Wednesday, 17 Jul 2024

Aturan Minum Air Putih Untuk Diet

6 minutes reading
Thursday, 17 Aug 2023 18:43 0 198 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bila kamu sedang menjalani program diet, maka kamu harus mengetahui aturan minum air putih untuk membantu program diet kamu bekerja secara maksimal. Dengan mengkonsumsi air dengan cara yang baik dan tepat sesuai aturannya maka kamu dapat menurunkan berat badan secara alami dan sehat juga. Namun, ada beberapa aturan yang harus kamu pahami sebelum melakukannya. 

Banyak jenis diet yang bisa kamu coba dan praktikan, salah satunya adalah water fasting. Diet water fasting ini dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan hanya dengan mengkonsumsi air saja. Namun, diet ini juga terbilang cukup ekstrims sehingga tidak dianjurkan bagi beberapa golongan orang, diantaranya para pemula.

Aturan Minum Air Putih Untuk Diet

Aturan Minum Air Putih Untuk Diet

Untuk mendapatkan badan ideal, banyak cara yang dapat dilakuakan selain olaharaga, yaitu dengan melakukan diet. Salah satunya adalah diet air putih, yang menjadi salah satu jenis diet yang banyak diminati orang-orang, hal ini dikarenakan penurunan berat badan dengan diet water fasting sangatlah cepat membuat seseorang kurus.

Selama menjalani diet air putih ini kamu tidak akan mendapatkan asupan kalori apapun, kamu hanya boleh mengonsumsi air putih saja. Sehingga hal inilah yang dapat membahayakan keadaan pelaku dietnya. Meskipun begitu jika dilakukan secara benar dan memperhatikan aturan minum air putih untuk diet, hasilnya akan sempurna dan memuaskan juga.

Sebelum melakukan diet ini, alangkah baiknya kamu untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Karena memang diet air putih tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Jika kamu sudah mendapatkan izin dari ahlinya, maka kamu dapat memulai diet air atau water fasting ini dengan memperhatikan beberapa hal.

Berikut kami sudah merangkum beberapa aturan yang harus kamu jalankan untuk diet minum air putih. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai ancaman yang disebabkan dengan pola diet yang tidak baik dan benar.

  • Pertama, jika kamu tengah menjalani diet air putih, kamu cobalah berlatih terlebih dahulu. Kamu dapat memulai dengan mengurangi porsi makan kamus secara bertahap selama 3 hingga 4 hari kedepan sebelum memulai diet water fasting ini. Sehingga kamu dapat terbiasa dan mulai terbentuk saat melakukan program diet air putih.
  • Hindarilah menjalani diet water fasting ini dalam jangka yang panjang. Kamu disarankan untuk melakukan diet air putih hanya 3 hingga 4 hari saja. Lebih Dari anjuran hari tersebut kamu dilarang untuk melakukannya. Hal ini akan menyebabkan gangguan kesehatan alma jangka panjang. Aturan satu ini wajib kamu patuhi.
  • Saat kamu menjalani program diet air putih, kamu disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Jika sebelumnya kamu hanya mengkonsumsi air sebanyak 2 liter, maka saat menjalani diet air putih kamu disarankan mengonsumsi 3 hingga 4 liter air per harinya. Hal ini dilakukan untuk mengganti asupan makanan yang tidak kamu terima selama masa diet air putih berlangsung.
  • Hindarilah mengoperasikan alat berat ataupun mengemudikan kendaraan. Salah satu efek dari diet air putih alaha kondisi yang akan membuat kamu lemas dan pusing yang dipicu aktivitas yang terhitung berat. Karenanya kamu hanya mendapatkan asupan air saja tanpa kalori harian dari makanan. Maka, pastikan kamu emnjalani prograam diet dnegan mempertimabnagkan kondisi kesehatand na aktivtas harian kamu.
  • Jangan melakukan aktivitas olahraga selama menjalani diet air putih. Hal ini karena kondisi tubuh yang memiliki jumlah energi yang terbatas,sehingga jika melakukan olahraga kamu bisa collapse.
  • Jika kamu sudah melakukan diet air putih ini dengan sempurna, kamu menyarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi yang besar. Mulailah Dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, kemudian tingkatkan porsinya secara bertahap dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari kedepan.
  • Diet water fasting hanya boleh dilakukan selama 24 hingga 72 jam kedepan dan diikuti oleh fase refeeding. Sehingga bagi kamu yang baru pertama kali mencoba diet air putih ini  membutuhkan persiapan selama 3 hingga 4  hari seperti berpuasa.

