Wednesday, 17 Jul 2024

Sayur dan Buah yang Baik Untuk Penderita Diabetes

6 minutes reading
Monday, 23 Jan 2023 07:04 0 386 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak semua jenis sayuran dan buah-buahan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena ada beberapa jenis sayur dan buah yang bisa menyebabkan diabetes yang semakin parah, untuk itu dibawah ini ada beberapa sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes yang bisa kamu ketahui.

Untuk penderita diabetes yang dianjurkan lebih cermat dalam memilih sayur dan buah yang akan dikonsumsi dengan memilih jenis sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes maka akan membantu untuk mengontrol gula darah dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Ternyata untuk jenis buah dan sayur tidak semuanya baik untuk penderita diabetes apalagi jika mengkonsumsinya yang secara berlebihan dan juga diolah dengan menggunakan cara yang kurang tepat, hal ini tentu saja bukannya mendapatkan manfaatnya untuk penderita diabetes malah membuatnya semakin parah.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dan penasaran apa saja sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Sayur dan Buah yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Sayur dan Buah yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Untuk para penderita diabetes dalam kondisi peningkatan glukosa darah dalam jangka yang panjang bisa menyebabkan adanya masalah dalam bentuk peningkatan risiko terjadinya penyakit ginjal, jantung, dan juga kehilangan penglihatan.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan untuk penderita diabetes yang akan membantu untuk menjaga gula darah tetap terkontrol dan rendah, sehingga dengan kadar gula darah yang normal dan terkontrol terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya.

Untuk kamu yang sedang mencari sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes maka pilih jenis sayuran dan buah yang memiliki indeks glikemiknya yang rendah, adapun untuk beberapa jenis sayur dan buahnya yaitu sebagai berikut:

Apel

Buah Apel yang bermanfaat untuk gula darah manfaat ini yang didapatkan dari kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, selain itu juga buah Apel yang kaya polifenol yaitu senyawa antioksidan yang akan membantu untuk merampingkan kadar gula darah didalam tubuh.

Dimana senyawa polifenol dalam buah Apel ini  yang bisa membantu untuk merangsang produksi insulin dan juga untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal tidak melonjak atau menurun.

Bayam

Bayam yang menjadi salah satu jenis sayur yang baik untuk penderita diabetes dimana kandungan kalori sekitar 23 dan gula hanya 0,4 gram saja dan kandungan ini yang bisa membantu dalam mengontrol gula darah, selain itu juga bayam yang memiliki vitamin A, folat, vitamin C dan juga magnesium yang akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kale

Kale ternyata baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kale juga yang bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah manfaat ini berasal dari kandungan serat, dan juga antioksidan flavonoid, dimana penelitian juga yang memperhatikan untuk senyawa antioksidan flavonoid ini yang termasuk kaempferol dan quercetin yang memiliki khasiat untuk penurunan gula darah serat sensitivitas insulin kuat.

Brokoli

Brokoli yang memiliki kandungan sulforaphane yaitu jenis isothiocyanate yang bersifat untuk penurunan gula darah, dan untuk mendapatkan senyawa sulforaphane ini yaitu saat brokoli yang dicincang atau dikunyah hal ini karena reaksi antara senyawa glukosinolat atau yang disebut dengan enzyme myrosinase dan glucoraphanin.

Untuk kecambah brokoli yang menjadi sumber glukosinolat terkonsentrasi yaitu seperti glucoraphanin yang telah terbukti bisa membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan juga mengurangi kadar gula darah untuk orang yang diabetes tipe 2 pada saat diekstrak.

Kembang Kol

Jenis sayur yang baik untuk penderita diabetes ada kembang kol  hal ini karena kandungan serat dan vitamin yang tinggi namun kalori yang rendah, dimana senyawa antioksidan sulforaphane yang akan membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dengan begitu bisa mencegah perburukan untuk penyakit diabetes.

