Thursday, 18 Jul 2024

Bahaya Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

4 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 06:24 0 305 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Selama kehamilan biasanya ibu hamil yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janinnya, namun apakah kamu tahu bahwa mengkonsumsi buah Semangka untuk ibu hamil yang bisa menimbulkan bahaya atau efek sampingnya.

Asupan nutrisi yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan, tetapi tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena ada beberapa buah yang bahkan dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dimana buah-buahan yang mengandung mineral, vitamin, antioksidan, serat dan juga beragam nutrisi lainnya yang baik untuk asupan nutrisi ibu hamil, namun untuk buah Semangka merupakan salah satu buah yang tidak dianjurkan atau dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

Buah Semangka yang memang memiliki manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil karena buah Semangka termasuk ke dalam jenis buah-buahan yang sehat dan baik untuk kesehatan ibu hamil, namun disamping itu juga terdapat bahaya atau efek sampingnya untuk ibu hamil.

adapun bahaya atau efek samping dirasakan ibu hamil selama mengkonsumsi buah Semangka yaitu mengidap alergi, selain itu juga buah Semangka yang tidak disarankan ibu hamil penderita diabetes gestasional dikarenakan kadar gula di dalam buah Semangka yang cukup tinggi bisa menyebabkan kadar glukosa di dalam darah yang meningkat.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja bahaya atau efek samping dari mengkonsumsi buah Semangka untuk ibu hamil, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Bahaya Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Bahaya Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Semangka termasuk ke dalam kelompok cucurbita citrullus merupakan jenis buah yang memiliki rasa enak dan segar dan juga kaya kandungan air, kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C magnesium, kalium dan kandungan nutrisi lainnya, dengan beragam kandungan nutrisi dari buah Semangka ini sehingga manfaat kesehatan pun sangat melimpah.

Buah Semangka yang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil  yaitu mampu membantu mengurangi morning sickness untuk ibu hamil, kamu bisa mengkonsumsi buah Semangka sebagai buah segar atau berupa jus Semangka namun pastikan mengkonsumsinya sesuai porsi wajar.

Selain itu juga kandungan air didalam buah Semangka yang bisa membantu meredakan rasa panas di dada yang diakibatkan asam lambung yang meningkat, kandungan air juga yang mencegah dehidrasi serta kram otot yang khususnya pada saat kehamilan dalam trimester akhir.

Namun buah Semangka juga memiliki bahaya atau efek sampingnya untuk ibu hamil jika mengkonsumsinya, bahaya ini tidak akan dirasakan oleh setiap ibu hamil yang mengkonsumsi karena biasanya hanya untuk ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan yang tertentu atau mengkonsumsi buah Semangka dengan jumlah yang berlebih.

Bahaya atau efek samping dari mengkonsumsi buah semangka untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Gangguan Diabetes

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah Semangka dengan jumlah yang berlebih bisa memicu timbulnya bahaya atau efek samping yang kurang baik untuk kesehatan, hal ini dikarenakan buah Semangka yang mengandung gula cukup tinggi dapat mengakibatkan ibu hamil terkena gangguan diabetes gestasional.

Diabetes gestasional sendiri merupakan salah satu penyakit diabetes hanya terjadi untuk ibu hamil, bahaya dari buah Semangka ini untuk ibu hamil yang dikarenakan buah Semangka yang memiliki indeks glikemik (IG) rendah didalamnya, sehingga dengan begitu ibu hamil yang mengkonsumsi buah ini yang akan mengalami kadar gula darah yang dapat mengalami kenaikan dengan cepat.

Masalah Jantung

Bahaya mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah yang banyak untuk ibu hamil yang bisa menimbulkan gangguan permasalahan pada jantung, dimana permasalahan detak jantung yang dikarenakan terlalu banyak asupan kalium yang masuk ke dalam tubuh selama kehamilan.

Gangguan Sistem Pencernaan

Bahaya atau efek samping dari mengkonsumsi buah semangka untuk ibu hamil selain mengalami gangguan kesehatan yaitu seperti diabetes gestasional dan permasalahan jantung, namun bahaya lainnya yaitu bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, hal ini dikarenakan buah Semangka yang rendah serat dan kaya akan kandungan fruktosa didalamnya.

Diare

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah Semangka dengan jumlah yang berlebihan yang bisa menimbulkan masalah seperti masalah diare, masalah ini yang disebabkan karena kelebihan kandungan lycopene dan juga buah Semangka yang mengandung banyak air yang bisa membuat perut ibu hamil yang menjadi tidak nyaman dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya atau efek samping dari mengkonsumsi buah Semangka untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui, jika pun memang ingin mengkonsumsi buah Semangka sebaiknya dengan batas wajar jangan sampai berlebihan semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.