Saturday, 22 Jun 2024

10 Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 04:57 0 82 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jus buah dan sayur yang dapat membantu penurunan darah tinggi, bahkan diklaim bekerja paling cepat. Darah tinggi sendiri bukanlah penyakit, namun hal tersebut tidak boleh disepelekan. Karena darah tinggi yang kambuh dapat memicu berbagai komplikasi penyakit lainya. Salah satu cara untuk mengatasi darah tinggi yang naik ini kamu bisa menggunakan jus sayur dan buah karena efektif dan terbukti dapat meredakan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja dna dimana saja. Seseorang bisa dikatakan terkena tekanan darah tinggi, bila memiliki tekanan darah diatas 180/120. Maka seseorang yang memiliki tekanan diatas batas normal harus menjalani serangkai pengobatan. Karena dengan begitu ketika kambuh kadar darah tingginya, dapat menyebabkan penyakit kronis misalnya stroke hingga jantung. 

Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Dilansir dari laman Kompas.com, dikatakan bahwa tekanan darah tinggi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat sendiri meliputi minuman beralkohol, merokok, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi, mengkonsumsi junk food dan fast food. Maka, kamu harus memperbaiki kebiasaan buruk ini. 

Tekanan darah tinggi juga bisa datang karena faktor genetika, obesitas, usia hingga keadaan kesehatan psikologis seseorang. Untuk meredakan darah tinggi kamu bisa mengonsumsi obat -obatan sesuai resep dokter. Namun, kamu dapat mengkonsumsi jus penurun darah tinggi, hal ini diklaim paling cepat meredakan tekanan darah tinggi bahkan mampu mencegahnya tumbuh kembali. 

Banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran yang kaya akan khasiat yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan serat di dalamnya dapat membantu untuk melancarkan pencernaan kamu. Berikut kami sudah merangkum beberapa jus buah dan sayur untuk meredakan darah tinggi. 

Jus Sawi Putih dan Wortel

10 Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Dilansir dari halaman Medical News Today, mengatakan bahwa sawi putih memiliki kandungan kalium yang berkhasiat untuk meredakan tekanan darah tinggi. Dikutip dari Terapi Jus Untuk Rematik dan Asam Urat, dikatakan bahwa sawi putih memiliki kandungan yang kaya kan serat dna provitamin A, vitamin B dan Vitamin C didalamnya. Sehingga sangat baik untuk kamu yang menderita darah tinggi. 

Kamu dapat mengkonsumsi jus sawi putih dan wortel dengan tambahan seledri batang dan air matang. Setelahnya kamu bisa ke dalam blender maupun jus extractor semua bahannya. Kamu bisa mengkonsumsi jus sawi putih dan wortel untuk meredakan darah tinggi dan akan bekerja dengan baik nantinya. 

Jus Belimbing

10 Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Memiliki rasa yang manis, jus belimbing kaya akan kandungan air di dalamnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jus belimbing juga memiliki kandungan yang dapat meredakan darah tinggi. Dikutip dari buku 9 Buah dan Sayur Sakti Tangkal Penyakit, dikatakan bahwa buah belimbing memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik bagi imunitas tubuh. 

Jus belimbing juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan kadar natrium yang sangat rendah. Maka, dengan kandungan kalium di dalamnya yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam mengolah jus belimbing kamu bisa menambahkan perasan air jeruk nipis sebanyak 3 sendok dan es serut agar rasanya lebih segar lagi. 

Jus Mengkudu

10 Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Dikutip dari Atlas Tumbuhan Obat Indonesia dikatakan bahwa buah mengkudu memiliki senyawa aktif yang bermanfaat bagi penderita darah tinggi. Kandungan senyawa kimia tersebut adalah linoleic, sterol. alkaloid, polysaccharide, coumarin. Diperkaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan karoten, membuat jus mengkudu kaya akan manfaat. 

Memiliki sifat astringent membuat buah mengkudu ini dapat meningkatkan kekuatan tulang, membantu peluruhan haid. Mengkudu juga memiliki sifat anti kanker dan pereda batuk, membuat buah satu ini memang dapat diandalkan untuk berbagai jenis keluhan kesehatan. 

