Monday, 17 Jun 2024

Penyebab Kelopak Mata Berlipat-Lipat dan Cara Mengatasinya

7 minutes reading
Monday, 26 Jun 2023 17:28 0 507 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Merasa tidak percaya diri dengan lipatan kelopak mata yang berlipat-lipat? Dan tidak tahu apa sih penyebab kelopak mata berlipat-lipat?, mari simak hal ini bersama-sama.

Bagi semua orang penampilan itu sangatlah penting, terutama bagi para wanita. Bagi mereka hal itu sudah menjadi kewajiban untuk bisa tampil sebaik mungkin, mulai dari atas sampai bawah harus terlihat sempurna.

Tubuh yang terawat dengan berbagai cara untuk mendapatkan body goals yang orang-orang idamkan, rela untuk mengeluarkan biaya berapa pun demi melakukan treatment di klinik-klinik kecantikan. Ada juga yang melakukan rutin dengan berolahraga dan mengkonsumsi vitamin setiap hari nya.

Wajah adalah bagian utama yang sering kali diperhatikan dan dirawat sebaik mungkin. Bagi para wanita kebanyakan wajah itu sudah mereka anggap sebagai aset terpenting dalam hidupnya, dan tidak akan segan untuk melakukan berbagai cara agar mempunyai wajah yang cantik. Bahkan mereka banyak juga yang melakukan operasi plastik demi mendapatkan hal itu.

Berbicara perihal wajah, mata adalah salah satu bagian yang menjadi daya tarik seseorang. Bagaimana tidak? karena mata adalah salah satu yang pastinya pertama kali dilihat, mau itu sedang berbicara dengan seseorang pasti kita harus menatapnya agar terlihat sopan saat berkomunikasi.

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai mata yang bagus dan menarik perhatian? tentu saja banyak yang menginginkannya bukan?

Tapi sebelum itu apa sih maksud dari mata yang terlihat bagus dan menarik itu? Dan apa saja penyebab kelopak mata berlipat-lipat kamu bisa mengetahuinya dibawah ini.

Penyebab Kelopak Mata Berlipat-Lipat

Penyebab Kelopak Mata Berlipat-Lipat dan Cara Mengatasinya

Sering kali orang-orang merasa dirinya tidak menarik karena mempunyai lipatan mata yang berlipat-lipat. Memangnya mata yang terlihat bagus itu seperti apa sih?

Ada banyak sekali orang-orang mengatakan bahwa mata yang bagus itu yang memiliki lipatan di bagian kelopak sehingga menimbulkan efek melengkung yang menghiasi bagian mata.

Adapun yang mengatakan mata yang terlihat sipit, tidak mempunyai lipatan mata itu menarik karena saat tersenyum mereka yang mempunyai mata sipit akan cenderung menutup seperti hal nya kita sedang memejamkan mata, dan itulah yang menjadi daya tarik nya.

Adapun penyebab kelopak mata berlipat-lipat yang sering kali jadi permasalahan dalam penampilan, yaitu:

Faktor Genetik

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Yang dimana penyebab kelopak mata berlipat-lipat karena adanya turunan dari genetik.

Kelainan genetik saat lahir seperti sindrom down juga dapat mempengaruhi bentuk mata kita.

Pembengkakan Pada Kelopak Mata

Mengalami pembengkakan bisa terjadi karena infeksi, alergi, atau bahkan iritasi pada mata yang menyebabkan mata mengalami luka atau merasa gatal sehingga kita sering kali mengucek nya tanpa sadar akan hal itu, yang dapat menyebabkan iritasi mata dan menimbulkan efek lipatan mata yang berlipat-lipat.

Untuk menghindari hal itu coba untuk melakukan pengompresan dengan menggunakan air dingin atau es batu yang dibungkus oleh kain, lalu mengompresnya di bagian mata yang bengkak. Dan hindari bermain gadget menatap layar terlalu lama, mengenakan penutup kepala saat cuaca sedang panas.

Melemahnya Otot Tendon

Tendon adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan otot dengan tulang. Setiap otot mempunyai tendon di ujung-ujungnya, termasuk otot tendon pada mata.

Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia yang mengakibatkan otot tendon dan urat di bawah mata kita kian melemah, berbeda saat kita masih remaja atau kanak-kanak yang dimana masih tegang dan kuat.

Mengatasi hal ini kita bisa merawatnya mulai dari usia 20-an dengan memakai produk anti-aging, cream mata atau perawatan mata pada umumnya. Kita juga bisa mengompresnya  menggunakan kantung teh chamomile jika ingin secara alami dan hemat budget.

Kurang Tidur

Sering kita lewatkan bahwa dengan kurang nya waktu tidur kita juga dapat menyebabkan mata kita lelah, dan menimbulkan lipatan mata yang baru bahkan bisa saja menjadi kendur akan hal ini.

Apalagi dengan kurang nya tidur disebabkan karena sering begadang dan bermain game berjam-jam hingga lupa waktu akan banyak menimbulkan berbagai macam keluhan di mata.

Mata menjadi minus, area kantung mata menjadi terlihat lebih gelap, seringnya terpapar blue light dan radiasi yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah di mata.

Bell’s Palsy

Kelumpuhan pada wajah akibat bell’s palsy tentu menjadi salah satu penyebabnya, karena melumpuhkan saraf yang mengontrol otot-otot di wajah, termasuk pada kelopak mata juga.

