Monday, 17 Jun 2024

10 Tempat Wisata di Sampang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

10 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 17:29 0 228 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pulau Madura tentunya sudah tidak asing didengar bukan dengan menyajikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, untuk kamu yang berniat berlibur ke sana maka perlu mengetahui dengan beberapa tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dijadikan sebagai referensi nanti agar tidak bingung lagi.

Sampang merupakan salah satu Kabupaten dari empat wilayah Kabupaten yang ada di Pulau Madura yang secara administratif Kabupaten Sampang ini yang termasuk dalam bagian dari Provinsi Jawa Timur,sama dengan kabupaten lainnya yang ada di Pulau Madura ternyata Kabupaten Sampang juga yang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan tempat liburan yang menarik dan juga potensial.

Dilihat dari letak geografisnya Kabupaten Sampang yang berbatasan dengan Kabupaten Bangkalan berada di sebelah barat, Kabupaten Pamekasan berada di sebelah timur, Laut Jawa berada di sebelah utara dan juga Selat Madura sebelah selatan, untuk luas wilayah Kabupaten Sampang yaitu sebesar 1.233,30 km persegi dan wilayahnya berupa daratan dan satu pulau terpisah dari Pulau Madura yaitu Pulau Mandangin atau disebut Pulau Kambing.

Kabupaten Sampang tersebut yang memiliki flora dan juga fauna endemik yang unik yaitu  berupa Jambu Mawar dan juga Kera Nepa, tidak hanya itu di sini terdapat juga banyak tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat piknik hari libur bersama keluarga tercinta untuk merasakan liburan yang seru dan menyenangkan.

Untuk kamu yang berencana pergi liburan ke Sampang namun masih bingung dengan tempat wisata yang ada di sana jangan khawatir karena dibawah ini kami akan mengulas dengan beberapa tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yang bisa menjadi referensi kamu nanti sebelum berangkat ke sana.

Tempat Wisata di Sampang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Dapatkan liburan anti mainstream dengan berkunjung ke Madura Jawa Timur dengan mengexplore dan menikmati berbagai tempat wisata terbaru, pergi liburan di Sampang yang akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata terbaru yang akan manjakan waktu liburan bersama keluarga tercinta menjadi lebih seru dan menyenangkan serta semakin berkualitas.

Dimana tempat wisata yang ada di Madura menyajikan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi dengan memiliki wisata alam yang menjadi daya tarik utama yang telah ditawarkan oleh Kabupaten Sampang Madura yang sangat menakjubkan, berikut beberapa tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi saat musim libur akhir tahun tiba yaitu sebagai berikut:

Wisata Sumber Jokotole Omben

10 Tempat Wisata di Sampang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Salah satu tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi pada saat libur akhir yaitu wisata Sumber Jokotole Omben yang terletak di Jl. Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Omben, Kab. Sampang, Jawa Timur, tempat wisata yang satu ini dengan menawarkan daya tarik utama berupa area pemandian alami yang tetap bersih dan jernih dan para wisatawan yang bisa berenang, berendam hingga bermain air sepuasnya di sana.

Atau untuk kamu yang tidak suka bermain air maka bisa dengan bersantai-santai duduk dibawah pohon yang rindang ada pada sekitar are pemandian tersebut, walaupun tempat wisata ini dikelola secara swadaya namun tempat wisata tersebut yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang memadai dan bisa mengunjungi tempat wisata Sumber Jokotole Omben kapan saja dan bisa dengan puas berenang atau bermain air di pemandian yang satu ini.

Wisata Pantai Camplong

10 Tempat Wisata di Sampang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk kamu yang ingin pergi liburan ke Kabupaten Sampang dan ingin menikmati makan siang atau makan malam romantis bersama dengan keluarga atau pasangan bisa dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini bernama Pantai Camplong dengan memiliki area tempat makan yang menjorok ke perairan pantai, tidak hanya itu saja tempat wisata yang satu ini juga menawarkan suasana makan yang keren dan terbaik terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Kondisi Pantai Camplong juga yang yang masih asli dan bagus pada bagian bibir pantai yang ditumbuhi dengan pohon cemara yang sangat rimbun, bahkan tidak hanya itu Pantai Camplong juga yang letaknya strategis dengan menawarkan panorama sunset yang sangat luar biasa yang dibuka setiap hari 24 jam sehingga bisa berkunjung kesini kapan saja dan bisa mengexplore sepuasnya dan Pantai Camplong berada di Desa Dharma Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Wisata Pulau Mandangin

10 Tempat Wisata di Sampang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Kabupaten Sampang mempunyai Pulau Mandangin yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi pada saat berlibur kesini dengan menawarkan daya tarik utama yang berupa pantai dilengkapi pasir putih yang sangat bersih serta air laut jernih kebiruan, hal yang unik dari Pulau Mandangin yaitu memiliki panorama alam yang sangat indah dan bahkan pernah memiliki sejarah yang kelam karena dulunya pulau ini merupakan pulau pengasingan untuk mereka yang terjangkit dengan penyakit lepra yaitu penyakit menular dan mematikan.

