Monday, 17 Jun 2024

8 Jam Olahraga Yang Baik Untuk Diet

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 19:44 0 169 Muti Karya

Nesiaverse.com – Saat kamu melakukan program diet, jam olahraga yang baik menjadi salah satu hal yang akan menentukan keberhasilan diet kamu. Program diet sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan guna untuk menurunkan berat badan. Selain melakukan diet olahraga merupakan salah satu hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam program dietnya. Selain mengatur porsi makan, kamu juga harus mengetahui cara berolahraga yang tepat. 

Diet tanpa olahraga merupakan suatu hal yang sia-sia. Maka, lakukanlah diet disertai dengan olahraga. Dengan melakukan olahraga tidak hanya kesehatan tubuh yang kamu dapatkan saja, namun kamu akan membantu pembakaran lemak dan kalori pada tubuh. Sehingga nantinya akan mempercepat proses penurunan berat badan dalam program diet kamu.

Jam Olahraga Yang Baik Untuk Diet 

Jam Olahraga Yang Baik Untuk Diet

Dengan mengontrol pola makan dan kam olahraga yang baik untuk program diet, merupakan dua hal yang sangat penting. Kedua hal tersebut merupakan salah satu kunci utama diet yang sehat. Dengan melakukan olahraga setiap harinya, kamu dapat menurunkan berat badan dengan optimal. Dalam melakukan kegiatan olahraga kamu harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah waktu yang baik untuk berolahraga. 

Dalam sebuah studi dikatakan, bahwa jam olahraga yang baik untuk melakukan diet adalah di pagi hari. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme yang dapat membantu proses pembakaran kalori sepanjang harinya. Menurut studi di Medicine and Science in Sports and Exercise, mengatakan bahwa perempuan yang berjalan selama 45 menit di pagi hari mampu mengontrol makanan pada waktu jam makan siang. 

Dengan begitu kamu membutuhkan jam dan waktu yang tepat untuk berolahraga di pagi hari. Setiap orang yang ingin memiliki berat badan yang ideal harus melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan yang tepat. Dengan bantuan melakukan olahraga pada jam pagi akan mempermudah kamu menurunkan berat badan karena proses pembakaran kalori dalam tubuh seharian. 

Selain itu kamu juga harus menentukan jenis olahraga yang akan dilakukan. Olahraga yang mana cocok untuk menurunkan berat badan di rumah. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan pada jam yang baik untuk diet yaitu di pagi hari. 

Jogging

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang mampu menurunkan berat badan dengan baik. Kegiatan joging ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan cocok dilakukan oleh siapa saja. Kamu tidak membutuhkan perlengkapan atau peralatan khusus. Kamu hanya perlu menggunakan sepatu dan pakaian yang tentunya nyaman untuk kamu gunakan,

Jika kamu seorang pemula yang baru melakukan diet, maka kami anjurkan untuk melakukan jogging selama 20 hingga 30 menit perhatinya. Setelah itu kamu bisa meningkatkan durasinya menjadi 30-45 menit . Jogging sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dapat membakar kalori dalam tubuh, yaitu 300 hingga 370 kalori dalam jangka waktu 30 menit. Hal ini bergantung pada kecepatan yang bisa kamu lakukan. 

Berenang

 Berenang adalah satu jenis olahraga yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Kamu bisa melakukan aktivitas olahraga ini pada siang maupun sore hari. Mengutip dari artikel Harvard Health, kegiatan berolahraga renang ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan membakar kalori sebanyak 298 kalori menggunakan gaya renang punggu, kemudian membakar 372 kalori dengan renang gaya dada dan 409 kalori yang terbakar dengan menggunakan gaya renang kupu-kupu. 

Sehingga bagi kamu yang ingin menjalankan aktivitas olahraga dengan menyenangkan sekaligus membakar kalori dalam tubuh, bisa mencoba melakukan renang secara rutin. Kau bisa melakukannya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Aktivitas olahraga berenang juga baik untuk kesehatan pernafasan, karena kamu akan terlatih nantinya. Pastikan tidak berenang pada malam hari.

Lompat Tali

Olahraga satu ini bisa kamu lakukan dirumah, sehingga bisa dilakukan kapan saja dan jamnya yang fleksibel. Kau bisa melakukan olahraga lompat tali ini dengan intensitas yang rendah dna memiliki jeda waktu untuk beristirahat. Kamu bisa melakukan lompat tali dengan durasi 30 menit, hal ini dapat membantu membakar jumlah kalori tubuh kebanyakan 281 kalori. Kemudian jika kamu melakukan aktivitas olahraga lompat tali dengan intensitas atau waktu yang lebih lama, kamu dapat membakar lebih dari 421 kalori. 

