Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Rebusan Daun Sirih Bila Diminum Secara Rutin

5 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 06:22 0 307 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun sirih yang sejak dulu sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat herbal yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja manfaat rebusan daun sirih bila diminum bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Daun sirih hijau termasuk ke dalam keluarga lada hitam (Piperaceae) merupakan salah satu rempah Nusantara yang dengan mudah ditemui,dimana daun sirih yang berasal dari wilayah Sabah Sarawak dan menyebar ke Asia Tenggara, India, China, Afrika Timur dan bahkan ke kepulauan Pasifik Barat.

Tanaman daun sirih ini yang biasanya akan tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lainnya, daun sirih juga yang bisa beradaptasi dari lingkungan pesisir dan bahkan hingga dataran pegunungan dengan memiliki tinggi diatas 3.000 meter.

Dengan memiliki banyak khasiat yang terkandung dari daun sirih ini yang sangat melimpah, namun masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat rebusan daun sirih bila diminum dan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Bila Diminum Secara Rutin

Manfaat Rebusan Daun Sirih Bila Diminum Secara Rutin

Daun sirih yang memiliki dua jenis yang telah dikenal oleh para masyarakat yaitu daun sirih merah dan juga daun sirih hijau dan kedua jenis daun sirih ini yang memiliki manfaat yang melimpah, beragam manfaat yang berasal dari minyak atsiri, saponin, flavonoid, fenol, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, iodium, tanin dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Selain itu daun sirih juga yang diklaim memiliki sifat antiseptik, antijamur, antioksidan dan juga anti inflamasi yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, manfaat rebusan daun sirih bila diminum yang begitu beragam dan berkumur dengan air rebusan perasan daun sirih yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan mulut.

Adapun untuk beberapa manfaat rebusan daun sirih bila diminum yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Membantu Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut yang akan menurunkan rasa percaya diri sehingga tidak jarang bau mulut yang membuat orang takut berkomunikasi bersama dengan orang lain, salah satu manfaat rebusan daun sirih bila diminum yaitu membantu untuk mengurangi bau mulut hal ini dikarenakan kandungan minyak esensial dari daun sirih yang bisa mengurangi bau mulut sehingga aromanya menjadi menyegarkan.

Membantu Mengatasi Peradangan Konjungtiva Mata

Manfaat rebusan daun sirih yang bisa digunakan untuk penderita  peradangan pada mata atau konjungtiva, manfaat ini yang berasal dari kandungan sifat antibakteri dalam daun sirih yang bisa membantu untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab gangguan peradangan konjungtiva mata.

Membantu Mencegah Gusi Bengkak

Masalah gusi bengkak yang tentu saja sangat mengganggu dan rasa sakitnya yang terkadang tidak kalah sakitnya dengan sakit gigi, untuk masalah gusi bengkak yang bisa disebabkan oleh bakteri dan ini bisa diatasi dengan daun sirih dan manfaat ini yang berasal dari kandungan antibakteri yang akan membunuh bakteri lebih optimal.

Membantu Membersihkan Mata

Daun sirih yang kerap digunakan dalam pengobatan tradisional dan salah satunya untuk membantu membersihkan mata, dengan menggunakan rebusan atau ekstrak daun sirih dinilai aman karena daun sirih yang mengandung senyawa alami seperti minyak atsiri yaitu terpeme, kardinin, fenol, menthin, logam eter, kariofilen, terpinen dan juga seskuiterpen.

Membantu Meredakan Sakit Gigi

Pastinya sakit gigi menjadi salah satu hal yang dihindari oleh kebanyakan orang karena sakit gigi yang sangat menyakitkan dengan suara keras sedikit guncangan yang bisa melukai gigi dan masalah sakit gigi yang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa sembuh total.

Maka manfaat dari daun sirih yaitu bisa membantu meredakan sakit gigi dengan cara mengunyah daun sirih tersebut, manfaat ini berasal dari kandungan antibakteri yang bisa membunuh bakteri yang ada dan hidup di gigi berlubang.

Membantu Mengatasi Mata Gatal dan Merah

manfaat rebusan daun sirih yaitu untuk membantu mengobati mata gatal dan juga mata merah dan cara mendapatkan manfaatnya yaitu dengan merebus daun sirih dan digunakan untuk cuci mata, namun jika mata gatal dan merah masih tidak hilang maka kamu bisa dengan berkonsultasi ke dokter spesialis mata.

Membantu Mencegah Plak Gigi

Daun sirih yang mengandung minyak atsiri yang bisa membantu untuk mencegah pertumbuhan streptococcus mutans, actinomycetes hiatus dan juga lactobacillus yang dapat menyebabkan plak gigi, sehingga dengan mengkonsumsi daun sirih ini yang akan membuat kamu terhindar dari risiko terjadinya pembentukan plak gigi di mulut.

Membantu Mengobati Luka Ringan Pada Area Wajah

manfaat rebusan daun sirih yaitu bisa membantu untuk mengobati luka ringan pada area wajah, manfaat ini yang berasal dari kandungan saponin, alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, polifenol dan juga sifat antibakteri yang memiliki peran penting untuk mengobati luka ringan.

Membantu Mengurangi Bakteri pada Mulut

Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih yang bersifat antibakteri sehingga kandungan ini yang memiliki peran penting untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, selain itu daun sirih yang diperkaya dengan fitokimia dan fenolik yang sangat efektif untuk membunuh bakteri dan juga mencegah tumbuh lebih jauh.

Untuk membantu mengurangi bakteri pada mulut kamu bisa dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih ini, namun jika kamu tidak ingin dengan menggunakan cara tersebut maka bisa dengan menggunakan pasta gigi yang dipercaya ekstrak daun sirih dan ini cara yang lebih nyaman.

Membantu Mencegah Infeksi Bakteri

manfaat rebusan daun sirih bila diminum yang terakhir yaitu bisa membantu untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri, hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan juga fenol didalamnya yang memiliki peran untuk mencegah terjadinya resiko infeksi dan bahkan bisa menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat rebusan daun sirih bila diminum yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.