Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengurangi dan Meredakan Nyeri Haid

6 minutes reading
Tuesday, 30 May 2023 03:25 0 246 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Haid atau menstruasi yang biasanya dialami oleh para wanita dan pada saat kondisi seperti ini yang akan mengalami nyeri haid pada tubuh dan rasa nyeri ini yang bisa ringan tapi bisa juga berat, nah untuk kamu yang sedang mencari cara mengurangi dan meredakan nyeri haid bisa dengan simak ulasannya disini.

Haid atau menstruasi merupakan salah satu proses keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi dari vagina dan untuk proses ini yang normal terjadi pada setiap bulannya untuk wanita, pada saat mengalami haid tidak sedikit para wanita yang pada mengeluh rasa sakit dan bahkan kram pada bagian perut.

Dalam dunia medis dimana nyeri haid ini dikenal dengan nama istilah dismenore dan biasanya kondisi ini yang dapat terjadi sebelum haid atau PMS atau bisa juga sewaktu haid, umumnya nyeri haid ini  yang terjadi dalam beberapa hari dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya.

Walaupun demikian terkadang untuk keluhan nyeri haid ini yang bisa dirasakan cukup parah sampai tak sedikit wanita yang mengalami hal tersebut merasa terganggu dan ingin segera sembuh dan bebas, bahkan tidak ingin merasakan nyeri haid seperti ini lagi.

Dimana nyeri haid ini yang memang keluhan bulanan yang terjadi pada sebagian besar para wanita dan untuk rasa nyerinya sendiri ada  yang ringan hingga cukup berat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, jika kamu sering mengalami hal tersebut jangan khawatir ada beberapa cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang dapat kamu lakukan dan coba.

Cara Mengurangi dan Meredakan Nyeri Haid

Cara Mengurangi dan Meredakan Nyeri Haid

Dimana untuk nyeri haidnya sendiri yang disebabkan oleh beberapa hal yang dimulai dari kontraksi otot pada rahim sehingga dengan begitu meningkatkan zat prostaglandin di dalam tubuh, untuk wanita yang sedang menderita penyakit tertentu seperti endometriosis, radang panggul, dan juga fibroid dengan kondisi ini yang membuat nyeri yang dirasakan lebih berat pada biasanya.

Walaupun memang tidak semua wanita yang mengalami nyeri pada saat haid, namun jika mengalami kondisi seperti ini dan membuat kamu merasa terganggu maka kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara mengurangi dan meredakan nyeri haid aman dan efektif yang bisa dicoba yaitu sebagai berikut:

Dengan Mencukupi Cairan Tubuh

Dimana pada saat haid yang mengalami keram ini yang bisa terjadi karena kamu kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, sehingga dengan begitu sebaiknya untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih disekitar 2 liter dalam perharinya dan ini menjadi salah satu cara mengurangi dan meredakan nyeri haid.

Untuk asupan minum tambahan kamu bisa dengan membuat jus buah tanpa menambahkan bahan lainnya seperti gula, dimana buah yang sudah memiliki rasa yang manis alami sehingga kamu masih bisa menikmatinya tanpa menambahkan gula selain itu bisa juga dengan minum lemon hangat atau jahe yang akan memberikan efek menenangkan yang baik untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Dengan Mengompres Perut Menggunakan Air Hangat

Cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang pertama bisa kamu coba yaitu dengan mengompres perut dengan menggunakan air hangat, untuk caranya bisa dengan menggunakan botol kaca yang diisi dengan air hangat lalu letakkan di bagian atas perut yang sebagai kompresnya, namun dalam melakukan cara ini hindari untuk mengompres botol yang masih panas langsung ke perut dan gunakan juga kain untuk melapisi kulit perut.

Selain dengan menggunakan botol kamu juga bisa dengan menempelkan bantalan hangat pada bagian bawah perutnya, dimana dengan melakukan ini yang dimana suhu hangat dari kompres yang akan membantu untuk melemaskan otot rahim yang kaku dan membuat rasa sakit menjadi berkurang, kamu bisa dengan mengulangi secara berulang sampai merasa lebih baik perutnya.

Dengan Mengatur Pola Makan

Dimana untuk cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang lainnya bisa kamu terapkan yaitu dengan mengatur pola makan dimana kamu bisa dengan mencoba untuk memakan makanan yang diperkaya akan asam lemak omega 3 dan juga kandungan gizi lainnya yang sehat, pastikan untuk menghindari memakan makanan yang mengandung lemak jahat, gula, soda, cokelat, garam berlebih, kafein, dan lainnya yang bisa memperparah kram perut.

Dengan Mengendalikan Stres

Dimana nyeri haid ini yang bisa semakin parah oleh adanya suasana pikiran yang kacau dan salah satunya yaitu karena stres, sehingga dengan begitu untuk cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yaitu dengan mengendalikan stres yang menjadi salah satu cara yang efektif bisa kamu lakukan.

Kamu bisa dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan mood seperti menonton film, berbelanja, membaca buku atau dengan melakukan meditasi agar bisa membuat pikiran menjadi rileks dan tenang, selain itu kamu bisa mencoba teknik pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan dan cara ini untuk menyingkirkan stres dan meringankan beban kepala.

Dengan Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang menggunakan jarum tipis ditancapkan pada titik tertentu pada bagian tubuh hal ini yang bertujuan untuk merangsang saraf pada bagian tertentu, dimana akupuntur juga yang menjadi salah satu cara mengurangi dan meredakan nyeri haid.

Selain dapat memicu pelepasan endorfin dengan melakukan akupuntur juga yang memberikan manfaat lainnya yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan juga membuat kamu menjadi lebih rileks, jika kamu ingin mencoba melakukan akupuntur maka pastikan dengan terapis profesional karena cara meredakan haid yang tidak dapat dilakukan secara mandiri.

Dengan Mengkonsumsi Suplemen

Untuk cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang lainnya yaitu dengan mengkonsumsi suplemen dimana sebuah penelitian yang menyatakan bahwa vitamin B1, vitamin B6, vitamin D dan juga vitamin E yang bisa membantu untuk meredakan nyeri haid, selain bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan sehari-hari namun bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen tambahan.

Dengan Melakukan Olahraga

Pada saat kamu merasa nyeri haid yang kebanyakan orang memilih untuk berdiam diri atau tidur, namun ternyata ada cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yaitu dengan melakukan olahraga ringan yang akan membuat nyeri haid bisa diminimalisir.

Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan pada saat haid yaitu seperti dengan jalan santai atau dengan yoga, dengan melakukan olahraga ringan yang akan mendorong pelepasan endorfin berperan sebagai hormon penghilang nyeri atau rasa sakit sehingga akan membuat kamu menjadi merasa lebih sakit.

Dengan Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter

Untuk cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang terakhir bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, untuk cara ini bisa dilakukan jika memang nyeri haid yang dirasakan tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa cara di atas dalam beberapa hari.

Sehingga dengan begitu disarankan untuk langsung memeriksanya ke dokter, dengan begitu kamu yang akan langsung mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan juga nantinya dokter yang akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi badan kamu.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengurangi dan meredakan nyeri haid yang perlu kamu coba dan lakukan terapkan di rumah dengan mudah secara mandiri, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.