Jambu Air

Jambu Air yang memiliki kandungan senyawa jambosin yang akan membantu tubuh untuk mencerna makanan secara perlahan dengan begitu tidak akan menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah secara drastis, sehingga buah Jambu air ini baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jeruk

Mungkin ada banyak orang yang diyakini jika tidak boleh mengkonsumsi jeruk dalam menurunkan gula darah, namun jika kamu mengkonsumsi jeruk yang masih utuh belum diolah maka ini baik-baik saja dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan untuk jeruk yang masih utuh yang memiliki skor indeks glikemik yang rendah yaitu sekitar 33 dan 52, selain itu juga buah Jeruk yang mengandung vitamin C anti inflamasi serta antioksidan yang lainnya dan kandungan serat yang cukup yang menjadi anugerah untuk gula darah.

Kangkung

Ternyata Kangkung juga aman dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yang akan menjaga kadar gula darah stabil dan terkontrol, selain itu juga Kangkung yang kaya akan kalsium di dalamnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otot, menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Okra

Okra yang menjadi sumber kaya akan senyawa untuk penurun gula darah yaitu seperti antioksidan flavonoid dan polisakarida, dimana biji okra ini yan sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengobati diabetes hal ini karena sifat penurunan gula darah yang kuat.

Senyawa rhamnogalacturonan dan polisakarida utama didalam okra ini yang diidentifikasikan sebagai senyawa anti diabetes yang sangat kuat, selain itu okra juga yang mengandung isoquercitrin dan quercetin 3-o-gentiobioside yang memiliki peran untuk mengurangi gula darah dengan cara menghambat enzim yang tertentu.

Daun Singkong

Sayur yang baik untuk penderita diabetes lainnya yaitu daun singkong yang salah satu jenis sayuran yang murah namun sehat, daun singkong yang rendah kalori dan gula dan mengandung serat dan juga protein dengan kandungan nutrisi ini yang bisa membantu untuk menjaga kadar kolesterol, mengatasi sembelit dna juga menjaga berat badan agar tetap ideal.

Blackberry

Buah yang baik untuk penderita diabetes yaitu ada buah Blackberry yang memiliki indeks glikemik yang rendah sekitar 25 dengan indeks glikemik yang rendah yang berarti tidak meningkatkan gula darah, selain itu juga blackberry yang memiliki kandungan serat yang tinggi bermanfaat untuk memerangi insulin dan juga untuk mengurangi terjadinya risiko diabetes tipe 2.

Tomat

Untuk Tomat yang memiliki skala indeks glikemik dan karbohidrat yang rendah sehingga dengan begitu tidak akan mampu meningkatkan glukosa darah yang secara signifikan, untuk mendapatkan manfaatnya dari Tomat yang kaya akan nutrisi dan antioksidannya kamu bisa dengan memilih tomat yang masih mentah dan segar.

Labu serta Biji Labu

Faktanya Labu ini  yang kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk diabetes di banyak negara salah satunya di Meksiko, dimana Labu yang mengandung karbohidrat yang memiliki peran penting untuk mengatur gula darah dan dengan melakukan perawatan dengan ekstrak dan juga bubuk labu yang terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

Untuk Labu utuh seperti diolah dengan dikukus atau dipanggang yang bermanfaat dalam menurunkan gula darah, sedangkan untuk biji labu yang mengandung protein dan lemak sehat yang memiliki peran untuk mengontrol gula darah.

Blueberry

untuk buah Blueberry juga aman dan baik dikonsumsi untuk penderita diabetes hal ini karena buah Blueberry yang mengandung serat sekitar 3.5 gram da;am secangkirnya dan indeks glikemik 53,  kamu bisa dengan memilih blueberry liar yang memiliki rasio kulit dan buah yang lebih tinggi dan buah ini juga memiliki serat 6 gram dan antioksidan yang akan membantu mengurangi peradangan yang secara keseluruhan.

Kurma

Untuk yang terakhir yaitu kurma yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes namun sebaiknya untuk kurma yang disarankan dijadikan sebagai pemanis alami dalam masakan, berbeda dengan pemanis olahan dengan kurma yang tidak akan membuat gula darah melonjak dan untuk kamu yang menggunakan kurma sebagai pemanis alami yang akan mendapatkan peningkatan magnesium, serat serta potasium yang baik untuk tubuh.

Mungkin hanya itu saja beberapa sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.