Saturday, 22 Jun 2024

Apakah Lari Bisa Menurunkan Berat Badan?

4 minutes reading
Friday, 23 Dec 2022 13:58 0 444 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak orang yang bertanya mengenai apakah olahraga lari bisa menurunkan berat badan? Ternyata memang terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dan salah satunya dengan berlari.

Memiliki berat badan yang ideal tentu saja menjadi salah satu hal yang banyak diidamkan terutama untuk wanita, dimana dengan memiliki tubuh yang ideal akan lebih percaya diri dan mungkin kamu juga salah satunya yang menginginkan berat badan yang ideal.

Untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa dilakukan dengan melakukan diet dan juga pola makan dan tidur yang baik, namun selain itu juga untuk membantu menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berolahraga.

Dimana olahraga yang yang disebut efektif dalam membantu menurunkan berat badan dan juga bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh, lalu apakah lari bisa menurunkan berat badan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Apakah Lari Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah Lari Bisa Menurunkan Berat Badan?

Menurut Health Promotion Journal of Australia yang menyebutkan bahwa dengan berlari secara rutin yang dikaitkan dengan membantu penurunan berat badan dan juga mendukung dalam memelihara berat badan yang sehat dan bugar, sehingga untuk pertanyaan apakah lari bisa menurunkan berat badan maka jawabannya bisa.

Untuk menurunkan berat badan yang tidak hanya cukup dengan mengandalkan diet dan juga istirahat yang cukup saja, namun perlu juga didampingi dengan berolahraga secara rutin yang akan membantu membakar kalori dan juga memangkas lemak yang ada pada tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

Olahraga sendiri terdapat banyak jenisnya dan kamu bisa dengan mencoba olahraga jenis lari dan ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan, dengan berlari secara rutin sejauh 20 hingga 40 km setiap minggunya maka akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Namun jika berolahraga lari dengan seenaknya maka jangan berharap bisa menurunkan berat badan sesuai dengan keinginan, hal ini juga yang dilengkapi dengan pola makan yang sehat dan istirahat yang baik yang akan membantu menurunkan berat badan yang maksimal.

Dimana di bawah ini terdapat beberapa jenis lari yang bisa kamu coba dan lakukan dengan  tujuan dan juga manfaatnya yang tersendiri, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan yaitu diantaranya sebagai berikut.

Basic Running

Basic running atau lari dasar ini yang menjadi salah satu pilihan alternatif untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari, dimana untuk lari dasar ini kamu bisa dengan lari pendek sampai sedang dengan jarak sekitar 10 km dengan melakukannya menggunakan kecepatan alami.

Long Run

Untuk jenis lari yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan yaitu jenis lari long run atau lari jauh yang berjarak sekitar 15 hingga 20 km dengan kecepatannya yang sama atau stabil, untuk jenis lari yang satu ini akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran secara keseluruhannya.

Interval Running

Untuk jenis lari interval running atau lari interval ini yang merupakan lari pendek dan insten yang dilakukan secara berulang dengan jeda singkat dan lari jenis ini yang akan melatih kecepatan dan juga kekuatan lari, seperti misalnya 4 x 500 meter dengan jogging ringan sekitar 300 meter pada setiap intervalnya.

Hill Repeats

Untuk jenis lari yang terakhir yaitu hill repeats yang dimana lari ini hampir sama dengan jenis lari interval yang membedakannya jenis lari ini dilakukan diatas bukit, jenis ini yang akan melatih kekuatan, kecepatan dan meningkatkan stamina untuk caranya misalnya 15 x 2 menit lari menanjak ke atas bukit dan ini dilakukan secara berulang.

Untuk membantu dalam menurunkan berat badan yaitu rumusnya kalori yang dibakar lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dikonsumsi, dengan melakukan lari yang bisa membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis olahraga yang lainnya.

Hal ini dikarenakan untuk olahraga jenis lari yang akan membutuhkan berbagai oto untuk bisa saling bekerja secara secara bersamaan, dimana terdapat penelitian yang membanding keefektifan dalam berlari dan juga berjalan kaki dalam membakar kalori didalam tubuh.

Hasil penelitian yang menunjukan rata-rata dalam berlari sekitar 1.600 meter di treadmill yang akan membakar 33 kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan berjalan kaki, sedangkan untuk berlari sekitar 1.600 meter di lintasan yang akan membakar sekitar 35 kalori lebih banyak dibandingkan berjalan kaki.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah lari bisa menurunkan berat badan dan jawabannya bisa saja namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa melakukan lari secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu menjawab pertanyaan dan semoga bermanfaat.