Monday, 15 Apr 2024

10 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Untuk Menambah Berat Badan atau Diet

6 minutes reading
Wednesday, 12 Jul 2023 17:14 0 153 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu ingin mengetahui jumlah kalori dari setiap makanan yang dikonsumsi, maka kamu bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori makanan. Umumnya hal ini dilakukan mereka yang tengah menjalani program diet atau menambah berat badan. Maka, penting untuk memantau dan menjaga jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh sehingga tidak melebihi jumlah yang normal. 

Untuk bisa memantau dan melacak asupan makanan serta kalori yang dikonsumsi tubuh sangatlah penting, khususnya jika tengah melakukan program diet seperti defisit kalori. Saat ini kamu bisa dengan mudah memantau asupan kalori dari sebuah makanan dengan menghitungnya terlebih dahulu. Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali layanan digital seperti kalkulator kalori. 

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Untuk Menambah Berat Badan atau Diet

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Untuk Menambah Berat Badan atau Diet

Saat ini kemajuan teknologi akan mempermudah kita untuk bisa mengakses banyak informasi, diantaranya kita bisa melakukan penghitungan kalori dengan mudah. Kamu tidak perlu menimbang bahan-bahan makanan yang akan kamu konsumsi, saat ini mudah untuk menghitung kalori yang akan kamu konsumsi menggunakan aplikasi. 

Ada banyak sekali aplikasi penghitung kalori yang menggunakan sebagai parameter dan alat bantu untuk mengetahui jumlah atau total kalori dari sebuah makanan.

Dilansir dari Women’s Health, The National Health tetap mempertahankan mengenai penghitungan kalori massa menggunakan cara keseluruhan yang baik guna memahami asupan makanan. Tentunya fungsi alat penghitung kalori menjadi salah satu alat yang dibutuhkan untuk memantau kalori dari makanan yang akan dikonsumsi oleh kita. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa layanan dan aplikasi yang bisa kamu gunakan dan andalkan untuk alat penghitung kalori harian. 

MyNetDiary

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk penghitung kalori adalah MyNetDiary. Aplikasi satu ini bisa memindai barcode makanan dan bekerja cepat untuk menghitung asupan kalori di lokasi. Aplikasi MyNetDiary bahkan memiliki lebih dari 988.000 database mengenai makanan dan kandungannya. 

Dengan memiliki database yang terbilang cukup besar, membuat MyNetDiary menjadi aplikasi pembantu diet yang mengalahkan aplikasi lainnya. Selain itu MyNetDiary juga memiliki forum atau komunitas, sehingga kamu bisa saling sharing mengenai diet dan masalah seputar diet dengan pengguna lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi MyNetDiary dengan cara membelinya dengan harga Rp. 78.000.

Cronometer

Selanjutnya ada aplikasi penghitung kalori, yaitu Cronometer. Aplikasi satu ini tidak hanya mampu menghitung jumlah kalori dari sebuah makanan, namun mampu melacak pola diet dan olahraga hingga berat badan kita dengan mudah. Hal ini dikarenakan Chronometer menawarkan ukuran porsi yang tepat dan kepemilikan database latihan yang cukup kuat.

Bahan dengan menggunakan Chronometer, kamu bisa melakukan pemantauan bagi yang tengah sedang hamil atau menyusui. Chronometer sangat berguna untuk memindai mengenai mikronutrien, vitamin dan mineral yang dikonsumsi. Kamu bisa mengaksesnya dengan berlangganan dengan harga Rp. 43.000, sementraa untuk situs web Cronometer bisa kamu akses secara gratis. 

PeopleOne Health

Aplikasi PeopleOne Health merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap atau sempurna. Aplikasi satu ini memiliki fitur mulai dari melacak nutrisi makanan, memantau aktivitas hingga tujuan dan kemajuan program yang sedang dijalani. Nantinya kamu akan melihat total kalori, karbohidrat, lemak dan protein dari makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. 

Bahkan aplikasi PeopleOne Heath juga memiliki gambaran berupa diagram pie atau lingkaran di dalamnya. Aplikasi PeopleOne Health bisa kamu akses secara gratis di dalamnya. Hanya saja dalam beberapa fitur kamu harus membayarnya terlebih dahulu. 

Fita

Aplikasi penghitung kalori selanjutnya adalah aplikasi Fita. Aplikasi Fita adalah aplikasi yang akan memberikan penggunaannya berbagai macam konten berupa program diet, program gaya hidup sehat, banyaknya konten lokal yang relevan. Sehingga nantinya akan membuat pengguna ayang tengah memiliki tujuan atau goal akan menjadi semangat dan termotivasi.

