Monday, 17 Jun 2024

10 Buah dan Sayuran Penurun Darah Tinggi

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 19:40 0 210 Muti Karya

Nesiaverse.com – Buah dan sayuran merupakan salah satu sumber nutrisi dan energi yang baik untuk kesehatan tubuh, begitupun untuk penurun darah tinggi. Meskipun darah tinggi bukanlah penyakit, namun penangan medis dengan menggunakan obat-obatan memang sering dilakukan, guna menghindari komplikasi karena darah tinggi yang meningkat. Namun, tidak hanya obat-obatan medis saja, pasalnya kamu juga dapat memanfaatkan sumber alami seperti buah dan sayuran. 

Darah tinggi memiliki banyak faktor pemicu, umumnya datang karena kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu jenis makanan yang dikonsumsi juga akan mempengaruhi tekanan darah pada tubuh. Maka, kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya, adapun buah dan sayuran yang dapat meredakannya. 

Buah dan Sayuran Penurun Darah Tinggi

10 Buah dan Sayuran Penurun Darah Tinggi

Dikutip dari laman Kompas.com yang mana terdapat beberapa jenis buah dan sayuran penurun darah tinggi. Dalam penelitian dikatakan bahwa buah dan sayuran yang sudah diteliti ini memiliki kandungan dan khasiat yang mampu menurunkan gejala tekanan darah tinggi. Mengingat buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh. 

Buah dan sayuran penurun darah tinggi ini, menurunkan darah tinggi adalah potasium dan kalium. Ketika mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan kalium akan menyebabkan tubuh untuk melepaskan kadar natrium melalui urine. Sementara potasium ini mampu melemaskan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. 

Berikut beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat digunakan untuk penurunan darah tinggi dengan baik. 

Pisang

10 Buah dan Sayuran Penurun Darah Tinggi

Buah pertama yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi darah tinggi adalah pisang. Dalam laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USA dikatakan, bahwa satu pisang memiliki kandungan 375 miligram potasium. Dengan begitu buah pisang ini dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi. 

Karena buah-buahan yang memiliki kandungan potasium yang tinggi lebih dari 250 miligram potasium dapat mengatasi darah tinggi. Dalam mengkonsumsi pisang ini bisa kamu konsumsi secara langsung dalam bentuk buah, smoothie dan roti agar lebih nikmat lagi. 

Labu

10 Buah dan Sayuran Penurun Darah Tinggi

Berikutnya ada labu, labu merupakan buah yang mampu mneurunakan tekanan darah tinggis ecara alami dan aman. Menurut Brikho dikatakan, jika jenis labu seperti acorn, butternut, bubar dan delivata merupakan jenis labu yang kaya akan kandungan mineral potasium didalamnya. Sehingga dengan mengonsumsi labu dapat meredakan tekanan darah tinggi.

Wortel

Sayuran satu ini sangat direkomendasikan bagi penderita hipertensi, dikarenakan wortol memeiliki kandungans enyawa fenolik. Senyawa fenolik merupakan salah satu kandungan dalam sayur wortel yang memiliki sifat anti inflamasi, sehingga mampu mengurangi proses peradangan dan mengendurkan pembuluh darah yang tegang. Maka, dengan begitu wortel dapat menurunkan darah tinggi dengan cepat. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk sayuran maupun dikombinasikan dengan buah atau sayuran lainnya sehingga menjadi jus. 

Brokoli

Sayuran brokoli merupakan salah satu sayuran yangs angat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita darh tinggi. Brokoli sendiri dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, khususnya jika dikonsumsi secara rutin. Brokoli memiliki kandungan yang kaya akan mineral, didalamnya terdapat kalium, magnesium sehingga bekerja untuk menurunkana tekanan darh rendah juga. 

Selain itu brokoli juga dapat mencegah mengurangi kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah arteri. Sehingga dengan mengkonsumsi brokoli dapat membantu mencegah kamu dari  menyerang penyakit, misalnya penyakit jantung dan stroke iskemik. Konsumsilah brokoli baik dalam olahan sayur maupun dalam olahan seperti jus.

