Thursday, 18 Jul 2024

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan

4 minutes reading
Monday, 23 Jan 2023 07:01 0 356 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang mengalami masalah atau infeksi pada saluran pencernaan, nah untuk penderita infeksi saluran pencernaan tentu saja perlu mengetahui beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan.

Untuk penderita infeksi saluran pencernaan sendiri yang merupakan salah satu kondisi yang merasakan gejala seperti sakit perut, muntah dan diare, dimana ini dikarenakan dari infeksi virus, parasit atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada bagian saluran pencernaan.

Tentunya kondisi infeksi saluran pencernaan ini yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang perlu cermat dalam memilih makanan untuk menghindari terjadinya kondisinya yang semakin bertambah parah.

Nah untuk kalian penderita infeksi saluran pencernaan dan ingin mengetahui dengan beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan

Ternyata untuk penderita infeksi saluran pencernaan juga terdapat beberapa pantangan makanannya atau tidak boleh mengkonsumsi makanan tertentu, hal ini dikarenakan makanan tersebut yang bisa membuat infeksi saluran pencernaan yang menjadi lebih parah.

Untuk itu dibawah ini ada beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Makanan yang Asam

Pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yaitu memakan makanan yang terlalu asam contohnya seperti Tomat, Strawberry, Jeruk Bali, Anggur, Lemon, Apel, Plum atau buah Nanas, dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu asam yang bisa mengiritasi lapisan pada lambung sehingga ini memicu terjadinya peningkatan asam lambung.

Makanan yang Pedas

Makanan yang pedas menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang perlu diketahui, dimana untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang dianjurkan untuk menghindari  berbagai macam makanan yang mengandung cabai, jahe, lada sampai paprika.

Jika penderita infeksi saluran pencernaan yang nekat untuk mengkonsumsi makanan yang pedas maka kondisinya yang akan semakin parah, hal ini dikarenakan makanan pedas yang bisa mengiritasi lambung atau kandung kemih.

Susu dan Produk Olahan

Untuk pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yaitu susu dan produk olahan yang bisa menyebabkan gejala seperti diare, perut begah dan kembung, sehingga dengan begitu untuk kamu yang mengalami gejala infeksi saluran pencernaan jenis intoleransi laktosa untuk menghindari susu dan produk olahan dan sebaiknya beralih ke susu kedelai.

Makanan atau Minuman yang Menggunakan Pemanis Buatan

Dalam proses pemulihan sebaiknya untuk penderita infeksi saluran pencernaan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, hal ini dikarenakan pemanis buatan yang terdapat didalam makanan atau minuman tersebut yang bisa memperburuk kondisi infeksi saluran pencernaan.

Makanan yang Berlemak

Mengkonsumsi makanan yang berlemak untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang bisa menyebabkan pengosongan lambung sehingga menjadi lebih lambat dan ini akan membuat penderita semakin sulit untuk buang air besar, dan makanan berlemak ini menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan.

Untuk contoh makanan yang berlemak yaitu seperti gorengan yang bisa memicu kontraksi pada sistem saluran pencernaan, bahkan selain itu juga dengan memakan makanan yang berlemak yang dapat mengakibatkan kontraksi pada saluran pencernaan dan bisa membuat diare yang semakin parah.

Makanan Olahan

Makanan olahan yang menjadi pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan, dimana untuk makanan olahan ini yang nantinya akan bergerak melewati usus dengan mudah dan cepat sehingga ini bisa menciptakan rasa nyeri, kembung dan juga gangguan pencernaan yang lainnya.

Contoh jenis makanan olahan yaitu seperti roti, keripik kentang dan soda namun jika kamu mengalami kesulitan dalam memangkas asupan makanan olahan maka kamu bisa dengan kombinasikan atau dipadukan dengan makanan lain yang lambat dicerna yaitu seperti buah Alpukat.

Minuman yang Berkafein

Kafein sendiri yang menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan dimana kafein ini yang seperti coklat, teh, kopi dan soda yang akan memperburuk gejala infeksi saluran pencernaan ini.

Dimana untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang dianjurkan menghindari berbagai makanan dan juga minuman yang berkafein selama dalam proses penyembuhan, dan untuk mengganti makanan dan minuman yang berkafein kamu bisa dengan mengkonsumsi chamomile, kembang telang, atau seduhan rempah-rempah yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang perlu diketahui dan dihindari untuk mencegah gejala infeksi saluran pencernaan menjadi semakin parah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.