Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Mengatasi Pikiran Stres dan Depresi

8 minutes reading
Wednesday, 12 Jul 2023 17:08 0 226 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengatasi pikirian stres dan depresi? Hal seperti ini memang sudah sering kali dialami oleh hampir setiap orang. Tapi kebanyakan dari kamu juga ada yang masih belum tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak selalu larut dalam pikiran kamu hingga depresi. Untuk kamu yang ingin memulai hidup baru dan berubah untuk keluar dari zona nyaman, simaklah artikel ini sampai selesai!

Menghilangkan pikiran stres yang membuat kamu sampai depresi memanglah bukan suatu hal yang mudah. Karena itu semua tergantung pada diri kamu sendiri untuk memutuskan ingin berdamai dengan diri sendiri atau tidak. Jika kamu memang sudah yakin dan siap untuk berdamai dengan diri kamu sendiri, maka kamu dapat dengan mudahnya menghilangkan pikiran-pikiran yang membuat kamu depresi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah stres akibat pikiran yang menumpuk sehingga membuat diri kamu mengalami depresi. Caranya akan dijelaskan dibawah ini secara rinci agar kamu dapat memahaminya dengan mudah.

Cara Mengatasi Pikiran Stres dan Depresi

Cara Mengatasi Pikiran Stres dan Depresi

Tidak bisa disangka-sangka ternyata banyak juga orang-orang diluar sana yang mengalami hal seperti ini. Sebenarnya banyak faktor yang membuat kamu bisa sampai stres atau depresi yang berkelanjutan sampai hal itu terjadi setiap harinya.

Apakah kamu merasa lelah dengan hal itu? Lelah sudah pasti terasa setiap harinya, kamu juga boleh merasa lelah dan menangis untuk melampiaskan kelelahan serta kesedihan kamu. Tapi jangan sampai kamu juga menyerah dengan semuanya ya!

Semua orang masih bisa berubah kok! Termasuk kamu yang ingin berubah juga agar mendapatkan hidup yang lebih baik lagi di masa depan nanti. Memang walaupun berubah ke hal yang baik itu tidak sesimpel yang hanya diucapkan saja.

Terus apakah harus berubah dalam artian menjadi sosok orang lain bukan diri sendiri? Apakah maksud dalam berubah itu kita mencoba untuk meniru sikap, perilaku orang lain dan membuang jati diri kita? Tidak seperti itu kawan, kamu masih tetap menjadi diri kamu sendiri.

Maksudnya, hanya saja kamu harus belajar mengontrol pikiran dan emosi kamu agar bisa lebih stabil. Dengan kamu seperti itu dapat mengurangi pikiran-pikiran stres yang menyerang dan mengontrol pikiran di dalam otak kamu. Sehingga kamu pun menjadi tidak terkendali.

Kalau begitu bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana agar bisa menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang membuat stres dan depresi ini? Itulah alasan menulis artikel ini adalah untuk memberi beberapa informasi untuk kamu dalam mengatasi hal ini, sebagai berikut:

Tingkatkan Ibadah dan Keimanan

Hal yang paling utama ini adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Dengan meningkatkan ibadah kamu secara bersamaan keimanan kamu juga akan semakin meningkat. Berdoa disetiap malam yang sunyi kepada tuhan membuat hati kamu akan menjadi lebih tenang dan damai sehingga membantu kamu untuk lebih terbuka kepada tuhan.

Biarkan air mata mu mengalir disetiap doa yang kamu panjatkan, keluarkan semua keluh kesah yang selama ini kamu pendam didalam hati yang selalu kamu kunci dan menanggungnya sendirian. Minta tolong serta bimbingan kepada tuhan kamu, karena sesungguhnya tuhan akan selalu memberikan petunjuk yang baik.

