Monday, 17 Jun 2024

13 Makanan Untuk Mengurangi Mata Minus

7 minutes reading
Tuesday, 30 May 2023 03:22 0 126 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memang untuk mereka yang memiliki mata minus yang menjadi salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan hampir seluruh orang di dunia, namun ternyata ada beberapa makanan untuk menjaga dan juga mengurangi mata minus yang bisa kamu makan setiap harinya.

Sekarang ini di era teknologi yang membuat sebagian besar aktivitas kehidupan yang mengharuskan terpapar radiasi teknologi dan ini yang menjadi salah satu penyebab mengalami mata minus, dan bahkan untuk masalah ini yang tidak mengenal usia yang bisa saja terjadi dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sudah tersedia juga banyak suplemen yang bisa membantu untuk kamu dalam meningkatkan fungsi mata tetapi selain itu juga bisa dengan melalui bahan alami seperti makanan sehat buah atau sayuran dan lainnya, dengan menjalankan pola hidup sehat yang akan membantu untuk mengurangi mata minus dan memang terbukti ampuh dengan melalui penelitian.

Bahkan untuk makanan untuk mengurangi mata minus ini yang minim mengalami efek sampingnya dan tentu saja untuk kamu yang memiliki mata minus yang ingin merasakan lepas dari menggunakan kacamata atau softlens, atau mungkin ada yang berpikiran bagaimana cara agar bisa membuat mata minus berkurang.

Memang benar mata minus ini yang bisa berkurang jika memang kamu mengetahui caranya dan salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari, nah untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasan disini mengenai makanan untuk mengurangi mata minus yang dapat kamu masukkan ke dalam menu harian.

Makanan Untuk Mengurangi Mata Minus

Makanan Untuk Mengurangi Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh atau dalam dunia medis yang dikenal dengan miopia merupakan kondisi mata umum terjadi oleh seluruh dunia, membuat kamu tidak dapat melihat objek dengan jelas pada jarak yang jauh dan untuk membantu mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan kacamata agar penglihatan menjadi lebih jelas.

Kacamata dengan menggunakan lensa yang berbentuk cekung ini yang berfungsi untuk membantu mengatasi rabun jauh, yaitu dengan cara mengubah cara cahaya yang difokuskan pada retina sehingga dengan begitu objek dapat dilihat dengan jelas walaupun dalam jarak yang jauh, namun dengan menggunakan kacamata ini terkadang sebagian orang yang merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya untuk mata minus sendiri yang memang tidak benar-benar bisa diobati, namun bukan berarti tidak terdapat cara lainnya yang bisa menyembuhkan mata minus yang bisa kamu coba, dimana dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan ternyata bisa membantu untuk memperlambat kerusakan mata minus menjadi lebih parah.

Dimana untuk kamu yang memiliki mata minus yang harus memperhatikan asupan beberapa jenis nutrisi yang dimulai dari vitamin A, vitamin C, serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk membantu melindungi kesehatan mata, beragam asupan nutrisi harian tersebut yang dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi bahan alami.

Walaupun untuk beberapa jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang terdapat diatas yang dapat dikonsumsi dengan mudah dan bukan berarti bisa mengkonsumsinya secara bebas, namun kamu juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata apalagi jika kondisi mata yang semakin parah atau buruk.

Adapun untuk beberapa jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang dapat kamu masukkan ke dalam menu harian kamu yaitu sebagai berikut:

Buah Mangga

Buah Mangga yang memiliki rasa yang manis dan dagingnya yang tebal sehingga digemari oleh banyak orang dimulai anak-anak hingga orang dewasa, selain itu juga buah Mangga ini yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan juga vitamin E didalamnya.

Untuk kandungan vitamin A yang terdapat didalam buah Mangga ini yang memiliki peran penting untuk membantu menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dan antioksidan ini yang akan menangkal bakteri dan juga infeksi dari permukaan mata dan untuk mereka yang kekurangan vitamin A yang bisa menyebabkan kekeringan dan ini bisa berisiko untuk kesehatan mata.

Ikan

Ikan yang merupakan salah satu jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang bisa konsumsi secara teratur, dimana ikan ini yang mengandung omega 3 didalamnya dan salah satu asam lemak yang terdapat di dalam ikan ini yang memiliki peran di dalam tubuh dan salah satunya berperan untuk menjaga kesehatan indra penglihatan.

