Monday, 17 Jun 2024

10 Tempat Wisata di Sidoarjo Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

11 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 17:47 0 427 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kabupaten Sidoarjo yang memiliki banyak tepat wisata yang akan memanjakan liburan kamu bersama dengan keluarga tercinta dengan berbagai suguhan obyek wisata yang sangat menarik, jika berniat berkunjung ke sini maka perlu mengetahui dengan beberapa tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dijadikan sebagai referensi.

Kabupaten Sidoarjo yang sempat viral dengan adanya bencana atau tragedi terjadinya Lumpur Lapindo yang telah menelan 19 desa, namun terlepas dari tragedi tersebut Kabupaten ini yang ternyata memiliki hasil tambak yang unggul sampai mendapatkan julukan sebagai Kota Bandeng dan juga Udang.

Bahkan Kabupaten Sidoarjo selain dari kaya akan hasil bumi namun kota ini juga yang menyajikan budaya, sejarah, kuliner khas sampai dengan berbagai tempat wisata atau destinasi wisata yang menarik dan hits disana, dengan memiliki biaya perjalanan yang terjangkau dan juga harga tiket masuk murah meriah menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung kesana mengexplore keunikan dan juga hal menarik yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo.

Untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur pada hari libur akhir pekan atau hari libur panjang bersama keluarga tercinta untuk merasakan perjalanan liburan yang lebih seru dan menyenangkan, maka jangan terburu-buru pergi ke sana bisa dengan simak dengan tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits recommended dikunjungi pada saat waktu libur sudah tiba terlebih dahulu.

Tempat Wisata di Sidoarjo Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Liburan menjadi salah satu kegiatan yang asik dengan pergi berjalan-jalan mengexplore dan menjelajahi setiap tempat wisata bersama dengan pasangan, anak-anak, keluarga atau teman, dengan pergi liburan selain memiliki manfaat tetapi liburan juga yang menjadi salah satu hal wajib dilakukan agar kamu dan keluarga terhindar dari rasa stres akibat pekerjaan atau jenuh dengan aktivitas di rumah seharian yang membosankan.

Salah satu tempat yang rekomended untuk tujuan liburanmu bersama keluarga yaitu ada Kabupaten yang ada di Jawa Timur adalah Kabupaten Sidoarjo, walaupun tempat wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang tidak sebanyak yang ada di Malang dan juga Surabaya tetapi bukan berarti di kabupaten yang satu ini tak ada spot liburan yang menarik untuk dikunjungi.

Jika dalam waktu dekat kamu dan keluarga berencana untuk liburan menghabiskan waktu liburan yang seru di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik dan berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yaitu sebagai berikut:

Wisata Suncity Waterpark

Biasanya wahana permainan air yang menjadi salah satu tempat wisata favorit anak-anak bahkan hingga orang dewasa dan salah satu tempat wisata yang ada di Sidoarjo yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak-anak dan keluarga tercinta yaitu ada Suncity Waterpark, di wisata Suncity Waterpark menyajikan banyak wahana permainan air yang dapat dinikmati oleh anak-anak bahkan bisa oleh orang dewasa sekalipun yang akan memberikan perjalanan liburan di Sidoarjo  yang seru dan menyenangkan.

Berbagai wahana permainan air yang ada di waterpark ini diantaranya terdapat wahana air mancur, dragon sliding, lazy river, hingga dengan wahana mandi busa dan bahkan dilengkapi dengan kolam bayi untuk kamu yang mungkin memiliki balita semua itu bisa dinikmati disini, jika kamu tertarik berkunjung ke Suncity Waterpark lokasinya berada di Jl. Pahlawan No. 1 Sidoarjo yang dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk weekday dan Rp. 30.000 untuk weekend.

Wisata Lumpur Lapindo

Terdapat tempat wisata yang menarik di Sidoarjo berakar dari tragedi Lumpur Lapindo cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama dengan anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yaitu ada Wisata Lumpur Lapindo, dimana wisata Lumpur Lapindo yang merupakan tempat wisata unik dengan menawarkan daya tarik lain dari yang lainnya karena di tempat wisata yang satu ini para wisatawan yang berkunjung kesini bisa menemui puluhan patung unik mirip dengan orang yang tenggelam di kubangan lumpur tersebut.

Jika kamu bersama keluarga tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Lumpur Lapindo di Sidoarjo maka tempat wisata ini yang berada di Kec. Porong, Sidoarjo, untuk memasuki tempat wisata tersebut pengunjung yang tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis hanya saja pengunjung harus membayar parkir kendaraan yang mereka gunakan sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil dan kamu bisa mengunjungi tempat wisata Lumpur Lapindo kapan saja karena obyek wisata yang satu ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Taman Abhirama

Kabupaten Sidoarjo memiliki taman terbuka hijau yang tertata rapi yaitu bernama Taman Abhirama bisa menjadi salah satu tempat wisata bersama dengan keluarga tercinta pada saat musim libur akhir pekan tiba yang berlokasi di Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Taman Abhirama juga yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung kesana seperti tempat duduk, air mancur, gazebo, hingga terdapat arena khusus untuk tempat bermain anak-anak yang seru.