Namun untuk sekarang ini Pulau Mandangin sudah dijadikan sebagai tempat wisata dengan memiliki keamanan yang terjamin untuk bisa berlibur menikmati indahnya panorama yang dimiliki Pantai tersebut, para wisatawan tidak hanya bersantai saja namun bisa melakukan aktivitas menarik seperti memancing, bakar-bakar sehingga liburan di Pulau Mandangin akan menjadi lebih seru dan tak terlupakan namun untuk lokasinya terpisah dengan Pulau Madura dan untuk bisa kesana kamu harus menyebrang menggunakan perahu tradisional yang sudah disediakan disana.

Wisata Rimba Monyet Nepa

Wisata Rimba Monyet Nepa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi pada hari libur yang berlokasi di Hutan Kera Nepa ada di bagian pesisir utara Madura tepatnya di Desa Nepa, hutan ini yang memiliki luas yaitu sekitar 1 km persegi hampir seluruhnya merupakan habitat tempat tinggal Kera tersebut dan para wisatawan bisa langsung berinteraksi langsung dengan kawanan kera yang ada di sana sehingga bisa memberikan kesan liburan yang seru dan menyenangkan.

Bahkan selain itu juga dikarenakan hutan ini yang terletak di pinggir pantai sehingga pada saat berkunjung kesini para wisatawan yang dapat melihat area hutan mangrove bahkan bisa menyewa perahu agar bisa lebih leluasa mengexplore keindahan alam disana, walaupun tempat wisata yang satu ini memiliki panorama yang unik dan juga eksotik tetapi lokasi menuju hutan tersebut yang tergolong agak sulit karena selain terletak di daerah terpencil tetapi kondisi jalan menuju sana yang masih belum bagus dan tempat wisata ini dibuka setiap hari dimulai dari pagi sampai sore sehingga bisa berkunjung kesini kapan saja.

Wisata Waduk Klampis

Tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits lainnya bisa dikunjungi pada saat hari libur yaitu pergi ke Waduk Klampis yang merupakan satu-satunya waduk yang ada di Pulau Madura karena Pulau Madura yang tidak terlalu luas sehingga jumlah waduk yang tersedia tidak banyak, waduk sendiri yang difungsikan untuk tandon penampungan air dan nantinya difungsikan untuk keperluan irigasi area persawahan sekaligus untuk pemasok air ke daerah-daerah sekitarnya.

Dikarenakan Waduk Klampis ini memiliki panorama cukup bagus sehingga Waduk Klampis kerap dijadikan tempat nongkrong di Sampang oleh anak-anak muda untuk bersantai-santai namun sekarang sudah dijadikan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan dan bahkan cukup banyak yang datang kesini, waduk Klampis juga sudah menyediakan beberapa fasilitas perahu sampan yang bisa digunakan untuk berkeliling atau mengexplore areal waduk tersebut dengan puas.

Wisata Gua Lebar

Di kabupaten ampang pada beberapa ratus tahun yang lalu diperkirakan terdapat beberapa area tanah di Pusat Kota Sampang ambles dan ini dianggap sebagai bencana tetapi untuk saat ini yang terjadi malah sebaliknya dimana lokasi tanah ambles tersebut yang berubah menjadi tempat wisata di Sampang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, untuk nama tempat tersebut yaitu Goa Lebar karena ukuran mulutnya yang sangat lebar sekitar 200 meter dengan tingkat kedalamannya yang sekitar 300 meter.

Walaupun untuk Gua Lebar ini yang lebih cocok dikategorikan sebagai jurang tetapi dikarenakan dulunya tempat ini adalah goa sehingga akhirnya para penduduk sekitar yang tetap mengaguminya sebagai sebuah gua, biasanya untuk para wisatawan datang ke sana akan memanfaatkan bagian pinggir gua sebagai lokasi untuk berfoto yang dilengkapi dengan banyak spot foto menarik berupa parung orang tradisional Madura, patung naga dan lainnya dna untuk lokasi tempat wisata tersebut berada di Jl. Pahlawan, Desa Rongtengah, Kec. Sampang, Kab. ampang yang dibuka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Pantai Nepa

Tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits lainnya bisa dikunjungi pada saat libur akhir pekan di kabupaten ini yaitu dengan berkunjung ke Pantai Nepa yang terkenal dengan memiliki panorama yang cantik dengan pasir pantai putih bersih dan pantai ini yang masuk ke dalam kawasan tempat wisata Hutan Kera Nepa, sehingga setelah kamu berkunjung ke Wisata Hutan Kera Nepa tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Nepa yang satu ini akan memberikan pengalaman yang lebih seru dan tak terlupakan.

