Thursday, 18 Jul 2024

10 Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

6 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 21:19 0 284 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pemilihan makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu dilakukan untuk penderita tekanan darah rendah, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah maka bisa dengan simak penjelasan dibawah ini.

Tidak sedikit orang yang mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi yaitu tensimeternya yang mencapai di bawah 90/60 mmHg, sedangkan untuk tekanan darah normal yang biasanya berada di tingkat 120/80 mmHg atau dibaca dengan sistolik 120 mmHg dan juga diastolik mmHg.

Masalah tekanan darah rendah ini yang tentu saja terdapat faktor penyebabnya seperti perubahan pola makan, dehidrasi, anemia, stres, gula darah rendah, gangguan tiroid, kehilangan darah, berolahraga berlebihan, dan bahkan bisa disebabkan oleh efek samping dari obat dan juga diabetes.

Masalah tekanan darah rendah ini yang bisa diatasi dengan berbagai cara dan salah satunya dengan mengkonsumsi sejumlah makanan yang akan membantu mengembalikan kondisi tekanan darah menjadi normal, untuk jenis makanan untuk penderita darah rendah tentu saja tidak sembarang maka dari itu kamu perlu mengetahui dengan simak ulasan berikut.

Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Kondisi tekanan darah rendah jika terus dibiarkan tentu saja bisa mengancam nyawa, sehingga untuk kamu yang memiliki darah rendah maka sebaiknya untuk segera mengatasinya salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bisa membantu tekanan darah kembali normal dan stabil.

Adapun untuk kamu yang ingin tahu apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah dan juga berfungsi membantu mengatasi tekanan darah rendah, berikut beberapa jenis makanannya yaitu diantaranya:

Ikan Berlemak

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah yaitu ikan berlemak yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan tekanan darah rendah, dimana ikan berlemak ini yang dikaitkan dengan peningkatan pada kesehatan jantung yang secara keseluruhan.

Untuk jenis ikan berlemak yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah atau hipotensi yaitu seperti ikan salmon, ikan tongkol, ikan kakap, ikan tuna dan juga ikan sarden, semua ikan tersebut yang kaya akan lemak omega 3 didalamnya yang bisa meningkatkan penyerapan vitamin B12.

Telur

Telur yang merupakan salah satu makanan yang sumber vitamin B12 di dalamnya sehingga telur sangat dianjurkan dikonsumsi untuk penderita tekanan darah rendah, untuk penderita tekanan darah rendah yang sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung B12 lebih banyak untuk membantu tubuh dalam proses produksi sel darah merah sehat.

Tubuh yang kekurangan vitamin esensial ini yang bisa menyebabkan terjadinya anemia yang akan menurunkan tingkat tekanan darah, hal ini yang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan terlalu banyak sampai kerusakan saraf dan organ, dengan mengkonsumsi telur yang akan membantu dalam meningkatkan tekanan darah rendah yang secara efektif.

Daging Ayam

Daging ayam yang merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah, daging ayam merupakan sumber vitamin B12, protein dan juga berbagai nutrisi yang lainnya yang bisa membantu untuk meningkatkan tekanan darah dan kamu bisa mengkonsumsi daging ayam dimasukkan ke dalam menu makanan harian.

Kismis

Kismis yang merupakan salah satu jenis makan yang dianggap sebagai obat alami yang baik dalam membantu mengobati tekanan darah rendah atau hipotensi, makanan yang satu ini yang akan membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap normal dengan mendukung fungsi kelenjar adrenal.

Untuk penderita tekanan darah rendah yang bisa mengkonsumsi kismis ini secara langsung atau campuran minuman,kamu bisa dengan menambahkan sekitar 30 hingga 40 kismis ke dalam secangkir air lalu diamkan semalaman dan minum pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Daging Merah

Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita tekanan darah rendah atau hipotensi yaitu daging merah seperti daging kambing, domba, sapi dan juga daging berasal dari hewan berkaki empat yang lainnya, daging merah ini yang merupakan sumber zat besi sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah.

Kandungan zat besi yang menjadi salah satu komponen paling utama dalam proses pembentukan hemoglobin merupakan dari bagian sel darah merah, sedangkan untuk jeroannya seperti hati sapi  yang merupakan sumber vitamin B12 yang tinggi dan baik untuk penderita tekanan darah rendah karena mencegah terjadinya anemia dan juga tekanan darah rendah.

Lemon

Buah Lemon ternyata sangat efektif untuk membantu mengobati tekanan darah rendah yang disebabkan dehidrasi, kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah Lemon yang memiliki peran dalam mengatur sirkulasi darah dan juga menjaga tekanan darah tetap normal.

Sehingga dengan begitu buah Lemon ini menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah, untuk kamu yang merasa lelah dikarenakan tekanan darah yang menurun maka dianjurkan untuk minum jus lemon yang dicampur sedikit gula dan  garam yang akan mengontrol tekanan darah.

Keju Cottage

Keju cottage menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah dimana makanan ini yang bisa ditambahkan sebagai topping makanan seperti sandwich, salad dan juga kari, keju cottage ini yang mengandung garam yang tinggi didalamnya yang bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan tekanan darah.

Sebaliknya untuk penderita tekanan darah tinggi yang perlu mengurangi mengkonsumsi garam di dalam makanannya, sedangkan untuk penderita tekanan darah rendah yang disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak garam.

Akar Manis

Akar manis atau licorice yang biasanya bertindak sebagai salah satu obat rumahan yang kuat untuk membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah yang disebabkan oleh kadar kortisol atau hormon stres darah yang rendah, dimana akar manis ini yang terkandung senyawa didalamnya yang bertindak dalam menghalangi aksi enzim bertanggung jawab dengan pemecahan kortisol.

Untuk penderita tekanan darah rendah atau hipotensi kamu bisa mengkonsumsi akar manis ini sebagai minuman teh dengan cara membuatnya hanya cukup mengambil bubuk akar manis atau akar manis yang kering ke secangkir air mendidih dan minum selagi masih hangat dan minum setiap hari dalam beberapa hari sampai tekanan darah rendah kembali normal.

Zaitun

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah lainnya yaitu zaitun hal ini dikarenakan zaitun kaya akan kandungan vitamin E, tembaga, zat besi dan juga mengandung garam, dengan mengkonsumsi makanan asin yang bisa membantu untuk meningkatkan tekanan darah yang secara efektif.

Kandungan zat besi yang terdapat pada zaitun yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan normal, sedangkan untuk asam oleat, asam lemak yang membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.

Kemangi Suci

Daun kemangi suci atau tulsi menjadi salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk penderita tekanan darah rendah, dimana daun kemangi suci ini yang mengandung kalium, vitamin C, vitamin B5 (asam pantotenat) dan juga magnesium yang sangat efektif dalam mengontrol tensi untuk penderita hipotensi atau tekanan darah rendah.

Untuk mengkonsumsi daun kemangi suci ini kamu bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung dengan mengunyahnya sekitar 4 hingga 5 lembar daun kemangi setiap hari di pagi hari, atau kamu juga bisa dengan minum satu sendok teh ekstrak daun kemangi suci (tulsi) dengan madu setiap hari pada saat perut masih kosong.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah yang bertujuan untuk membantu meningkatkan tekanan darah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba mengkonsumsi jenis makanan tersebut.