Terkhusus untuk kamu yang suka atau hobi dengan hunting foto Taman Abhirama yang menyediakan banyak spot menarik dan bahkan di taman tersebut para wisatawan dapat berkunjung ke Rumah Kaya merupakan bangunan rumah unik hits di kalangan anak muda di Sidoarjo, kamu bisa berkunjung kesini kapan saja karena dibuka setiap hari dimulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB dan dikarenakan Taman Abhirama ini milik pemerintah sehingga bisa dikunjungi secara gratis atau tidak di pungut biaya tiket masuk.

Wisata Candi Pari

Kabupaten Sidoarjo yang memiliki tempat wisata menarik dimulai dari wisata alam, wisata buatan hingga wisata sejarah yang berbentuk candi salah satunya ada wisata Candi Pari yang menurut catatan sejarah dimana Candi Pari adalah bagian dari pola Candi Khamer yang ada di Burma dan juga Candi Champa ada di Thailand, candi Pari ini yang telah didirikan pada pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang cenderung sangat berbeda dengan bangunan candi peninggalan Majapahit dan juga yang lainnya.

Candi Pari hingga sekarang ini masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh mereka para penganut agama Hindu yang tinggal di Kabupaten Sidoarjo dan jika kamu beruntung pada saat berkunjung ke sana maka kamu akan melihat secara langsung dengan proses ibadah umat Hindu di sana, untuk lokasi Candi Pari sendiri yang berada di Desa Candi Pari, Kec, Porong, Sidoarjo yang dibuka setiap mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB dan untuk harga tiket masuk ke candi tersebut terbilang sangat murah meriah yaitu hanya Rp 3.000 saja kamu sudah bisa mengexplore wisata yang satu ini dengan puas.

Wisata Kampoeng Batik Jetis

Memang Kota Sidoarjo yang bukan merupakan Kota Batik tetapi kota yang satu ini sudah menjadi salah satu pusat pengrajin batik dimulai sejak tahun 1675 dan salah satu daerah menjadi pusat kerajinan batik tulis yang ada di Sidoarjo yaitu Kampoeng Batik Jetis yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro Lemahputro, jika dari alun-alun kota Sidoarjo wisata Kampoeng Batik Jetis yang bisa ditempuh dalam kurun waktu sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Para wisatawan yang berkunjung ke wisata Kampoeng Batik Jetis yang bisa melihat secara langsung berbagai macam produk batik dan bahkan kamu juga bisa membelinya dengan harga yang sangat bervariatif di mulai dari kelas standar dengan harga Rp 150.000 hingga batik mewah dengan harga sampai jutaan rupiah dan semuanya bisa didapatkan disini, bahkan tidak hanya itu saja kamu bisa mengikuti pelatihan membatik disana dan untuk mencobanya kamu perlu menghubungi pihak pengrajin terlebih dahulu dan kampung tersebut bisa dikunjungi mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Wisata Legok Asri Suko Legok

Tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits lainnya bisa dikunjungi yaitu ada wisata Legok Asri Suko Legok merupakan salah satu tempat wisata keluarga dengan diperkaya akan fasilitas penunjang yang bisa dinikmati para wisatawan, tempat wisata yang satu ini memiliki luas total sekitar 3 hektar yang sudah dilengkapi dengan kolam renang, kolam pancing, wisata outbond, tempat makan, gazebo, area bermain khusus untuk anak-anak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk lokasi wisata Legok Asri Suko Legok ini yang berada di Jl. Raya Suko Legok, Kec. Sukodono, Sidoarjo dan tempat wisata tersebut dibuka setiap hari dimulai dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 10.000 per orang dan untuk tiket masuk tersebut yang tidak termasuk ke dalam biaya untuk menggunakan fasilitas yang ada di sana sehingga jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada di sana maka para wisatawan yang dikenai biaya tambahan yaitu sebesar Rp 5.000.

Wisata Pulau Sarinah

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak pulau yang eksotis menarik untuk dikunjungi pada saat musim libur akhir pekan sudah tiba dan salah satu pulau eksotis tersebut ada di Kabupaten Sidoarjo yang bernama Pulau Sarinah terbentuk di tengah kawah lumpur, dimana memang setelah menjadi selama kurang lebih 12 tahun lalu untuk beberapa bagian dari kawah lumpur lapindo yang sudah berubah menjadi kawasan wisata yang sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi dan dijelajah.

