Monday, 17 Jun 2024

10 Tanaman Jangka Panjang yang Menguntungkan

6 minutes reading
Monday, 7 Aug 2023 20:34 0 730 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pertanian menjadi salah satu pilihan yang tepat selain menyalurkan hobi namun dengan bercocok tanam yang bisa menguntungkan untuk kamu, artikel kali ini kita akan membahas dengan beberapa jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan sehingga dengan begitu simak penjelasannya dibawah ini jangan sampai terlewatkan.

Bercocok tanam atau budidaya tanaman merupakan salah satu aktivitas yang seru dapat dilakukan bersama keluarga di rumah, dalam bercocok tanam sendiri kamu bisa dengan memilih jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan nantinya pada saat berbuah sehingga menguntungkan bukan.

Bahkan terdapat juga banyak jenis tanaman bisa hidup dalam jangka waktu yang panjang dan dapat dimanfaatkan juga untuk penghijauan serta membuat udara sekitar menjadi lebih segar dan menenangkan, untuk beragam tanaman seperti ini yang tentu saja bisa didapatkan dengan mudah di penjual tanaman atau bisa juga dengan membelinya dalam bentuk biji.

Tidak sedikit masyarakat yang mempunyai hobi budidaya tanaman atau bercocok tanam dan untuk kamu yang ingin memulai bercocok tanam dengan jenis tanaman jangka panjang, maka bisa simak dengan ulasan di bawah ini dengan baik terdapat beberapa jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan.

Tanaman Jangka Panjang yang Menguntungkan

Tanaman Jangka Panjang yang Menguntungkan

Siapa sangka ternyata bisnis pertanian yang dapat dikatakan mempunyai prospek yang cerah loh, dengan semakin banyaknya jenis tanaman yang dapat dibudidayakan tentunya menjadi suatu keuntungan untuk para petani, apalagi sekarang ini perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para petani menjadi lebih mudah dalam bercocok tanam.

Tertarik untuk mencoba berbisnis dalam bidang pertanian? Maka berikut dibawah ini ada beberapa jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan yang bisa kamu coba tanam di rumah maupun di perkebunan, adapun untuk beberapa jenis tanamannya yaitu sebagai berikut:

Pohon Jati

Siapa yang tidak kenal dengan pohon jati yang terkenal jenis tanaman jangka panjang karena memang pohon yang satu ini dapat berusia hingga ratusan tahun atau bahkan lebih, bahkan tidak hanya itu saja pohon Jati juga sangat menguntungkan karena pohon kayu jati yang memiliki nilai jual sangat tinggi dan bahkan banyak masyarakat  yang mencari tanaman yang satu ini.

Nah untuk kamu yang memiliki lahan yang cukup luas maka bisa dengan mencoba untuk menanam pohon jati di sekitarnya ditambah lagi untuk perawatan pohon jati ini yang tidak sulit sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk merawatnya hingga tumbuh besar dan jika sudah besar pohonnya kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal.

Pohon Mangga

Untuk tanaman jangka panjang yang menguntungkan lainnya yaitu ada pohon Mangga dan buahnya yang disukai oleh banyak orang dengan memiliki rasa yang manis sehingga tidak heran menjadi buah favorit semua kalangan, sehingga kamu bisa mencoba untuk menanam pohon Mangga dengan perawatan yang mudah dan buahnya bisa dijual ditambah lagi terdapat beragam jenis Mangga yang bisa ditemukan di Indonesia dengan beragam karakteristik rasa serta bentuk buahnya.

Tanaman Cengkeh

Tanaman Cengkeh termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan karena memang tanaman Cengkeh ini dapat dijual dengan harga yang cukup mahal, sehingga kamu bisa mencoba untuk menanamnya di pekarangan rumah maupun di perkebunan dan tanaman Cengkeh juga yang bisa ditemukan dengan mudah karena termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang mudah di temukan di Indonesia.

