Thursday, 18 Jul 2024

10 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

6 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 21:17 0 238 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Penderita hipertensi atau darah tinggi yang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh kebanyakan orang, nah untuk penderita hipertensi tentu saja perlu mengetahui beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi walaupun sudah mendapatkan berbagai penanganan medis, namun kamu juga perlu untuk menjaga pola makan yang sehat dan menjaga serta memilih berbagai makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan penderita darah tinggi atau hipertensi mengkonsumsi sembarangan makanan yang bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi dan tidak stabil, karena memang tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Sehingga dengan begitu terdapat beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dengan simak penjelasanya dibawah ini.

Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau darah tinggi yang merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap sepele, dimana untuk penderita hipertensi yang tidak hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan saja untuk mengontrol dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi jika tidak ditangani dengan baik dan tepat maka akan menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi hipertensi yang bisa mengganggu pada kesehatan, untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan mengontrol tekanan darah tinggi dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat yang dimulai dari memilih berbagai menu makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, memantau porsi dan juga menghitung kalori, memang makanan yang dikonsumsi dapat berperan terhadap tekanan darah.

Dengan memilih menu makanan yang tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting agar tekanan darah tidak naik, biasanya untuk menu makanan yang disarankan seperti rendah natrium, kolesterol dan lemak  namun tinggi serat, kalium, kalsium dan juga protein.

Adapun untuk beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi yaitu sebagai berikut:

Gandum Utuh

Untuk jenis makanan untuk penderita darah tinggi yang lainnya yaitu ada gandum utuh, dimana gandum utuh ini yang dapat menjadi salah satu jenis makanan yang akan membantu dalam menurunkan tekanan darah untuk orang paruh baya.

Gandum utuh ini yang mengandung serat yang tinggi di dalamnya yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah dan juga berpotensi untuk menurunkan tekanan darah, kamu bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti pasta, sereal atau roti yang berasal dari gandum utuh.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang rendah natrium dan lemak namun tinggi serat sehingga makanan ini cocok dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, oatmeal ini bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Buah

Terdapat beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi buah-buahan tersebut seperti buah Bit, Pisang, Alpukat, Semangka, Jeruk, Tomat dan juga Berry yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam buah-buahan tersebut yang terdapat salah satu zat didalamnya yaitu kandungan kalium dan senyawa ini yang bisa menyeimbangi kadar natrium di dalam tubuh, sehingga dengan begitu dapat membantu mengurangi tekanan darah, selain itu juga terdapat kandungan lainnya seperti vitamin C, nitrat dan antioksidan yang berperan untuk melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan.

Susu Skim

Susu skim yang mengandung kalsium yang tinggi namun rendah lemak sehingga susu skim baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi, dengan mengkonsumsi susu skim yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan selain itu juga kandungan lainnya yang terdapat pada susu skim seperti senyawa peptida yang memiliki peran untuk membantu menurunkan tekanan darah, dengan mengkonsumsi satu cangkir susu skim setiap harinya yang bermanfaat untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Kacang Pistachio

Kacang pistachio menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, dimana kacang pistachio ini yang mengandung lemak sehat dan sumber protein, antioksidan dan serat yang sangat baik untuk tubuh.

Dengan mengkonsumsi kacang  pistachio ini yang bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol sehingga membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan juga  termasuk untuk penderita darah tinggi.

Sayuran Hijau

Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yaitu dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, adapun untuk beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, lobak hijau, kale dan juga selada.

Dimana semua sayuran tersebut yang mengandung magnesium, kalium dan juga serat didalamnya yang sangat cocok sebagai salah satu makanan untuk penderita hipertensi, kamu dapat dengan setiap hari mengkonsumsi setengah cangkir sayuran hijau yang akan menurunkan tekanan darah tinggi dan pastikan memilih sayuran yang masih segar.

Cokelat Hitam

Sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi coklat hitam untuk penderita darah tinggi atau hipertensi yang bisa membantu menurunkan darah tinggi, hal ini dikarenakan coklat hitam yang kaya akan antioksidan dan flavonoid yang akan membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu juga kandungan flavonoid yang bisa membantu pembentukan oksida nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah dan juga untuk melancarkan aliran darah, sehingga dengan begitu hal ini yang akan membantu kamu untuk membuat tekanan darah tetap normal dan stabil.

Kentang

Kentang yang termasuk ke dalam jenis makanan yang tinggi kandungan kalium, asetat dan magnesium didalamnya, dengan adanya kandungan tersebut yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Tetapi dalam mengkonsumsi kentang ini dengan dimasak jangan terlalu banyak menggunakan garam, karena hal ini bisa menyebabkan meningkat tekanan darah, sehingga sebaiknya untuk mengkonsumsi kentang ini dengan cara direbus atau dipanggang tanpa menggunakan garam.

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, dimana dengan mengkonsumsi ikan berlemak dalam seminggu tiga kali yang dikaitkan bisa membantu dalam penurunan tekanan darah diastolik selama lebih delapan minggu.

Bahkan selain itu juga ikan yang mengandung asam lemak omega 3 didalamnya yang memiliki efek untuk penurunan hipertensi, sehingga dengan begitu makan ini cocok dikonsumsi penderita hipertensi namun perlu memperhatikan dalam penambahan garam dalam memasaknya.

Biji Rami

Biji rami (flaxseed) mengandung omega 3 didalamnya yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dimana sebuah penelitian yang menyatakan jika dengan mengkonsumsi biji rami ini yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah selama enam bulan.

Biji rami ini selain mengandung omega 3 namun biji rami juga yang mengandung asam alfa linolenat. peptida, serat dan juga lignan yang memiliki peran dan berpengaruh pada tekanan darah.

Yoghurt

Makanan untuk penderita darah tinggi lainnya yaitu yoghurt yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi, selain itu juga yoghurt yang mengandung probiotik yang tinggi memiliki peran untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Kamu bisa mengkonsumsi yoghurt langsung setiap harinya atau kamu juga bisa dicampur dengan buah, granola atau kacang-kacangan, pastikan kamu memilih yoghurt yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah.

Kacang Lima

Untuk jenis makanan untuk penderita darah tinggi yang terakhir yaitu ada kacang lima, dimana kacang lima ini yang mengandung kalium yang tinggi yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu juga kang lima yang mengandung protein dan serat yang sangat baik untuk penderita darah tinggi, untuk mengkonsumsi kacang lima ini kamu bisa dengan memakannya langsung, direbus, atau dicampurkan dengan sayuran yang lainnya dan pastikan untuk menambahkan garamnya sedikit.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi dan pastikan dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut untuk memperhatikan penggunaan garam, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.