Interval Training

Interval training atau dikenal juga dengan High-Intensity interval training atau HIIT adalah salah satu jenis olahraga kardio yang intens. HIIT akan membantu kamu membakar kalori dalam waktu yang sangat singkat. Dikutip dari Journal of Strength and Conditioning Research dikatakan bahwa HIIT dapat membakar 25% hingga 30 % kalori pada tubuh dibandingkan dengan olahraga lainnya. Kamu bisa melakukan HIIT dengan intensitas 10 hingga 30 menit. Kamu bisa mencari video dalam melakukan HIIT di youtube, misalnya dengan mengikuti rangkaian cardio dari Emi wong maupun Cleo Thing. 

Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas berolahraga yang menyenangkan dan terhitung ringan. Olahraga dengan jenis bersepeda ini cocok kamu gunakan untuk menurunkan berat badan. Kamu hanya perlu mengayuh sepeda selama 30 menit lamanya. Dengan melakukan olahraga bersepeda ini kamu dapat membakar kalori sebanyak 280 hingga 360 kalori banyaknya. 

Selain itu latihan yang intensif seperti menggunakan bantuan sepeda statis di gym akan membantu kamu membakar kalori 250 hingga 280 kalori dengan durasi 30 menit. Maka, olahraga satu ini cocok untuk membantumu menurunkan berat badan atau diet sehat. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang sempurna. 

Senam Aerobik

Senam aerobik dapat membantu kamu untuk membakar kalori dengan cara mengendalikan berat badan pada tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari jurnal Obesity, dikatakan bahwa 43% hingga 5,6% penurunan berat badan didapatkan dari melakukan kegiatan senam aerobik selama 5 hari. Sehingga kamu dapat melakukan pembakaran kalori mulai dari 400 hingga 600 kalori nantinya. Maka, dengan begitu kamu dianjurkan melakukan kegiatan senam aerobik untuk membantu program diet kamu.

Naik turun tangga

Terakhir ada kegiatan atau aktivitas yang mampu untuk menurunkan berat badan dengan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Bahkan dalam beberapa kasus kamu tidak menyadari bahwa sudah membakar lemak. Kegiatan naik-turun tangga sendiri dapat menghilangkan 1 kalori dalam tubuh dengan maniki 10 anak tangga saja. Maka, lakukanlah olahraga ini dengan intensitas yang sedang ,sehingga tidak terasa sedang berolahraga. 

Waktu dan Jam Melakukan Olahraga untuk Diet

U.S Department of Health and Human Services mengatakan bahwa, berolahraga setidaknya memiliki intensitas 150 menit untuk perminggunya, atau terdiri dari 30 menit setiap harinya. Jenis olahraga yang bisa kamu gunakan adalah olahraga ringan hingga olahraga sedang seperti berjalan cepat dan berenang. Kemudian kamu juga bisa mencoba olahraga dengan intensitas tinggi, dimana kamu berlari selama 75 menit per minggunya. 

Jika olahraga yang kamu lakukan memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, maka kamu dapat meningkatkan waktu dan durasi olahraganya. Selain itu kamu harus menata pola makan dan sisi menu makanan kamu. Bagi kamu yang mengalami kelebihan berat badan atau overweight, kamu dianjurkan menaikan durasi olahraga menjadi 60 menit setiap harinya atau maksimal selama 90 menit lamanya. Hal ini guna membantu meningkatkan metabolisme yang jauh lebih baik lagi. 

Demikian pembahasan mengenai jam olahraga dan jenis olahraga yang baik untuk pelaku diet. Dengan demikian kamu bisa menyesuaikan jenis atau tipe olahraga yang akan kamu lakukan dalam program dietmu. Salah satu kunci paling utama dalam melakukan diet disertai olahraga adalah konsisten.

Jika kamu melakukan aktivitas olahraga secara rutin, tentunya kamu akan mendapatkan hasil yang sempurna juga. Kau harus sabar dalam menjalani proses penurunan berat badan atau diet dibarengi dengan kegiatan olahraga penurun berat badan. Dengan begitu keinginanan menurunkan berat badan bisa tercapai dengan baik.