Bayam

Sayuran satu ini mamapu emnururnkaan darah tinggis ecara alami. Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan potasium yang sangat baik dikonsumsi para penderita darah tinggi. Dalam 2 porsi bayam yang mentah, terdapat kadar kalium 7 % yang dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Semnetara dalam 1 porsi bayam yang matang dna sudah diolah, kadar potasium di dalamnya adalah 18%. Kau bisa mengkonsumsi bayam menjadi salda maupun sayuran, bahkan dibuat jus, pastikan saja kamu mengkonsumsinya dengan cara olah yang sehat. 

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang dapat kamu gunakan untuk penurunan darah tinggi. Buah alpukat memiliki 975 miligram potasium. Sehingga dengan mengonsumsi alpukat dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu dalam mengonsumsi alpukat kamu bisa menambahkan bahan lainnya juga. Pastikan tidak mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan, hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi jika dikonsumsi berlebihan. Mkaa, konsumsilah alpukat dalam porsi yang tepat.

Buah Bit

Buah bir, merupakan salah satu jenis buah penurun darah tinggi, hal ini dikarenakan kandungan oksida nitrat di dalamnya. Dengan kandungan oksida nitrat di dalamnya yang dapat membantu membuka pembuluh darah. Selain itu dengan kandungan oksida nitrat ini mampu menurunkan tekanan darah. Dalams ebuah penelitian juga dikatakan bahwa dalam segelas jus nitrat saja dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam atau sehari saja. Dalam mengkonsumsi buah bit kamu bisa menjadikannya sayur atau hidangannya dalam bentuk jus sekalipun.

Buah Delima

Selanjutnya ada buah delima yang bisa kamu nikmati secara mentah maupun tidak. Kamu bisa ngonsumsinya untuk dibuat menjadi jus menemani hari-harimu. Dalam sebuah studi dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi segelas jus delima akan memberikan efek untuk menurunkan tekanan darah drama jangka pendek. Sehingga delima ini masuk ke deretan buah dan sayuran penurun darah tinggi yang aman.

Buah Kiwi

Buah kiri memiliki kandungan yang sangat baik untuk penurunan berat badan. Dalam mengkonsumsi kiwi setiap orang akan memiliki tekanan darah yang baik. Dilansir dari halaman Medical New. Kwii bekerja ama d engan apel, dimana keduanya memiliki fungsi untuk penekanannya pada ahli. Kamu dapat mengkonsumsi buah kiwi sebagai menu jus di pagi hari, sehingga kamu ternutrisi setiap hati. Dalam mengkonsumsi buah kiwi pastikan kamu tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar. Karena justru akan terjadi proses penggumpalan darah dan menimbulkan lemak berlebih.

Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan mineral di dalamnya. Selain itu semangat juga memiliki asam amino yang disebut dengan citrulline. Citrulline sendiri merupakan senyawa yang dapat membantu dan mengelola tekanan darah tinggi dalam tubuh. Citrulline sendiri merupakan kandungan dalam buah semangka yang mampu memproduksi nitric oxide yang mana merupakan gas yang memiliki kemampuan untuk mengendurkan bagian pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitasnya dalam arteri. 

Efek yang dimiliki semangka inilah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Dalam beberapa kasus juga dikatakan bahwa seseorang yang mengalami obesitas dna darah tinggi dapat mengalami penurunan tekanan darah dibagian kaki dan arteri brakialis. Dengan begitu buah semangka cocok untuk kamu konsumsi setiap hari. Pastikan saja jumlah yang kamu konsumsi tidak banyak, dan secukupnya saja. 

Itulah pembahasan mengenai jenis buah dan sayuran penurun darah dan tinggi badan. Dengan mengetahui jenis buah dan sayuran yang dapat membantu mengatasi permasalah kamu seperti darah tinggi bisa menggunakan salah satu jenis buah dan sayuran di atas.