Saturday, 22 Jun 2024

Apakah Lompat Tali Bisa Meninggikan Badan?

4 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 06:12 0 179 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah lompat tali atau skipping bisa meninggikan badan? Nah untuk mengetahui jawabannya maka kamu bisa dengan mengetahui beberapa manfaat dari melakukan lompat tali skipping yang akan akan membuat badan kamu menjadi sehat.

Memang memiliki postur tubuh yang ideal dan tinggi tentu saja menjadi salah satu impian kebanyakan orang baik itu untuk wanita maupun pria, umumnya untuk tinggi badan yang dipengaruhi dengan berbagai hal seperti genetik, asupan makanan dan juga aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Dengan memiliki postur badan yang tinggi menjadi salah satu tolak ukur bisa menambahkan kepercayaan diri pada seseorang, dimana secara umum tubuh akan mengalami proses pertumbuhan tinggi badan yang secara pesat yaitu pada rentang waktu sekitar usia 10 hingga 15 tahun untuk pria dan dimulai 8 hingga 13 tahun untuk wanita.

Masa percepatan pertumbuhan yang akan berlangsung sekitar 2 hingga 5 tahun dan tinggi badan ini yang terus berlangsung selama tulang panjang yang belum menutup, biasanya kondisi penutupan tulang panjang yaitu sekitar usia 18 tahun hingga 20 tahun tetapi untuk wanita penutupan tulang panjang yang terjadi sangat cepat.

Salah satu untuk membantu meninggikan badan yaitu dengan melakukan berbagai olahraga dan juga menerapkan hidup sehat dan pola makan yang baik, salah satu jenis olahraga tersebut dengan melakukan lompat tali atau skipping yang dimana olahraga yang satu ini bermanfaat untuk membuat tulang kaki kuat dan juga mengencangkan otot kaki serta menstimulasi pertumbuhan tinggi badan.

Apakah Lompat Tali Bisa Meninggikan Badan?

Apakah Lompat Tali Bisa Meninggikan Badan?

Masih banyak yang bertanya apakah lompat tali bisa meninggikan badan? Jawabannya bisa apalagi untuk kamu yang masih berada pada masa pertumbuhan dengan melakukan olahraga lompat tali atau skipping secara teratur yang bisa memperoleh pertumbuhan tinggi badan yang sangat pesat.

Pasalnya pada saat kamu melompat-lompat yang akan membuat hormon HGH ini yang akan berproduksi dengan lebih cepat untuk membentuk sel tulang yang baru, tetapi manfaat ini yang hanya bisa dirasakan untuk kamu yang masih berusia dibawah 18 tahun dan untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan melakukan lompat tali minimal 10 menit setiap hari.

Olahraga lompat ini yang pada dasarnya mengandalkan kekuatan otot perut dan kaki yang secara optimal maka selain dengan membantu untuk menambah tinggi badan, namun terdapat juga manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

Membantu Menyehatkan Detak Jantung

Latihan lompat tali atau skipping yang sangat bagus untuk kesehatan detak jantung dan terhindari dari penyakit kardiovaskular yang berbahaya, melakukan lompat tali dengan gerakan yang intens yang akan membuat jantung berdetak dengan lebih kendang dan juga memompa darah menjadi lebih maksimal.

Membantu Membakar Lemak

Melakukan lompat tali selama 15 menit yang setara dengan  membakar lemak tubuh sekitar 200 hingga 300 kalori, tentunya hal ini sangat menguntungkan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan secara intens dengan waktu yang singkat tetapi agar mendapatkan hasil maksimal kamu perlu mengeimbangi dengan pola makan sedikit kalori.

Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Dengan melakukan lompat tali atau skipping secara rutin yang bisa membantu meningkatkan stamina tubuh, dimana tekanan darah kamu yang akan terjaga normal dan juga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, selain itu juga bisa membantu untuk menguatkan dan mengencangkan otot bahu.

Membantu Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat dari melakukan lompat tali atau skipping lainnya yaitu membantu dalam meningkatkan keseimbangan tubuh, dengan melakukan olahraga ini kamu dapat melatih tubuh agar tetap seimbang dengan melalui lompatan yang secara beruntun dengan kecepatannya yang tinggi dan ini yang akan menciptakan koordinasi motorik lebih maksimal pada pergelangan tangan dan kaki.

Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Untuk manfaat yang terakhir dari melakukan lompat tali atau skipping yaitu membantu meningkatkan kepadatan tulang dan juga memperkuat otot tubuh terutama untuk orang dewasa walaupun sudah tidak bisa meninggikan badan, namun dengan gerakan lompat tali yang dapat membantu menguatkan tulang agar terhindari dari masalah atau gangguan tulang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah lompat tali bisa meninggikan badan? Jawabannya bisa jika masih masa pubertas namun untuk orang dewasa yang mungkin agak susah untuk meninggikan badan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.