Mengalami Trauma Atau Luka Pada Kelopak Mata

Luka di kelopak mata yang disebab oleh banyak hal seperti cedera saat operasi, terkena pukulan pada bagian mata, dan pertumbuhan kelopak mata yang jinak atau disebabkan oleh kanker dapat menyebabkan kelopak mata terkulai dan terlipat keluar. Sehingga membentuk lipatan mata di area kelopak.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab Kelopak Mata Berlipat-Lipat?

Penyebab Kelopak Mata Berlipat-Lipat dan Cara Mengatasinya

Tidak usah risau dan khawatir akan hal itu, kita dapat menanganinya dengan berbagai cara. Entah itu dengan alami maupun dengan adanya campur tangan dari dokter.

Dengan cara alami kita bisa melakukan hal berikut:

Menggunakan Anggur

Anggur termasuk buah-buahan yang banyak sekali manfaat nya, termasuk untuk mata. Biji pada anggur memiliki kandungan polifenol, yang dimana polifenol ini punya senyawa yang dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti pada wajah, dapat menghilangkan atau menyamarkan kerutan-kerutan halus diwajah yang dapat mengencangkan kulit di bagian samping mata juga agar senantiasa tetap kencang tidak mengendur, dan juga dapat menghilangkan bintik hitam di wajah akibat paparan cahaya matahari.

Menggunakan Putih Telur

Selain anggur, ternyata menggunakan putih telur juga bisa lho! lantas bagaimana caranya? caranya kita bisa membuat masker dari putih telur ini lalu di oleskan pada wajah dan area samping mata, jika tidak suka dengan bau nya kamu bisa mencampurkan sedikit perasan jeruk nipis agar tidak bau amis.

Putih telur juga mengandung banyak vitamin terutama untuk kulit kering, juga mengatasi kerutan-kerutan di sekitar mata dan kulit wajah. Kamu juga dapat mengencangkan kulit wajah dengan bantuan masker putih telur ini.

Masker Mata Pakai Mentimun

Menggunakan mentimun yang di iris-iris tipis lalu diletakan pada area kelopak mata juga dapat membuat mata kita lebih rileks dan fresh. Hal ini yang membuat mata kita merasakan sensasi calming dan tidak lelah akibat terlalu sering menggunakan handphone atau. disebabkan oleh stres.

Di kompres Dengan Es Batu

Sama hal nya dengan mentimun, menggunakan es batu dengan cara di kompreskan juga dapat menyegarkan, mengencangkan area kelopak mata dan merileks kan mata kita.

Menjalani Olahraga Secara Rutin

Ini adalah point yang sangat penting, selain baik dan sehat untuk tubuh kita melakukan olahraga rutin dapat membuat mata kita sering merasakan udara yang segar saat di pagi hari. Hal itu dapat membuat mata kita tidak stres.

Perawatan di Klinik Kecantikan

Walau kita melakukan hal itu dengan cara alami, alangkah baiknya kita juga konsultasi ke dokter agar mendapatkan arahan dan perawatan langsung dari dokter. Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan kita bisa menghilangkan kelopak mata yang berlipat-lipat secara instan dengan hasil yang maksimal karena ditangani langsung dengan dokter spesialis yang handal.

Tetapi apakah kalian tahu? didunia ini ternyata banyak sekali berbagai macam bentuk mata, lho! kita juga harus mengenali bentuk mata kita agar lebih memahami apa gaya yang cocok dan apa yang bagus saat kita ingin merias di bagian mata.

Beberapa Bentuk Mata Yang Perlu Kita Kenali

Terdapat berbagai macam bentuk mata, diantaranya:

Monolid Eyes

Jenis ini sering kali disebut dengan istilah mata sipit, yang dimana bentuk mata ini ditandai dengan tidak mempunyai lipatan mata atau hanya ada sedikit garis lipatan di kelopak mata namun tidak menonjol. Biasanya mata jenis ini dimiliki oleh kebanyakan orang Asia.

Double Eyelids

Nah untuk jenis mata ini justru kebalikannya dari monolid, dia memiliki lipatan mata yang terlihat prominen. Jenis bentuk mata ini ternyata dibagi dalam beberapa tipe lho! , yaitu:

Round Eyes

Menentukan tipe mata ini bisa kita lihat dengan cara cukup arahkan pandangan mata lurus kedepan, bila bagian mata putih terlihat di bawah iris mata maka kamu memiliki bentuk mata yang bulat.

Almond Eyes

Tipe ini justru kebalikannya dari round eyes, orang yang memiliki mata almond eyes tidak memiliki bagian putih yang terlihat dibawah iris mata. Yah secara simple mata ini menyerupai almond.

Hooded Eyes

Hooded Eyelid mempunyai bentuk mata yang memiliki lipatan mata, namun tidak terlihat jelas atau terlipat kedalam saat kamu membuka mata.

Downturned Eyes

Kamu cukup membayangkan ada garis lurus membentang sepanjang mata kamu dan jika ujung luar mata kamu menurun ke bawah, berarti mata kamu adalah tipe Downturned Eyes.

Menarik bukan? kita bisa mengetahui bentuk dan tipe apa mata kita, sehingga kita bisa lebih mengenali lebih dalam perihal diri kita sendiri.

Sekarang kamu bisa menentukan gaya riasan apa yang cocok untuk mata kita dan saat kita ingin memakai kacamata, kita bisa menentukan bentuk kacamata apa yang cocok dan bagus di mata kita.

Tapi dari semua itu ada hal yang lebih penting, apapun dan bagaimanapun bentuk mata kita Mata mu lah yang paling indah. Selalu bersyukur dengan apa yang kamu punya dan selalu percaya diri ya!