Pohon Mahoni

Selain pohon Jati ada juga pohon Mahoni dan kayunya yang dapat dijual dengan harga yang cukup mahal karena banyak orang yang mencari kayu Mahoni, walaupun untuk harga kayu Mahoni yang tidak semahal dengan kayu jati karena karakteristik kayu jati yang memang sangat kuat, sehingga untuk kamu yang ingin mencoba berkebun bisa dengan menanam pohon Mahoni di berbagai daerah karena memang pohon yang satu ini bisa tumbuh dengan mudah di mana-mana.

Pohon Kelapa

Semua orang sudah mengetahui dengan pohon Kelapa yang satu ini dengan memiliki buah yang sangat enak dan airnya yang begitu manis dan segar dan ternyata pohon Kelapa termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan yang bisa dipanen buahnya, nira hingga kayunya yang sangat bermanfaat.

Adapun untuk cara merawat pohon Kelapa sendiri yang sangat mudah sekali dan kamu bisa memanen buah Kelapa dalam beberapa bulan sekali untuk dikonsumsi dan dijual dengan harga jual yang lumayan, dimulai dari akar hingga buahnya pohon Kelapa ini yang memiliki manfaat yang begitu besar sehingga dengan menanam buah ini yang sangat menguntungkan di masa yang akan datang.

Pohon Alpukat

Buah Alpukat memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan bahkan banyak orang yang menyukai buah yang satu ini dan ternyata tanaman Alpukat ini termasuk ke dalam salah satu tanaman jangka panjang yang menguntungkan karena selain bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan manfaatnya kamu juga bisa menjualnya dengan harga yang cukup mahal di pasaran karena buah ini disukai oleh semua kalangan mulai bayi hingga orang dewasa mengkonsumsinya.

Tanaman Pala

Salah satu jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan bisa kamu coba tanam yaitu ada tanaman Pala, dimana Pala sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapat tumbuh subur di Indonesia dan bertahan cukup lama pohon Pala tersebut ditambah lagi perawatan pohon Pala ini yang tidak terlalu sulit sehingga kamu bisa dengan mudah menanamnya di kebun maupun di pekarangan rumah.

Pohon Durian

Durian merupakan salah satu jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan dengan memiliki buah dengan harganya cukup mahal, apalagi untuk buah Durian yang satu ini memiliki rasa yang sangat lewat dengan ukurannya yang besar sehingga tidak heran jika banyak orang menyukai buah tersebut, pohon Durian yang termasuk jenis tanaman dalam jangka waktu yang panjang dan bisa di panen hampir setiap tahunnya.

Pohon Jambu Biji

Jambu biji yang termasuk salah satu jenis buah yang disukai oleh banyak orang dimulai anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang enak dan manis biasa dijadikan sebagai aneka cemilan atau minuman yang sehat dan bergizi, selain itu juga tanaman Jambu biji ini yang tidak memerlukan perawatan khusus sehingga kamu bisa merawatnya dengan mudah dan bahkan tanaman ini yang bisa tumbuh subur dimana-mana.

Tanaman Kemiri

Ternyata untuk jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan yang lainnya yaitu ada tanaman Kemiri yaitu termasuk ke dalam jenis bumbu dapur yang sering digunakan dalam mengolah makanan, dengan menanam Kemiri tidak hanya bisa kamu gunakan dalam memasak saja tetapi juga bisa kamu panen untuk dijual.

Karena memang Kemiri yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk membuat berbagai makanan yang gurih dan lebih lezat, sehingga dengan begitu tidak heran jika tanaman yang satu ini banyak dicari ditambah lagi untuk perawatan pohon Kemiri yang begitu mudah sehingga tidak perlu khawatir dalam menanam tanaman yang satu ini.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis tanaman jangka panjang yang menguntungkan bisa kamu coba tanam di perkebunan maupun di pekarangan rumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat bercocok tanam untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan mendatang.