Itulah aturan dalam menjalani program diet air putih, untuk mempermudah dan menjaga program diet kamu lebih lancar. Jika dalam beberapa kondisi kamu merasa sudah tidak kuat namun tidak ingin diet kamu gagal maka kamu bisa menyelinginya dengan mengonsumsi jenis buah-buah yang kaya akan air dan mineral seperti buah pir atau buah apel saja.

Manfaat Dari Diet Air Putih

Setelah mengetahui aturan dalam melakukan diet air putih, kamu pasti akan memeperimbanagkannya matang-matang karen diet satu ini memang masuk kategori diet yang cukup ekstrim. Namun, ada manfaat yang bisa kamu dapatkan selain penurunan berat badan yang drastis. Mulanya kamu akan kehilangan atau jumlah air dan cadangan karbohidrat di otot akan berkurang. Namun, pada hari kedua akan terjadi proses pemecahan lemak dalam tubuh dan seterusnya.

Berikut beberapa manfaat dari program diet air putih yang kamu dapatkan :

  • Membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan darah rendah
  • Membantu proses peremajaan pada tubuh
  • Mengurangi resiko munculnya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kanker hingga penyakit jantung.
  • Mengurangi kadar stress.
  • Mendetoks tubuh lebih cepat, sehingga membuat racun dalam tubuh.

Diet Minum Air Putih Dilarang!

Dalam melakukan diet minum air putih ada beberapa jenis orang yang tidak boleh melakukannya. Hal ini terkait dengan kondisi dan keadaan seseorang yang dapat menimbulkan maslaah kesehatan lebih lanjut jika melakukan diet air putih. Berikut beberapa kondisi seseorang yang tidak boleh melakukan diet air putih atau water fasting.

  • Seseorang yang memiliki gangguan makanan itu eating disorder.
  • Seseorang yang memiliki beran badan dibawah rata-rata sesuai usianya.
  • Seseornag yang sedang hamil.
  • Seseorang yang menyusui.
  • Seseorang yang memiliki masalah pada jantungnya.
  • Seseorang yang memiliki diabetes tipe 1 dan tipe 2.
  • Seseorang yang memiliki migrain yang tidak terkendali.
  • Seseorang yang tengah menjalani fase transfusi darah
  • Seseorang yang tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Seseorang yang memiliki anemia.

Hal tersebut dikarenakan diet air ini akan membuat kondisi tubuh kamu tidak memiliki gizi esensial pada tubuh. Maksudnya gizi essentials sendiri meliputi lemak, protein dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sehingga hal ini dapat memacu kinerja otak hingga fisik yang akan berkurang atau lambat, begitupun pada beberapa organ dalam tubuh.

Dengan demikian bagi kamu yang memiliki kendala seperti migrain hal ini akan memicu migrain kamu secara kronis. Bahkan ada beberapa efek samping seperti mengganggu konsentrasi haria kamu, sulitnya mencerna informasi, seringnya kebingungan, mudah emosi hingga rentang berhalusinasi.

Maka, sebelum melakukan diet air putih kamu harus memahami aturan dan beberapa cara yang harus dilakukan guna menjalani diet air putih ini dengan baik dan benar. Demikian pembahasan mengenai aturan dalam melakukan diet minum air putih, untuk menghindari kesalahan dalam program diet yang merugikan fisik dan kesehatan organ dalam kamu.