Aplikasi Fita sendiri sudah merah Google Play Award 2021 lalu, sebagai kategori Best hidden Gems. Menggunakan aplikasi Fita kamu bisa menghitung kalori dari setiap asupan makanan yang ingin kamu cek. Cara menggunakan aplikasi Fita juga sangat mudah, kamu hanya perlu memasukan nama makanan atau minuman. Maka, nantinya akan muncul perhitungan kalori setiap makanannya. 

SparkPeople

Aplikasi SparkPeople tidak hanya membantu kamu menghitung kalori makanan dengan cepat. Namun, dengan sparkpeople kamu bisa bergabung dengan komunitas dan bisa mendapatkan banyak tips harinya. Aplikasi SparkPeople sendiri merupakan aplikasi yang akan menawarkan berbagai macam artikel kesehatan dari para ahlinya.

Menggunakan aplikasi SparkPeople kamu bisa mengaksesnya secara gratis. Namun, untuk bisa menggunakan fitur-fitur lainnya kamu harus membayarnya. Menggunakan SparkPeople akan membantu kamu melihat jumlah atau total kalori yang kamu konsumsi di penghujung hari. 

MyFitnessPal

Saat ini MyFitnessPal merupakan aplikasi penghitung kalori yang sedang hype dan sangat populer. Aplikasi MyFitnessPal ini akan membantu kamu untuk melacak berat badan dan menghitung kalori harian yang dibutuhkan. Di dalam aplikasi MyfItnessPal sendiri terdapat buku harian makanan, yang mana memang dirancang secara khusus.

MyFitnessPal juga akan melacak kemajuan menurut gol kamu, dengan menawarkan berbagai layanan mulai dari forum obrolan. Nantinya kamu bisa melakukan percakapan dengan pengguna lain sehingga mendapatkan kiat dan tips-tips agar diet kamu berhasil.

Lose it!

Aplikasi penghitung kalori Lose it! tidak hanya aplikasi yang bekerja untuk menghitung kalori saja, namun Lose it! juga merupakan aplikasi yang memiliki fitur buku harian makanan serta log olahraga yang digunakan. Sehingga kamu bisa mengetahui progress. Selain itu aplikasi satu ini mampu menghubungkan pedometer atau perangkat kebugaran lainnya.

Lose it! juga bekerja dengan memberikan rekomendasi pribadi untuk asupan kalori yang didasarkan pada berat badan yang diinput sebelumnya. Sehingga akan mudah bagi kamu untuk melakukan pelacakan kalori harian. Memiliki fitur aplikasi yang sangat sederhana, membuatnya mudah untuk digunakan pemula. 

FatSecret

Aplikasi Fatsecret merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu akses dengan mudah. Menggunakan aplikasi FatSecret akan mempermudah kamu untuk menghitung kalori dari sebuah makanan. Aplikasi FatSecret juga memiliki fitur lainnya mulai dari buku harian makanan, resep sehat, log latihan atau aktivitas hingga grafik berat badan dan banyaknya jurnal pilihan di dalamnya. 

Selain itu kamu bisa dengan mudah melakukan pelacakan jumlah total asupan dari kalori, pemecahan karbohidrat, protein serta lemak hanya melalui barcode kemasan makanan. Selain itu FatSecret sendiri menawarkan tampilan ringkasan secara bulanan. Sehingga akan memberikan total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

FitBit

Menggunakan FitBit akan mempermudah kamu untuk menghitung kalori dari makanan yang kamu makan setiap harinya. FitBit juga bisa menghitung jumlah karbohidrat, lemak dan protein yang kamu konsumsi secara bersamaan. FitBit tidak hanya bisa menghitung langkah kaki dan menyimpan data dari aktivitas atau sesi olahraga sehari-hari kamu saja. 

Untuk mendapatkan FitBit kamu bisa mendapatkan aplikasi penghitung jumlah kalori adalah dengan mengunduhnya di playstore maupun appstore. Sehingga kamu dapat memanfaatkan fungsi dna kegunaan aplikasi FitBit secara bebas.

Control My Weight

Terakhir, ada aplikasi Control My Weight, aplikasi penghitung kalori makanan ini diklaim memiliki fungsi yang serba guna tuas serba bisa. Menggunakan Control My Weight kamu tidak hanya bisa menghitung jumlah kalori, namun kamu juga dapat menghitung jumlah lemak, gula hingga karbohidrat yang kamu konsumsi dalam waktu sehari. 

Bahkan Control My Weight menjadi aplikasi yang memiliki tingkat dukungan moral yang sangat tinggi, hal inilah yang menyebabkan kamu akan semakin semangat mencapai goal berat badan ideal kamu. Aplikasi Control My Weight bisa kamu akses secara gratis.

Demikianlah pembahasan mengenai aplikasi penghitung kalori makanan yang bisa kamu gunakan menjadi salah satu bahan referensi, dan mempermudah kamu yang ingin diet atau menaikan berat badan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti hadirnya aplikasi kalkulator kalori, akan membantumu dalam proses diet.