Belajar Mengontrol Pikiran dan Emosi

Kebanyakan orang yang mengalami depresi dan stres akibat pikiran pasti akan menjadi lebih sensitif. Apalagi untuk kamu yang memiliki sisi tempramental yang membuat kamu susah dalam mengendalikan emosi sangat susah untuk dihilangkan hanya dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Belajarlah perlahan-lahan untuk tidak peduli dengan apa yang orang lain katakan tentang kekurangan kamu, jangan diambil masuk kedalam hati yang nantinya menyakiti perasaan kamu. Toh, mereka tidak tahu apapun tentang diri kamu yang sebenarnya jadi jangan khawatir dan terlalu dipikirkan.

Lalu belajar juga untuk mengendalikan emosi kamu agar tidak meledak-ledak dan membuat diri serta pikiran kamu makin kacau. Dengan cara kamu duduk terlebih dahulu tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan secara berulang-ulang kali sampai diri kamu merasa tenang kembali.

Menulis Diary atau Buku Harian

Jangan berpikir cara ini sangat kuno ya! Justru dengan kamu menulis diary di buku harian kamu dapat membantu hati serta pikiran menjadi plong, lho. Dengan kamu menuliskan semua apa yang kamu rasakan ke dalam buku diary, secara tidak langsung kamu mengeluarkan unek-unek yang selama ini selalu dipendam sendirian.

Menceritakannya dalam bentuk tulisan itu bukan suatu hal yang salah dan kekanak-kanakan. Hal itu justru membantu kamu mengetahui sudah sejauh mana diri kamu berkembang lewat tulisan yang sering kamu curahkan kedalam buku dikala kamu merasa sedih atau stres bahkan bisa juga saat kamu merasa senang.

Secara tidak langsung menuliskan semua apa yang kamu rasakan selama ini, hal itu membuat diri kamu lebih terbuka dengan perasaan kamu yang sebenarnya, dapat memahami dengan lebih mendalam lagi mengenai diri kamu sendiri dan mengenal bagaimana sosok kamu yang sebenarnya tanpa kamu sadari.

Mendengarkan Musik

Bermusik sudah menjadi kesenangan bagi setiap orang. Karena musik adalah bagian dari kehidupan kamu yang dapat menggambarkan setiap perasaan yang sedang kamu rasakan secara tidak langsung. Tapi untuk kamu yang mengalami stres dan depresi jangan malah mendengarkan musik-musik yang melow ya!

Hal itu hanya akan membuat kamu larut lebih dalam kepikiran kamu yang sedang runyam dan hanya akan menambahkan emosi yang berlebihan sehingga membuat kamu merasa makin putus asa! Play musik yang dapat merilekskan pikiran kamu, seperti musik instrumen piano yang dapat menenangkan hati serta pikiran.

Melakukan Hal yang Disukai

Dengan mencari kesibukan untuk menyibukan diri, hal itu membantu pikiran kamu dapat teralihkan. Sehingga stres dan depresi yang kamu alami perlahan-lahan berkurang dengan melakukan berbagai kesibukan. Mulailah untuk melakukan apapun itu yang kamu sukai seperti bermain game, bernyanyi, menggambar dan lain sebagainya.

Hal itu akan membuat diri kamu lebih merasa senang dengan melakukan berbagai hal yang kamu sukai sehingga kamu tidak akan larut ke dalam pikiran kamu yang hanya membuat stres serta depresi. Hati menjadi lebih tenang, menyenangkan, semua masalah akan terlupakan begitu saja.

Lakukan Olahraga Setiap Harinya

Ayo jangan malas untuk melakukan aktivitas! Dengan kamu mengisolasi diri dikamar tidak akan membuat kamu jadi lebih baik. Tidak akan ada kemajuan dalam diri kamu, jika kamu ingin benar-benar berubah ayo bangkit! Keluar dari zona nyaman mu itu yang mengikat kamu untuk berdiam di tempat.

Mulailah dengan selalu bangun pagi-pagi pergi olahraga keluar rumah, nikmati segala hembusan udara segar yang dapat membuat kamu lebih rileks. Capekan fisik kamu dengan berolahraga, gerakan badan kamu dengan olahraga. Hal itu akan membuat diri kamu menjadi fresh dan semangat kembali.