Brokoli dan Kubis Brussel

Sayuran brokoli dan kubis brussel ini yang merupakan salah satu jenis makanan untuk mengurangi mata minus dan juga membantu menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan kedua jenis sayuran ini yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi unggulan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten, lutein dan juga zeaxanthin didalamnya.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran brokoli dan juga kubis brussel ini yang memiliki peran penting untuk antioksidan yang bisa membantu untuk melindungi sel-sel pada mata dari radikal bebas.

Buah Kiwi

Buah Kiwi yang merupakan salah satu jenis buah yang padat nutrisi dan juga rendah lemak dan dengan makan dua sampai tiga buah Kiwi per harinya yang akan membantu untuk melindungi kamu dari berbagai penyakit mata yang termasuk dengan kehilangan penglihatan dikarenakan degenerasi makula dan juga katarak.

Dengan kandungan mineral yang terdapat pada buah Kiwi ini yang menawarkan manfaat untuk sistem saraf dan juga fungsi peredaran darah, selain itu juga terdapat kandungan nutrisi lainnya yang ada dalam buah ini yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Telur

Salah satu jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang dapat kamu konsumsi yaitu telur, dimana mengutip dari Kraft Eye Institute yang menyatakan bahwa telur ini yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin E yang banyak dan juga lutein didalamnya yang memiliki peran penting dan baik untuk menjaga kesehatan mata dan telur ini yang bisa kamu jadikan dengan berbagai jenis hidangan yang sehat.

Kangkung

Dengan memakan kangkung secara rutin setiap hari yang akan membantu untuk meningkatkan kesehatan mata, hal ini dikarenakan kangkung yang diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti phytochemical yang tinggi memiliki peran untuk membantu menjaga kesehatan mata, dan diantaranya ada antioksidan lutein dan juga zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Buah Strawberry

Buah Strawberry termasuk ke dalam salah satu jenis makanan untuk mengurangi mata minus, dimana buah Strawberry ini yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi didalamnya yang memiliki peran untuk memperkuat jaringan ikat dan juga memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata serta menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan buah Strawberry yang mengandung vitamin B, flavonoid dan juga asam folat didalamnya dan juga mengandung vitamin C yang memiliki peran untuk melawan radikal bebas dan juga membentuk kolagen yang dimana merupakan senyawa penyusun struktur pada kornea mata.

Buah Melon

Buah Melon yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata dikarenakan buah ini yang kaya akan kandungan karotenoid didalamnya yang dikenal bisa membantu dalam mengatasi rabun senja, dimana sejumlah penelitian yang menemukan senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah Melon ini yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

Daging Sapi

Ternyata daging sapi yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata, dilansir dari Kraft Eye Institute yang menyatakan bahwa daging sapi ini yang diperkaya akan kandungan zinc seta nutrisi penting lainnya yang memiliki fungsi untuk membantu memperlambat proses degenerasi makula.

Buah Sitrus

Dengan rutin mengkonsumsi buah sitrus yang termasuk ke dalam salah satu jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang bisa kamu coba terapkan, buah sitrus sendiri seperti jeruk nipis, lemon dan juga yang lainnya yang mengandung vitamin C yang tinggi berperan sebagai antioksidan dengan mengkonsumsi buah ini yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh yang secara keseluruhan.

Buah Pepaya

Dimana buah Pepaya yang mengandung vitamin A di dalamnya yang cukup tinggi yang memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan penglihatan, dengan mengkonsumsi 3 porsi  atau lebih buah Pepaya secara rutin setiap harinya yang akan memberikan manfaat untuk menjaga penglihatan agar tetap sehat, selain itu juga buah ini yang bisa menurunkan penyebab kehilangan penglihatan orang dewasa maupun manula.

Buah Blueberry

Buah Blueberry yang memiliki rasa yang manis dan asam dengan mengandung sifat anti-inflamasi serta regenerasi rhodopsin yang akan memberikan dukungan yang sangat besar untuk pembuluh darah pada mata, dimana kandungan antosianin yang terdapat pada buah Blueberry ini yang bisa memberikan manfaat untuk mencegah penyumbatan arteri retina.

Buah Alpukat

Untuk makanan untuk mengurangi mata minus yang terakhir yaitu da buah Alpukat yang memiliki kandungan lutein didalamnya yang dipercaya bisa membantu untuk memperkecil resiko kelainan pada mata, bahkan selain itu juga dengan mengkonsumsi buah Alpukat ini yang akan membuat mata menjadi lebih fokus untuk menangkap objek sehingga dengan begitu penglihatan menjadi lebih jelas dan jernih.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan untuk mengurangi mata minus yang perlu kamu ketahui dan juga bisa kamu terapkan untuk membantu mengatasi dan menjaga kesehatan mata, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.