Wednesday, 17 Jul 2024

Apakah Kucing Jamuran Boleh Dimandikan?

4 minutes reading
Monday, 7 Aug 2023 18:52 0 233 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apakah kucing jamuran boleh dimandikan? Apakah tidak apa-apa jika kucing yang jamuran dimandikan? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tau terkait kucing jamuran boleh dimandikan atau tidak.

Sudah sering sekali kasus kucing yang mengalami jamuran bahkan ada yang sampai menjalar di seluruh kulit tubuhnya dipenuhi jamur. Biasanya kucing yang terkena jamuran ini bisa dari faktor lingkungan yang tidak bersih, sehingga menjadi sarang jamur yang berkembang biak.

Memang jamuran ini dapat dicegah dan diobati sebelum makin parah dengan berbagai macam salep, obat, cairan antiseptik, bahkan shampo anti jamur. Namun, jika jamur sudah menguasai seluruh kulit tubuh si kucing akan cukup sulit dan lebih baik ditangani oleh dokter kulit hewan.

Lalu, apakah kucing yang terkena jamuran ini boleh dimandikan? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang kucing jamuran itu boleh dimandikan atau tidak. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Apakah Kucing Jamuran Boleh Dimandikan?

Apakah Kucing Jamuran Boleh Dimandikan?

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu jamuran pada kucing, apa penyebabnya dan seperti apa cirinya. Perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu tentang hal itu agar mudah untuk mengatasinya dengan baik.

Jamuran pada kucing adalah sebuah penyakit kulit akibat jamur yang bersarang di kulit si kucing. Sehingga dapat menginfeksi kulit serta menyebabkan rasa gatal-gatal pada area kulit yang terkena jamur. Biasanya jamuran pada kucing sering timbul di area telinga, dan kepala.

Penyakit kulit atau jamuran pada kucing biasanya disebabkan oleh beberapa jenis jamur seperti jamur yang sering menyerang pada kucing yaitu, diantaranya ada Microsporum canis, Microsporum gypseum dan Trichophyton mentagrophytes.

Selain itu ruangan yang lembab juga bisa menjadi sarang jamur dan mereka hidup serta berkembang biak di ruangan yang lembab, sering menempel pada dinding atau tembok bahkan pada lantai juga. Sering kamu lihat di ruangan yang lembab banyak ditumbuhi oleh jamur.

Suhu yang dingin dan lembab serta jauh dari sinar matahari menjadi tempat yang cocok bagi si jamur dapat berkembang dan bertahan hidup. Maka dari itu jangan tempatkan kucing peliharaan kamu di ruangan yang lembab, dingin dan gelap, kalau tidak mau ditumbuhi jamur.

Adapun alasan lain yang membuat kulit si kucing bisa ditumbuhi dengan jamur karena jarangnya dimandikan. Sehingga membuat tubuhnya kotor menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab jamur yang membuat si kucing mudah terkena jamuran di tubuhnya.

Jika kucing peliharaan kamu terkena jamuran, kamu boleh memandikan si kucing menggunakan shampo anti-jamur yang mengandung 2% ketokonazol ataupun 0,5 – 5% sulfur dan rutin memandikannya minimal 2x dalam seminggu.

Hal itu juga dilakukan untuk mengobati si kucing jari jamuran secara tidak langsung. Karena shampo yang diformulasikan untuk membasmi jamur di kulit tubuhnya, otomatis itu juga menjadi obat bagi kucing yang jamuran. Berikut ada beberapa produk shampo anti-jamur:

  1. Dr Flick Anti Fungal
  2. Olive Care Anti Fungal and Fleas
  3. XMOS Anti Fungal
  4. BUKIPET Pet Care Natural Flea and Tick
  5. HAQIMI Pet Essential

Semua shampo tersebut bermanfaat untuk membasmi jamur, melindungi kulit dari jamur dan bakteri, serta menyembuhkan kulit dari rasa gatal dan kemerahan. Cocok untuk kucing yang jamuran agar dapat mengobati serta membunuh bakteri penyebab jamur dengan optimal.

Cara pemakaiannya bisa kamu dibilas terlebih dahulu seluruh tubuh si kucing dengan air hangat, lalu oleskan shampo secara merata pada bulu serta kulitnya. Usahakan untuk tidak sampai terkena mata, setelah itu tunggu sampai 5-10 menit supaya shamponya dapat meresap.

Hal itu dilakukan supaya si shampo bisa bekerja lebih efektif, jadi jangan langsung dibilas begitu selesai dioleskan shamponya. Jika sudah didiamkan selama 5-10 menit baru bilas dengan air hangat, lalu keringkan tubuh si kucing. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang lebih optimal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apakah kucing jamuran boleh dimandikan, yang perlu kamu ketahui agar bisa mengatasi kucing jamuran dengan cara memandikannya menggunakan shampo anti-jamur. Pastikan memakai produk shampo khusus untuk kucing jamuran.

Hindari juga si kucing bergaul bersama kucing lain yang terinfeksi jamur karena dapat menular melalui kontak fisik. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal kucing peliharaan kamu di rumah, agar tetap terjaga dari kuman dan bakteri penyebab jamur. Good Luck semoga membantu.