Mengkudu memiliki kandungan zat scopoletin, dimana berfungsi untuk mengatur tekanan darah pada tubuh. Dengan begitu jus mengkudu bisa digunakan untuk mengatasi darah tinggi dan bekerja dengan cepat. Kamu hanya perlu mengkonsumsi buah mengkudu yang cukup tua dan membuatnya menjadi jus seperti biasanya.

Jus Buah Bit

Buah bit memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, selain itu jus satu ini juga cocok bagi penderita darah tinggi. Dikutip dari jurnal The Nitrate-Independent Blood Pressure-Lowering Effect of Beetroot Juice : A systematic Review and Meta-Analysis yang mengatakan bahwa buah bit kaya akan senyawa yang dapat membantu penurunan tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi jantung seseorang. Maka, buah bit cocok untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi, karena bekerja satu arah untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. 

Jus Delima

Buah delima memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi asam folat dan vitamin C didalam ya. Sehingga buah delima ini juga memiliki efek anti inflamasi atau peradangan yang cukup baik. Jus delima dikatakan mampu meningkatkan kinerja jantung juga. Dikutip dari jurnal Effect of Pomegranate Juice on Blood Pressure dikatakan, dengan mengkonsumsi jus delima setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita darah tinggi dengan cepat. 

Jus Bayam

Jus bayam memiliki sumber kalium yang baik untuk mengendurkan ketegangan pada pembuluh darah dengan cara meningkatkan sirkulasi darah. Dengan begitu jus bayam dapat meredakan dna menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun kandungan lutein yang merupakan jenis vitamin yang berkhasiat untuk mencegah prise penebalan pada dinding pembuluh arteri, dengan begitu dapat mencegah resiko serangan jantung dan hipertensi di kemudian hari. 

Jus Nanas

Nanas merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Dengan mengkonsumsi buah nanas dalam bentuk jug kamu akan mendapatkan kadar kalium yang tinggi, dengan kadar kalium inilah tekanan darah tinggi akan menurun. Selain itu buah nanas juga memeilki akndungan sodium yang rendah, sehingga sangat cocok bagi penderita darah tinggi. Dalam sejumlah penelitian juga dikatakan bahwa mengkonsumsi jus nanas dapat mengatasi tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Jus Tomat

Tomat memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat memelihara tekanan darah pada tubuh. Dalams ebuah studi di Jepang tahun 2019, dikatakan bahwa mengkonsumsi satu gelas jus tomat setiap harinya, dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa, kandungan dalam jus tomat mampu menurunkan tekanan dari tinggi baik sistolik maupun diastolik. Tidak hanya itu , karena jus tomat mampu menurunkan kolesterol LDL. Maka, kamu bisa menggunakan jus tomat untuk meredakan darah tinggi dengan tepat. 

Jus Kiwi

Jus kiri merupakan salah satu buah yang mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat. Dalam sebuah studi di Oslo University Hospital dikatakan, efek mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menjaga dna mengontrol keseimabnagan tekanan darah. Kamu bisa mengkonsumsi jus kiwi untuk meredakan darah tinggi dengan cepat. Bahkan kamu dapat menikmati buah kiwi sekaligus menurunkan darah tinggi dengan baik. 

Jus Persik

Siapa sangka buah persi memiliki kandungan yang dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan potasium dan kalium yang tinggi, sehingga komponen mineral ini dapat bekerja dengan maksimal untuk menurunkan darah tinggi, dan darah rendah. Selain itu kandungan dalam buah persik ini juga dapat menjadi sistem metabolisme tulang dan menurunkan risiko terjadinya pengeroposan tulang sejak dini. 

Itulah beberapa jenis jus sayuran dan buah-buahan yang paling cepat mengatasi masalah darah tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin kamu akan mendapatkan manfaat baik secara sehat. Kamu juga tidak perlu terlalu tergantung dengan obat-obatan kimia, karena bisa mengandalkan bahan alami dalam bentuk jus yang pasti nikmat dan segar.