Memikirkan Hal yang Positif

Buang pikiran negatif kamu! Gantilah dengan selalu memikirkan hal-hal yang positif dan berguna bagi kehidupan kamu. Jika kamu selalu tersirat pikiran-pikiran yang menjadi stres langsung hapus dan alihkan serta sadarkan diri kamu untuk segera memikirkan hal-hal yang baik.

Mulailah berpikir hal yang positif dan carilah tujuan hidup kamu untuk kedepannya. Supaya mendorong diri kamu untuk lebih semangat lagi dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang. Jadikan ini sebuah ujian untuk menjadi bekal di masa depan yang kehidupannya pasti akan lebih berat.

Jangan Begadang

Apa Sih yang kamu lakukan disaat lagi stress tapi malah begadang? Kamu mau nyari penyakit? Tolonglah untuk sayangi diri kamu walau hanya sedikit saja untuk tidak melakukan begadang. Jika kamu selalu begadang yang ada pikiran-pikiran makin menumpuk dan membuat kamu makin stres.

Mengundang untuk kamu menjadi overthinking, sehingga kamu hanya akan ribut dengan pikiran kamu sendiri sampai lelah. Ayolah untuk memulai tidur tepat waktu dibawah jam 10, setidaknya akan mengurangi terjadinya stres dan depresi akibat memikirkan banyak hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan.

Lakukan Butterfly Hug

Disaat kamu sedang lelah, membutuhkan support agar kamu bisa bangkit dari kesedihan yang menyelimuti kamu, namun tidak ada seorangpun disisi kamu yang dapat menemani hari-hari yang sulit kamu lewati. Kamu bisa melakukan butterfly hug ini kepada diri kamu sendiri agar merasa lebih tenang.

Butterfly hug adalah gerakan seperti saat kamu memeluk diri kamu sendiri, dengan cara menyilangkan tangan kamu ke bahu seperti sedang memeluk lalu kamu tepuk-tepuk bahu kamu dengan mengatakan kata-kata yang positif seperti “kamu sudah bekerja keras”,  “tidak apa-apa kamu pasti bisa”

Konsultasi ke Psikiater

Cara yang satu ini memang cara yang tepat! Jika kamu memang sudah tidak bisa melakukannya sendiri dan membutuhkan bantuan dari seorang ahli, kunjungilah dokter psikiater yang dekat di sekitar rumah kamu. Kamu bisa melakukan konsultasi kepadanya dan dapat memberikan kamu arahan secara langsung.

Kamu juga akan disuruh bercerita apa saja yang membuat diri kamu merasa begitu berat untuk dihadapi. Lalu kamu akan diberikan beberapa arahan dan terapi agar mental dan pikiran kamu dapat pulih kembali. Sehingga kamu akan merasakan mental kau kini kian membaik dan merasa lebih nyaman dalam menjalani kehidupan.

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Yang terakhir ini adalah poin yang paling penting dan wajib kamu lakukan! Berdamai dengan diri kamu sendiri merupakan hal yang penting agar kamu dapat menerima segala kelebihan dan kekurang yang ada dalam diri kamu. Mencintai diri kamu lebih dalam lagi serta mengetahui betapa berharganya kamu.

Walaupun berdamai dengan diri sendiri itu sangat sulit dan butuh waktu yang cukup lama, kamu bisa lakukan dari hal-hal terkecil dulu kok! Seperti lebih percaya diri akan potensi yang ada didalam diri kamu, tidak peduli apapun yang dikatakan orang mengenai keburukan atau kekurangan kamu.

Itulah beberapa cara mengatasi pikiran stres dan depresi yang bisa kamu mulai lakukan dari sekarang. Selalu konsisten dan terapkan dalam kehidupan kamu agar pikiran kamu tetap sadar disaat merasakannya kembali. Jangan berbuat hal-hal yang membahayakan kamu ya! Apalagi sampai terpikir untuk mengakhiri hidup.

Jangan rusak mental kamu dengan pikiran-pikiran yang tidak jelas dan belum tentu terjadi, itu hanya akan membebani diri dan pikiran kamu lebih runyam lagi. Tetap semangat dalam menjalani hidup kamu dan jangan menyerah begitu saja sebelum kamu berusaha sampai berhasil. Goodluck! and love yourself.