Untuk bisa berkunjung ke lokasi Pantai Nepa maka kamu bisa dengan langsung mengendarai kendaraan umum dengan membayar sekitar Rp 15.00o dan sudah langsung sampai ke Pantai tersebut untuk menuju pantai kamu yang nantinya akan melewati Hutan Kera terlebih dahulu sehingga bisa memotret atau berselfie sama kera disana, ditambah lagi liburan ke tempat wisata Pantai Nepa yang gratis tidak hanya saja membayar biaya parkir saja kamu sudah bisa mengexplore dan menjelajah pantai Nepa yang cantik dengan hamparan pasir putih yang menakjubkan.

Wisata Reruntuhan Pababaran

Kabupaten Sampang yang menawarkan berbagai macam tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi pada saat libur akhir pekan tiba bersama dengan keluarga tercinta tidak hanya berlibur saja namun sekaligus mendapatkan wawasan mengenai dengan sejarah tersebut salah satunya ada wisata Kompleks Reruntuhan Pababaran, walaupun tempat wisata ini yang sudah berbentuk reruntuhan namun tempa ini yang merupakan tempat sangat penting untuk masyarakat Sampang.

Kabarnya untuk tempat Komplek Reruntuhan Pababaran yang merupakan tempat kelahiran sekaligus tempat makam Raden Trunojoyo yaitu seorang tokoh berpengaruh di Kabupaten Sampang, disini tidak terdapat banyak aktivitas wisata yang menarik hanya sekedar berziarah dan juga melihat tempat sekitarnya dan lokasi tempat wisata Reruntuhan Pababaran yang terletak di pusat Kota Sampang berstatus sebagai fasilitas umum dibuka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Makam Ratu Ibu

Tempat wisata religi dan sejarah cukup populer di Kabupaten Sampang yaitu ada Makam Ratu Ibu atau dikenal dengan nama lain yaitu Kuburan Madegan yang dimana makan ini adalah makam khusus untuk para bangsawan Sampang, untuk orang-orang yang dimakamkan disini yaitu mereka yang sudah berjasa sekaligus pernah memimpin daerah Sampang hingga sekarang masyarakat sana yang tetap menghormati keberadaan makan ini walaupun Sampang yang tidak dijalankan dengan sistem kerajaan.

Hal tersebut yang terlihat dari kondisi Kompleks Makam Ratu Ibu yang masih terawat dan bagus walaupun malam ini yang sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun, untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini yang bisa berziarah sekaligus mendapatkan wawasan terkait dengan sejarah Kabupaten Sampang terutama terkait dengan mereka yang penting dikebumikan di makan ini, tempat wisata ini sendiri yang dibuka setiap hari mulai dari pagi hingga sore dan lokasinya berada di Desa Polagan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Wisata Air Terjun Toroan

Terakhir terdapat tempat wisata Air Terjun Toroan berlokasi di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Pulau Madura merupakan salah satu tempat wisata favorit wisatawan lokal dengan menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa indah dan juga unik untuk dipandang, hal tersebut dikarenakan untuk kebanyakan air terjun lainnya memiliki aliran yang panjang namun berbeda dengan air  terjun Toroan yang memiliki aluran tergolong pendek dikarenakan letak air terjun berdekatan dengan areal pantai sehingga aliran air yang akan langsung mengalir ke bibir pantai.

Karena letak Air Terjun Toroan berada di pinggir pantai sehingga pada saat berkunjung ke sana kamu bisa mandi dan juga bermain air di dua jenis air sekaligus dan untuk bisa sampai kesana kamu harus  berjalan kaki melalui anak tangga lumayan panjang dan melelahkan namun itu akan terbalas lunas dengan melihat panorama alam air terjun yang indah ditawarkan oleh tempat wisata tersebut dan dibuka setiap hari mulai dari pagi hingga sore dengan uang retribusi sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa rekomendasi tempat wisata di Sampang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi pada saat berkunjung kesini di hari libur akhir pekan untuk merasakan liburan yang lebih seru, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat berlibur di Kabupaten Sampang bersama keluarga yang menyenangkan dan tak terlupakan.