Pulau Sarinah yang berlokasi di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo yang satu ini merupakan hasil dari sedimentasi dari semburan lumpur lapindo yang terjadi sejak tahun 2006 yang lalu dan untuk pulau Sarinah ini memiliki luas sekitar 80 hektar telah ditanami dengan pohon bakau serta berbagai jenis tanamanan yang lainnya, dengan adanya tanaman tersebut yang menjadikan pulau tersebut yang sangat asri dan nyaman untuk disinggahi dan untuk bisa ke Pulau Sarinah para wisatawan bisa dengan mengikuti paket wisata Bahari Tlocor berangkat dari Dermaga Tlocor yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan harga paket wisata ini sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per perahu.

Wisata Kampung Sepatu Krian

Kabupaten Sidoarjo tidak hanya kaya akan pengrajin batik tulis saja namun kabupaten yang satu ini juga kaya akan pengrajin sepatu oleh karena itu pada saat kamu berlibur ke Sidoarjo maka jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini yaitu singgah ke Kampung Sepatu Krian yaitu pusat pengrajin sepatu, memang Kampung Sepatu Krian ini termasuk ke dalam daftar tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi saat musim libur akhir pekan tiba.

Dimana secara keseluruhan untuk Kampung Sepatu Krian ini mirip dengan Desa Cibaduyut yang ada di Bandung disini para wisatawan yang bisa membeli berbagai jenis sepatu dengan memiliki harga yang terjangkau dan jika ingin maka bisa memesan sepatu khusus ke pihak pengrajin disana, lokasi Kampung Sepatu Krian sendiri berada di Kelurahan Masangan, Kec. Krian, Sidoarjo dan untuk aktivitas pengrajin di kampung tersebut dimulai dari pukul 06.30 hingga 18.00 WIB dan jika tertarik berkunjung ke sana maka pastikan datang diantara waktu yang sudah ditentukan tersebut.

Wisata Museum Mpu Tantular

Salah satu tempat wisata yang menarik di Sidoarjo bisa kamu kunjungi yaitu ada Museum Mpu Tantular terkhususnya untuk kamu yang memiliki hobi berkunjung ke tempat wisata sejarah dan Museum Mpu Tantular wajib dimasukkan ke dalam daftar tujuan liburan selama kamu berada di Sidoarjo, dimana Museum Mpu Tantular yang memiliki luas yaitu sekitar 3,3 hektar dan para wisatawan yang berkunjung kesini dapat melihat berbagai macam benda bersejarah dari golongan peninggalan kerajaan, numismatika, biologi, geologi dan juga etnografi.

Ternyata tempat wisata tersebut yang sempat dipindahkan beberapa kali dan lokasi Museum Mpu Tantular merupakan salah satu museum yang tertua ada di Jawa Timur dengan lokasinya berada di Jl. Buduran, Kota Sidoarjo dari alun-alun Kota Sidoarjo museum tersebut berjarak sekitar 3,5 km dan bisa ditempuh dengan cepat sekitar 5 sampai 10 menit perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan bermotor, Museum Mpu Tantular dengan memiliki harga tiket masuk tergolong terjangkau sekitar Rp 5.000 yang dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Wisata Pasar Malam Gading Fajar

Terakhir untuk tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yaitu ada Pasar Malam Gading Fajar yang merupakan pasar malam permanen berlokasi di Perumahan Taman Pinang – Gading Fajar, dimana secara keseluruhan untuk pasar malam yang satu ini cenderung mirip dengan Jl. Malioboro yang ada di DKI Yogyakarta hanya membedakannya dari waktu operasional jika Malioboro yang beroperasi selama 24 jam sedangkan untuk Pasar Malam Gading Fajar beroperasi dimulai dari 16.00 hingga 23.30 WIB.

Namun khusus pada hari minggu Pasar Malam Gading Fajar biasanya beroperasi pada pagi sampai siang hari yaitu pukul 04.30 sampai 11.00 WIB, disini para wisatawan yang bisa membeli berbagai macam barang dimulai dari pakaian, hewan peliharaan, kebutuhan rumah tangga, oleh-oleh dan lainnya, walaupun untuk pasar malam ini tergolong sebagai pasar tradisional tetapi barang-barang yang dipasarkan di sana sama sekali tidak murahan dan bahkan perusahaan retail ternama yang sekelas dengan ACE Hardware turut memiliki gerai di sana.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi pada saat libur akhir pekan tiba di Sidoarjo yang akan memberikan perjalanan liburan yang seru dan menyenangkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat berlibur di Kabupaten Sidoarjo yang seru dan tak terlupakan bersama keluarga tercinta.