Thursday, 18 Jul 2024

10 Makanan Untuk Penderita Diabetes

5 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 21:14 0 236 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk penderita diabetes yang memang perlu menjaga pola makan yang baik dan sehat, hal ini dikarenakan menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kadar gula darah naik, lalu apa saja makanan untuk penderita diabetes yuk simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit diabetes atau penyakit gula yang merupakan salah satu penyakit kronis atau berlangsung dalam jangka yang panjang, penyakit diabetes ini yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang meningkat sampai diatas nilai normal.

Dimana diabetes ini yang bisa terjadi saat tubuh penderita yang tidak bisa mengambil gula ke dalam sel dan juga menggunakannya sebagai energi, gejala awal diabetes yaitu kerap merasa sangat lapar dan haus, penurunan berat badan tanpa adanya sebab yang jelas, penurunan massa otot dan sering buang air kecil.

Dalam memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi yang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk penderita asam lambung, untuk kamu yang ingin tahu apa saja makanan untuk penderita diabetes bisa dengan simak ulasannya disini.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan namun penderita diabetes juga bisa dengan memakan makanan yang baik yang bisa membuat kadar gula darah tetap normal dan stabil, hal ini karena untuk tubuh penderita diabetes yang sudah tidak sensitif dengan insulin atau bahkan tidak bisa menghasilkan insulin untuk proses mengolah asupan gula.

Sehingga dengan begitu dalam menjaga asupan makanan yang akan membantu untuk membuat nutrisi menjadi lebih terkontrol dan terhindar dari adanya komplikasi penyakit atau kondisi lebih parah.

Untuk jenis makanan untuk penderita diabetes yang tentunya makanan yang bergizi seperti  mengandung karbohidrat  yang sehat, kaya serat dan juga lemak baik, dengan memilih makanan tersebut yang akan membuat kamu menjadi hidup lebih sehat.

Adapun untuk beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes yaitu sebagai berikut:

Ikan Salmon

Ikan salmon yang menjadi salah satu makanan baik untuk penderita diabetes karena ikan salmon yang tinggi omega 3 didalamnya yaitu lemak baik, lemak baik ini yang memiliki peran untuk membantu mengurangi komplikasi serangan jantung dan juga stroke.

Untuk penderita diabetes yang dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan yang tinggi akan omega 3 dalam seminggu minimal 2 kali, selain itu kamu juga dengan memakan ikan salmon ini yang dipadukan dengan sayuran rendah karbohidrat.

Daging Tanpa Lemak

Makanan untuk penderita diabetes lainnya yaitu daging yang tanpa lemak, dimana protein hewani yang memang memiliki penting dalam kombinasikan makanan untuk penderita diabetes.

Dimana daging tanpa lemak ini yang selain rendah kalori namun daging ini juga yang memiliki manfaat yang akan membantu dalam menghambat lonjakan gula darah, adapun untuk jenis daging tanpa lemak diantaranya seperti daging ayam, bebek kalkun yang semuanya tanpa kulit untuk daging sapinya seperti sirloin atau tenderloin.

Alpukat

Buah Alpukat menjadi salah satu makanan untuk penderita diabetes tetapi dalam mengkonsumsi buah Alpukat ini perlu memperhatikan jumlah asupannya karena kalori dalam Alpukat yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan buah Alpukat dapat menjadi salah satu alternatif untuk pengganti karbohidrat dengan gula tinggi dengan kandungan lemak lebih sehat dan juga alami.

Apel

Buah Apel yang sanggat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes hal ini dikarenakan kulit buah Ael ini yang kaya akan kandungan serat, dengan mengkonsusmi banyak kandungan serat yang bisa membantu untuk menunda atau mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah naik.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung kadar indeks glikemik yang cukup rendah dan juga kandungan gizi lainnya seperti kalium, serat, vitamin A dan vitamin C, apalagi memiliki rasa manis yang alami sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai alternatif pengganti karbohidrat.

Sayuran

Salah satu makanan untuk penderita diabetes yaitu sayuran hijau, dimana sayuran hijau yang memiliki banyak manfaatnya hal ini dikarenakan memiliki beragam kandungan nutrisi seperti serat, mineral dan vitamin  yang tinggi, namun rendah karbohidrat dan rendah kalori yang sangat aman untuk penderita diabetes.

Adapun untuk sayuran hijau aman dikonsumsi oleh penderita diabetes diantaranya seperti sayuran kangkung, bayam. pokcoy, brokoli, kubis dan juga kale yang bisa dibuat atau disajikan dalam bentuk jus, sup, salad atau sedikit di tumis dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

Kacang Polong

Kacang polong yang sering ditemui pada hidangan salad yang mengandung karbohidrat yang baik dan juga mengandung protein yang tinggi, sehingga kacang polong baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan efektif untuk membantu menurunkan gula darah menjadi normal dan lebih baik.

Zucchini

Zucchini merupakan salah satu sayuran yang mengandung tinggi antioksidan, serat, vitamin B kompleks, dan magnesium yang memiliki peran baik untuk penderita diabetes, dimana untuk kandungan gizi yang baik terkandung dalam zucchini ini yang berfungsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

Telur

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes yaitu telur yang dimana telur menjadi salah satu jenis makanan protein hewani, dalam satu butir telur yang mengandung karbohidrat 1/2 gram dan protein 7 gram namun tetap saja kamu perlu membatasi jumlah asupan.

Kembang Kol

Kembang kol mengandung indeks glikemik yang rendah di dalamnya sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, dalam mengkonsumsi kembang kol kamu bisa dimodifikasikan sebagai pengganti nasi, dengan dibuat tumisan atau masakan lainnya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan bisa disajikan ke dalam menu makanan utama dan bahkan untuk cemilan santai yang sehat, dimana kacang-kacangan yang mengandung lemak sehat di dalamnya sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang biasanya digunakan sebagai salah satu pengganti nasi, dimana banyak orang yang menganggap bahwa quinoa ini merupakan sejenis gandum utuh yang memiliki protein yang tinggi.

Quinoa menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, dimana dengan mengkonsumsi quinoa yang memiliki peran penting untuk membantu dalam menurunkan kadar gula darah agar tetap stabil dan normal.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes namun konsumsi makanan sesuai dengan jumlah asupan yang pas, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.