Wednesday, 17 Jul 2024

Inilah Aplikasi YouTube Tanpa Iklan Untuk Android dan iPhone

5 minutes reading
Sunday, 25 Jun 2023 23:34 0 265 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Banyak aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone yang bisa kita dapatkan dengan mudah, akan tetapi apa saja aplikasi tersebut dan perbedaan dari masing-masing aplikasi tersebut? Berikut ini ulasan lengkap tentang aplikasi yang bisa digunakan dan dipilih sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Aplikasi YouTube Tanpa Iklan Untuk Android dan iPhone

Inilah Aplikasi YouTube Tanpa Iklan Untuk Android dan iPhone

Sebelum kita mengetahui perbedaan dari masing-masing aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone, sebaiknya kita ketahui dulu penyebab YouTube menayangkan iklan. Youtube merupakan sebuah platform online yang memberikan kemudahan kepada pengunjungnya untuk dapat menyimpan video yang bisa di konfigurasikan untuk dapat ditonton oleh siapa pun.

Video yang terdapat pada Youtube pun terdiri dari berbagai jenis seperti konten tentang musik, tutorial ataupun sekedar vlog dan lainnya. YouTube juga memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk menghasilkan pendapatan dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui iklan. Bagi pengguna smartphone Android maupun iPhone, tentunya iklan ini terkadang membuat lambat dan juga memakan quota tambahan.

Tentunya bila kita menggunakan aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone, iklan yang mengganggu tersebut akan hilang, namun pendapatan dari kreator atau pemilik video pun akan berkurang. Jadi meskipun kita telah mengetahui aplikasi tersebut, sebaiknya jangan terlalu sering digunakan agar kreator konten YouTube tetap semangat upload video-video terbarunya.

TubeMate

Inilah Aplikasi YouTube Tanpa Iklan Untuk Android dan iPhone

Daftar pertama aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone adalah TubeMate, namun sebelum membahas lebih lanjut perlu diketahui bahwa TubeMate saat ini hanya tersedia untuk Android. TubeMate merupakan aplikasi yang tersedia secara gratis dan dapat di download dengan mudah melalui link yang tersedia di halaman web resminya.

TubeMate selain dapat dipergunakan sebagai aplikasi yang dapat menayangkan video dari YouTube tanpa iklan, ternyata memiliki fitur lainnya yaitu pilihan untuk mendownload video untuk dapat lihat secara offline. Fitur ini tentunya sangat menguntungkan karena video dapat dilihat berulang-ulang tanpa harus menggunakan quota internet.

Bila ingin mendapatkan TubeMate maka harus mendownloadnya dari toko aplikasi selain Google Play Store seperti APKMirror, uptodown, aptoide dan lainnya, sebab aplikasi ini sudah tidak lagi tersedia di Google Play Store. Berikut ini adalah cara download dan memasang TubeMate pada perangkat kamu.

  1. Buka APKPure.com dan cari “TubeMate Video Downloader
  2. Tekan tombol Download APK untuk mulai download
  3. Setelah proses download selesai, buka file APK dan mulai proses instalasi
    Jika ini adalah pertama kalinya kamu menginstal aplikasi dari lokasi selain Play Store, buka Pengaturan perangkat Anda > Keamanan dan aktifkan “Sumber Tidak Dikenal” sebelum melanjutkan.
  4. Setelah penginstalan selesai, selanjutkan kamu tinggal jalankan dan nikmati TubeMate Video Downloader di perangkat kamu.

AdLock

Aplikasi selanjutnya adalah AdLock yang merupakan aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone yang juga tersedia versi Windows dan Mac, seluruh versi dari AdLock dapat di download melalui situs resmi AdLock. Sama seperti TubeMate, aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store namun masih tersedia pada App Store.

Sama halnya seperti TubeMate, bila ingin mendapatkan aplikasi YouTube tanpa iklan untuk Android dan iPhone termasuk yang ingin memasangnya pada Mac dan Windows bisa langsung mendownloadnya melalui situs resminya. Berikut ini adalah cara memasang aplikasi AdLock untuk perangkan Android dan iPhone:

  1. Buka halaman resmi adlock.com kemudian pilih menu “Download” yang ada di bagian atas websitenya
  2. Silahkan pilih platform Android atau iPhone sesuai dengan perangkat yang digunakan
  3. Untuk pengguna iPhone maka link akan segera menuju ke App Store dan proses installasi bisa dilanjutkan seperti biasa;
  4. Khusus untuk Android, maka setelah menekan “Download” pada bagian “AdLock For Android” maka proses download file APK akan dilakukan;
  5. Sebelum melakukan installasi pertama-tama kamu harus memberikan izin instalasi dari sumber yang tidak dikenal. Arahkan ke “Pengaturan” dan pilih “Keamanan atau Aplikasi” dan ikuti langkah sederhana yang disarankan oleh perangkat kamu.
  6. Setelah memberikan izin installasi, maka selanjutnya silahkan tekan dua kali file APK yang di download untuk memulai proses installasi.

Browser dengan built-in AdBlock (Opera Mini/Brave)

Yang selanjutnya dari aplikasi youtube tanpa iklan untuk Android dan iPhone adalah browser yang menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan, beberapa browser telah memberikan fitur built-in AdBlock atau fitur pemblokir iklan yang terintegrasi langsung dengan browser. Browser yang bisadigunakan untuk menonton youtube tanpa iklan untuk Android dan iPhone antara lain:

  1. Opera Mini
  2. Yandex Browser
  3. Avast Secure Browser
  4. UR Browser
  5. Brave Browser

Selain dari kelima browser tersebut, tentunya masih banyak browser yang memiliki fitur tersebut. Namun kali ini kita akan mencoba membagikan cara menggunakan built-in AdBlock pada Opera (khususnya Opera Mini) dan juga Brave browser yang secara umum memiliki jumlah pengguna yang cukup  banyak.

Untuk mengaktifkan AdBlock pada browser Brave caranya cukup mudah, kamu cukup klik ikon logo Brave lalu tekan “Block ads-and tracking”, indikator aktif atau tidaknya AdBlock pada browser Brave dapat dilihat dengan menyala atau menunjukan warna orange pada logo Brave sebagai simbol AdBlock aktif dan warna abu-abu apabila AdBlock tidak aktif

Sedangkan untuk browser Opera bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Tekan ikon Opera di pojok kiri bawah aplikasi untuk dapat mengakses pengaturan dalam aplikasi
  2. Tekan “Ad blocking” untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pemblokir iklan, atau “Setting” untuk mengelola pengaturan pemblokir iklan.
  3. Di pengaturan, pilih label opsi ketiga “Ad blocking” untuk mengelola pengaturan pemblokir iklan atau penggeser untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pemblokir iklan.

Itulah beberapa cara dan aplikasi youtube tanpa iklan untuk Android dan iPhone yang bisa digunakan agar bisa menonton video YouTube tanpa terganggu dengan iklan, namun perlu diingat bahwa konten kreator membutuhkan pemasukan dari iklan yang ditayangkan. Jadi sebaiknya untuk tidak selalu menggunakan AdBlock aplikasi youtube untuk Android dan iPhone bila tidak terlalu dibutuhkan.