri ke kanan dan berputar ulangi cara ini sampai 5 atau 10 kali, istirahatkan atau pejamkan mata jika mata sudah merasa lelah dan latika ini yang berfungsi untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah mata minus bisa berkurang dan jawabannya tidak bisa terkecuali dengan melakukan operasi atau laser, tetapi kamu masih bisa menjaga kesehatan mata dengan mengikuti tips diatas agar minus tidak bertambah tinggi semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.